Arti Help Each Other

Cara Memperkenalkan Diri Kita Dalam Bahasa Inggris

Kali ini saya mau sharing mengenai cara memperkenalkan diri kita dalam bahasa Inggris, kebetulan saya belajar dari video yang ada di engvid.com, teman-teman yang ingin ikutan belajar juga bisa ikutan disana. Cuma memang kalau belajar disana teman-teman harus sudah bisa dan menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu, karena kalau tidak teman-teman tidak akan mengerti dengan apa yang mereka ucapkan.

Tapi bagus juga untuk memaksa kita dalam berlatih bahasa Inggris. Ini kebetulan video dari mereka saya download dan kemudian saya buatkan subtitlenya, dan saya coba membahasakannya versi saya, sehingga teman-teman bisa mengerti dan kemudian paham dan bisa ikutan belajar juga dari video-video mereka.

Kebetulan kemarin dari pihak engvid menghubungi saya dan berkata kalau saya boleh memberikan file .SRT ke mereka. Nah teman-teman nanti kalau menonton video di bawah ini silakan diklik bagian Setting kemudian Subtitles/CC nanti akan terlihat tulisan Indonesian, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, sehingga nanti subtitle bahasa Indonesia yang sudah saya buat bisa muncul.

Cara Memperkenalkan Diri Kita Dalam Bahasa Inggris

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas mengenai hal ini.

 

Cara Memperkenalkan Diri Kita Dalam Bahasa Inggris Untuk Pemula

Teman-teman bisa ikutan mendaftar juga lho di engvid.com tersebut karena untuk mendaftarnya gratis. Dan video di bagian dalamnya saya lihat sangat banyak untuk kita bisa melatih dan belajar bahasa Inggris sendiri di rumah.

Kita tonton dulu yuk videonya di bawah ini sebelum kemudian saya coba menjelaskannya dengan bahasa saya..


Jadi di pelajaran ini kita akan belajar mengenai cara memperkenalkan diri kita di dalam bahasa Inggris. Kita akan belajar memperkenalkan di situasi formal maupun situasi tidak formal.

Pertama yang akan dipelajari dari video ini adalah kita akan berkenalan dengan orang lain, dalam konteks pelajaran kali ini ada dua orang yaitu Bill White dan Susan Jones. Andaikan kita berada di posisinya Bill White dan kita akan berkenalan dengan Susan Jones.

Maka kemudian percakapannya akan menjadi :
Bill White    : Hello, I'm Bill White (Halo, Saya Bill White) 
Susan Jones :  Hi, I'm Susan Jones (Hai, Saya Susan Jones)
Di sini Bill White yang memperkenalkan dirinya terlebih dahulu kepada Susan Jones, dan kemudian dijawab oleh Susan Jones, lalu setelah itu Bill White akan berkata "It's a pleasure to meet you", yang mana kemudian akan dijawab oleh Susan Jones dengan kata-kata "I'ts a pleasure to meet you too".

Kalimat "It's a pleasure to meet you" memang sering digunakan di dalam situasi yang formal, sementara kalau di dalam situasi yang tidak terlalu formal maka kalimat yang digunakannya menjadi "Nice to meet you".

It's a pleasure to meet you kalau di bahasa Indonesia diartikan menjadi, "Senang berkenalan dengan anda" atau "Senang bertemu dengan Anda" sementara kalau versi tidak formalnya "Nice to meet you" kira-kira dalam bahasa Indonesianya diartikan apa ya?. "Salam kenal ya", seperti itu kurang lebih.

Kemudian di bagian keduanya, Rebecca menjelaskan mengenai cara memperkenalkan dua orang yang tidak saling kenal di dalam bahasa Inggris. Pertama yang dilakukan pastinya adalah memastikan terlebih dahulu bahwa memang keduanya tidak saling kenal.

Untuk memastikan bahwa keduanya tidak saling kenal, maka kalimat yang digunakan adalah "Have you met each other?". Yang kalau kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah, "Kalian sudah saling mengenal belum?"

Ketika sudah dipastikan bahwa mereka tidak saling mengenal satu sama lainnya, barulah kemudian kita memperkenalkan kedua orang tersebut. Biasanya peraturannya adalah yang paling tua diperkenalkan terlebih dahulu kepada yang lebih muda.

Dalam konteks di dalam video tersebut, Scott Topper adalah yang lebih tua daripada Steven Shaw, jadi kita perlu memperkenalkan Scott Topper kepada Steven Shaw. Aturannya seperti itu kira-kira. Di dalam video itu nama kita adalah Carol Smith, jadi kita akan berkata :
Carol Smith : Mister Topper, this is Mister Shaw (Tuan Topper ini adalah Tuan Shaw)
                      Mister Shaw this is Mister Topper (Tuan Shaw ini adalah Tuan Topper)
Di sini kita memanggil tuan Topper terlebih dahulu dan mengenalkan tuan Shaw yang jauh lebih muda kepada tuan Topper. Kemudian mereka mulai berjabat tangan dan Scott Topper akan berkata, "It's a pleasure to meet you" yang mana akan dijawab oleh Steven Shaw dengan jawaban "Pleasure to meet you too". Disini kata "it's"-nya hilang, dan hal ini tidak apa-apa, karena sebenarnya bagian yang terpentingnya adalah "pleasure to meet you".

Sementara kalau di konteks situasi yang tidak formal maka penggunaan kata-katanya adalah "nice to meet you".

Nah semoga sharing dari saya mengenai cara memperkenalkan diri kita dalam bahasa Inggris untuk pemula ini bisa bermanfaat untuk kita. Saya sendiri juga jadi belajar lagi dengan sharing mengenai hal ini. Nanti saya akan sharing lagi pembelajaran bahasa Inggris ini secara rutin tiap minggunya, semoga. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Update terbaru, 19 Juli 2019

Contoh Perkenalan Informal Di Adegan Film

Untuk contoh perkenalan informal, kebetulan saya menemukan adegan dimana ada perkenalan informal yang terjadi. Ini berasal dari film Ugly Betty, dan ini adalah perkenalan informal. Di adegan yang akan kita tonton di bawah ini kita akan melihat digunakan kalimat "nice to meet you" seperti yang dijelaskan oleh Rebecca pada video di atas.

Yuk kita tonton videonya di bawah ini.


Dan kebetulan saya juga menemukan adegan perkenalan, juga di film Ugly Betty, dimana Betty Suarez yang baru saja diterima bekerja di majalah Mode, dia memperkenalkan dirinya kepada bos barunya yaitu Mr. Meade.

Untuk percakapannya dan terjemahan bahasa Indonesianya kalian bisa baca di artikel saya yang judulnya arti nice to meet you.

     Baca juga: Arti Nice to Meet You

Karena di artikel itu percakapan yang terjadi saya tulis dan kemudian saya terjemahkan sehingga teman-teman akan bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Contoh Perkenalan Formal Di Adegan Film

Kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini dan bisa kita lihat bahwa Betty di adegan film di bawah ini, dia menggunakan kalimat "It's a pleasure to meet you" karena situasinya lebih formal tentunya. Dia ke atasannya dia langsung sehingga dia menggunakan kalimat tersebut.

Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Dan percakapan yang terjadi berikut dengan terjemahannya adalah sebagai berikut,
Betty: Mr. Meade? Excuse me, um, Mr. Meade? Hi. Um, I just wanted to come and introduce myself personally. I'm Betty Suarez. It's a pleasure to meet you. (Tuan Meade? Permisi, tuan Meade? Hai, saya hanya ingin memperkenalkan diri saya secara pribadi kepada Anda. Saya Betty Suarez. Senang bertemu dengan Anda.) 
Daniel: Hi, Betty. Um, um... who do you work for? (Hai, Betty. Kamu bekerja untuk siapa?) 
Betty: Well, um, I work for you. I'm your new assistant. (Saya bekerja untuk Anda. Saya asisten baru Anda.)

Nah kurang lebih seperti itu, itulah kenapa saya coba melibatkan apa yang ada di film, sehingga kalian bisa melihat sendiri dari adegan film yang ada. Film tersebut adalah film Ugly Betty, kalau kalian ingin coba menontonnya silakan ditonton saja.

Kita bisa belajar bahasa Inggris banyak dari film karena kita melihat situasinya seperti apa dan kita jadi lebih mudah memahaminya. Itulah mengapa banyak artikel-artikel saya di blog ini yang banyak melibatkan juga adegan dari film yang saya ambil seperti contoh dua adegan film di atas.

Semoga bisa bermanfaat ya, dan saya sudahi dulu update terbaru saya untuk artikel saya ini ya, semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. I'll see you again very soon. Bubye now.

Comments