Skip to main content

Arti Suit Up

Suit up artinya adalah,Memakai seragam atau baju khusus.
Halo, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb suit up, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb suit up ini.     Baca juga: Arti Meet MeKalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari suit up ini. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 
Arti Suit UpKalau diartikan secara kata per kata [suit] itu artinya jas, dan kalau kalian mengetikkan kata [suit] di Google, kemudian kalian klik di bagian images, maka kalian akan mendapatkan gambar-gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
[Up] itu artinya adalah [atas]. Kalau diartikan secara kata per kata, terjemahannya bakalan aneh yaitu,Jas atas. Aneh kan? Dan sebenarnya arti sebenarnya dari [suit up] itu bukanlah [jas atas]. 
     Baca juga: Arti I Don't Know What You Mean
Sekarang, mari ki…

Mengenal Waktu Dalam Bahasa Inggris

Teman-teman semua, kali ini kita akan belajar mengenal waktu dalam bahasa Inggris. Kalau kita menyatakan jam 3 misalnya, dalam bahasa Inggris kita akan menyatakan three o'clock, dimana o'clock ini adalah singkatan dari of the clock, atau maksudnya adalah according to the clock(menurut jam).

Karena konon dahulu kala ceritanya, penunjuk waktu itu banyak dan bukan hanya menggunakan jam saja. Nah makanya digunakan kata of the clock, atau yang maksudnya adalah according to the clock(menurut jam). Nah kemudian of the clock ini disingkat menjadi o'clock. Dan jadilah seperti sekarang ini. Karena sekarang ini kita selalu menggunakan acuan untuk menunjukkan waktu adalah menggunakan jam, jadi ya o'clock lah yang digunakan.

Mengenal Waktu Dalam Bahasa Inggris

Sekarang kita mengenal waktu dulu ya dari jam 1 sampai jam 12,
  1. Jam 1 itu kita menyebutnya one o'clock
  2. Jam 2 itu kita menyebutnya two o'clock
  3. Jam 3 itu kita menyebutnya three o'clock
  4. Jam 4 itu kita menyebutnya four o'clock
  5. Jam 5 itu kita menyebutnya five o'clock
  6. Jam 6 itu kita menyebutnya six o'clock
  7. Jam 7 itu kita menyebutnya seven o'clock
  8. Jam 8 itu kita menyebutnya eight o'clock
  9. Jam 9 itu kita menyebutnya nine o'clock
  10. Jam 10 itu kita menyebutnya ten o'clock
  11. Jam 11 itu kita menyebutnya eleven o'clock
  12. Jam 12 itu kita menyebutnya twelve o'clock


Nah jadi kita tinggal hanya menambahkan kata o'clock di belakang waktu yang akan kita sebutkan. Ini masih gampang ya? Kemudian berikutnya kita akan mulai membahas kalau kita menggunakan menit di dalam penyebutan waktunya. Misalnya jam 9 lewat 20 menit, nah itu gimana menyebutnya dalam bahasa Inggris? Sabar yaa..

Ada juga kalau teman-teman perhatikan ada yang menyebut, misalnya saya berikan contoh kalimat,
Come at 10 o'clock sharp!
Kalau kita lihat dari kalimat di atas, ada penambahan kata sharp disitu. Itu maksudnya apa? Sharp itu artinya tepat, jadi kalau kita artikan kalimat di atas, adalah,
Datang jam 10 tepat!
Biasa kan kita juga suka menggunakan kata tepat ya di dalam bahasa Indonesia untuk menegaskan bahwa datangnya jangan telat! Tepat jam 10 dimulai lho! Seperti itu kira-kira teman-teman.

Berikutnya kita akan membahas mengenai menit dalam penyebutan waktu dalam bahasa Inggris.

Penyebutan Waktu Dengan Kata Past

Kata past yang berarti lewat itu digunakan untuk menyebutkan menit yang lewat dari jam yang kita sebut. Misal kita mau menyebut jam berikut ini :
Jam 10 lewat 8 menit
Kita bisa menggunakan kata past disini, ada dua cara sih sebenarnya, sekarang kita menggunakan kata past dulu ya. Kita akan sebut dulu menitnya, menitnya itu 8 ya? Jadi kita sebut angka delapannya dulu baru kita tambahkan kata past dan kemudian baru kita sebut jamnya. Jadi seperti berikut ini,
Eight past ten.
Ingat kita sebut menitnya dulu tambahkan kata past baru kita sebutkan jamnya. Kalau kita lihat pada gambar di bawah ini,

Mengenal Waktu Dalam Bahasa Inggris

Nah jadi kalau kita lihat pada gambar di atas, bagian yang saya beri warna biru, itu kita sebut menitnya, kemudian kita tambahkan kata past dan kemudian kita sebut jamnya. Kalau di bahasa Indonesia kita menyebutnya jamnya dulu kan, baru kita sebut menitnya, misalnya jam 2 lewat 12 menit. Nah kalau dalam bahasa Inggris itu yang disebut adalah menitnya dulu, jadi untuk jam 2 lewat 12 menit itu dalam bahasa Inggris kita sebutnya, twelve past two.

12 menit lewat dari jam 2, kira-kira seperti menyebutnya teman-teman, jadi dari menit pertama sampai menit ke-30 kita akan menggunakan kata past ya untuk menyebut waktu dalam bahasa Inggris.

Yuk kita coba sebut waktu-waktu berikut ini dalam bahasa Inggris :
Jam 2 lewat 5 menit     -------->   Five past two

Jam 2 lewat 10 menit   --------->  Ten past two

Jam 2 lewat 21 menit    -----------> Twenty one past two

Jam 3 lewat 11 menit    ----------->  Eleven past three

Jam 5 lewat 20 menit    ----------->  Twenty past five

A Quarter Past

Nah teman-teman kalau lewat menitnya adalah 15 menit, di dalam bahasa Inggris biasanya disebut dengan kata a quarter past, misalnya saya beri contoh,
Jam 4 lewat 15 menit     -------->   A quarter past four

Jam 7 lewat 15 menit     --------->  A quarter past seven
Seperti itu kira-kira teman-teman. Sampai sini ngga ada yang bingung kan ya? Dan kalau lewatnya adalah setengah jam, biasanya di dalam bahasa Inggris digunakan kata half past.

Half Past

Contohnya misalnya,
Jam 2 lewat 30 menit   ------>  Half past two

Jam 3 lewat 30 menit   ------>  Half past three 

Jam setengah lima       ------->  Half past four

Jam setengah enam     ------->  Half past five

Jam setengah delapan  ------>  Half past seven
Kemudian selanjutnya kita akan membahas mengenai penyebutan waktu dengan menggunakan "to".

Penyebutan Waktu Dengan Kata To

Kata past itu kita gunakan kalau dari nol sampai 30 menit ya, sekarang kalau dari 30 menit sampai ke 60 menit, biasanya di dalam bahasa Inggris kita menggunakannya kata to. Kita lihat gambar di bawah ini,

Penyebutan Waktu Dalam Bahasa Inggris

Kita akan langsung saja yuk belajar menyebutkan waktu dengan menggunakan kata to ini, misalnya kita akan menyebutkan waktu seperti berikut ini :
Jam 2 kurang 10 menit   ----->  Ten to two

Jam 3 kurang 12 menit   ----->  Twelve to three

Jam 4 kurang 20 menit   ----->  Twenty to four

Jam 5 kurang 10 menit   ----->  Ten to five
Nah kalau kita lihat yang terakhir ten to five, itu kaya nama band di Indonesia ya ? Yang judul lagunya yang terkenalnya mereka itu adalah I will fly.  Mungkin biasanya mereka kalau latihan itu jam 5 dimana mereka harus ngumpulnya sepuluh menit sebelum mereka latihan. Kali ya? Hihihi kriuk kriuk.

Kalau menitnya 15 menit, seperti yang di atas tadi kita bahas, kita tetap menggunakan a quarter, tapi sekarang yang kita gunakan adalah a quarter to dan bukannya a quarter past. A quarter to itu maksudnya bisa kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu 15 menit menuju jam .... Nah titik-titiknya silakan aja teman-teman isi dengan jamnya.

a Quarter to

Kita langsung coba ya lihat waktu berikut ini :
Jam 5 kurang 15 menit   -----> A quarter to five

Jam 6 kurang 15 menit   -----> A quarter to six

Jam 7 kurang 15 menit   -----> A quarter to seven
Kalau di bahasa Indonesia kan kita tidak pernah menyebutkan 15 menit menuju jam 7 kan ya? Karena kalau kita mau artikan secara plek-plek arti dari a quarter to seven adalah 15 menit menuju jam 7. Kecuali kalau kita lagi menunggu sesuatu, misalnya menunggu film yang akan diputar, kita bisa saja berkata, 15 menit lagi menuju jam 7.

A.M dan P.M apaan tuh??

Nah teman-teman pernah memperhatikan tulisan A.M dan P.M di belakang waktu ngga? Misalnya seperti berikut ini :
02.45 A.M

05.00 A.M

    atau

04.00 P.M

08.00 P.M
Pernah kan ya melihat tulisan A.M dan P.M seperti itu? Apaan sih itu?  A.M itu singkatan dari Ante Meridiem sementara P.M itu singkatan dari Post Meridiem, bukan Perdana Menteri lho! Hihihi kriuk kriuk. Gampangnya gini teman-teman untuk mengingatnya, A.M itu digunakan untuk waktu dari jam 12 malam sampai dengan jam 12 siang, sementara P.M itu digunakan dari jam 12 siang sampai dengan jam 12 malam.

Kalau saya dulu menghafalnya AM itu pagi aja. Jadi kalau misalnya kita menyebut kita bangun jam 7 pagi setiap hari, maka kita akan menggunakan AM disini,
I wake up at 07.00 AM everyday

          atau 

I wake up at 05.00 AM everyday
Lalu kemudian mungkin teman-teman bertanya, kalau jam 12 malam itu 12 AM atau 12 PM?? Hayo yang mana? Kalau jam 12 tengah malam itu kita menggunakan 12 AM, sementara untuk jam 12 siang, atau jam 12 tengah hari, kita menggunakan 12 PM.

Sekian dulu kalau begitu pembahasan kita mengenai mengenal waktu dalam bahasa Inggris ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman semuanya. See yaa..

Comments