Skip to main content

Bahasa Inggrisnya Saya Traktir

Bahasa Inggrisnya saya yang traktir adalah,It's on me.
Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas apa sih Bahasa Inggrisnya, "Saya yang traktir" atau "Aku traktir" atau "Gue yang traktir", dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat ini.
     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Bolehkah Saya Masuk
Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.
Bahasa Inggrisnya Aku Yang TraktirNah, Bahasa Inggrisnya "saya yang traktir" atau "aku yang traktir" atau "gue yang traktir" adalah, It's on me. Ini sebenarnya merupakan idiom, yang kalau kita terjemahkan secara kata per kata artinya adalah, Itu ada di saya. Aneh ya terjemahan secara kata per katanya? Tapi kita lihat yuk penjelasan yang diberikan oleh kamus The Free Dictionary by Farlex pada g…

Informal Vs Formal Dalam Bahasa Inggris

Pada pelajaran kita kali ini saya mau sharing mengenai kata- kata informal vs formal dalam bahasa Inggris. Seperti halnya di bahasa kita, atau pun juga di bahasa yang lainnya, akan ada bahasa untuk situasi yang resmi dan bahasa untuk situasi yang tidak resmi. Dimana dua-duanya itu harus kita gunakan pada saat yang tepat. Akan aneh rasanya kalau kita menggunakan kalimat resmi sementara kita memang sedang berada dalam situasi yang tidak resmi. Contohnya kita lagi berbicara dengan teman-teman dekat kita, kita saling bercanda misalnya, dan kita gunakan bahasa yang resmi, kan jadinya sangat aneh ya?

Begitu juga kalau di situasi yang resmi kita menggunakan bahasa yang tidak resmi, jadi kesannya akan menjadi sangat tidak sopan, atau kita jadi dinilai menjadi orang yang tidak tahu berbahasa atau orang yang tidak tahu sopan santun dalam berbahasa. Nah ini tentunya kita juga tidak mau dong? Oleh karena itu yuk kita belajar beberapa kata informal vs formal dalam bahasa Inggris ini.


Informal Vs Formal Dalam Bahasa Inggris

Yang pertama mengenai meminta maaf, di dalam kondisi informal kita menggunakan "say sorry" untuk mengekspresikan permintaan maaf atau penyesalan kita. Misalnya dalam contoh kalimatnya adalah seperti berikut ini.
Just wanted to say I'm sorry for all I said that hurt you.
Yang kalau diterjemahkan kurang lebih artinya adalah,
Aku ingin minta maaf untuk semua kata-kataku yang menyakitimu. 
Kalau melihat kalimat ini biasanya diucapkan oleh seorang pasangan kepada pasangannya. Ini sangat terlihat sekali dari pembahasaannya. Kebetulan memang saya mencoba mencomot dari sebuah forum, bukan bahasa Inggris, dan saya lihat memang disitu dia sedang meminta maaf kepada pasangannya. Kalimat yang keluar adalah seperti itu.

Sementara dalam konteks yang formalnya maka kita akan menggunakan kata "apologize atau apologise". Contoh kalimatnya misalnya kita sudah berbuat salah dan kita ingin meminta maaf atas apa yang sudah kita lakukan. Maka ini kalimatnya akan menjadi seperti terlihat berikut ini contohnya.
I would like to apologize for having done that.
Yang mana kalau diterjemahkan ini kurang lebih artinya adalah,
Saya meminta maaf karena telah melakukan hal tersebut. 
Nah jadi untuk situasi yang formal kita tidak bisa menggunakan kata sorry, karena kata tersebut lebih cocok untuk situasi yang lebih tidak resmi.

Kemudian kata berikutnya adalah antara dua kata ini, yaitu "find out" dan "discover". Teman-teman bisa menebak yang mana yang merupakan kata formal dan yang mana yang merupakan kata tidak formalnya? 

Nah kata "find out" adalah kata yang termasuk ke dalam kata informal sementara kata "discover" adalah sebuah kata yang termasuk ke dalam kata yang resmi atau formal. Kita coba gunakan contoh kalimatnya ya misalnya nih untuk kata "find out" terlebih dahulu.
Tomorrow I'll find out whether I am having a boy or a girl.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih,
Besok saya akan cari tahu apakah anak saya itu laku-laki atau perempuan.
Nah yang ini juga saya comot dari sebuah forum, dimana dia menuliskan bahwa dia lagi cemas apakah dia mengandung seorang bayi laki-laki atau bayi perempuan. Dia disitu berkata bahwa dia sangat ingin sekali bayi perempuan, makanya dia cemas dan berharap kalau besok itu hasilnya memang adalah bayi perempuan.

Teman-teman juga bisa belajar langsung dari kondisi seperti ini, jadi penerapannya juga teman-teman akan bisa lihat dan baca langsung. Atau kalau teman-teman punya teman di facebook yang orang bule, teman-teman perhatikan aja tiap mereka buat status dan teman-teman bisa pelajari dari bahasa yang mereka gunakan. Tentunya nanti teman-teman akan bisa membedakan kapan mereka menggunakan bahasa yang formal, atau kapan mereka menggunakan bahasa yang tidak formal. 

Akan lebih banyak bahasa yang tidak formalnya sih kalau menurut saya untuk status yang mereka tulis di facebook mereka. Sementara untuk bahasa-bahasa yang formal teman-teman bisa melihatnya di website yang resmi misalnya seperti website CNN, atau misalnya BBC News, akan aneh pastinya kalau mereka menggunakan bahasa informal di dalam pemberitaan mereka.

Ini salah satu yang saya comot dari sebuah website yang bahasanya sangat formal sekali. Di kalimat ini mengandung kata "discover". Yuk kita cermati kalimat di bawah ini.
A copy of a 600-year-old map found in a second-hand book shop is the key to proving that the Chinese, not Christopher Columbus, were the first to discover the New World, a controversial British historian claims.
Agak susah kalimatnya ya? Penggunaan bahasanya sangat formal, yang mana kalau kita terjemahkan kira-kira seperti berikut.
Salinan peta 600 tahun yang ditemukan di sebuah toko buku bekas adalah kunci dari sebuah fakta yang membuktikan bahwa orang Cina, bukan Christopher Columbus, adalah yang pertama menemukan Dunia Baru, klaim seorang sejarawan Inggris.
Nah kira-kira seperti itu teman-teman, saya mau sudahi dulu ya pembahasan kita mengenai kata informal dan formal dalam bahasa Inggris ini. Nanti kita akan lanjut lagi ya, karena sebenarnya memang masih sangat banyak sekali kata-kata yang lain tentunya.

Kalau begitu sampai ketemu lagi dan salam bahasa..

Comments