Skip to main content

Bahasa Inggrisnya Lebay

Hello everyone, kali ini kita akan membahas Bahasa Inggrisnya lebay. Kebetulan saya menemukan adegan di mana diucapkan padanan kata yang sesuai dengan padanan kata untuk kata lebay di adegan film.

Nanti kita akan tonton cuplikan adegan filmnya sehingga kalian bisa melihat sendiri di mana diucapkan padanan dari kata lebay dalam Bahasa Inggris.


Kalau begitu mari kita bahas.

Bahasa Inggrisnya Lebay Di adegan yang akan kita tonton ini yaitu dari film serial TV Brooklyn 99, detektif Jake Peralta yang menjadi partnernya detektif Boyle ternyata setelah dites urine hasilnya urinenya mengandung narkoba, sehingga kemudian si detektif Jake Peralta ini kemudian dibebastugaskan untuk sementara.

Baca juga: Bahasa Inggrisnya Begadang

Nah kemudian atasan mereka ini yaitu sergeant Terry, memasangkan si Boyle ini dengan detektif Hitchcock dan Scully, dan si detektif Boyle kelihatannya enggan dipasangkan dengan mereka karena mereka berdua kerjaannya hanya bermalas-malasan saja di kantor.

Dan ketika si de…

Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Kita

Ada empat keterampilan yang harus kita kuasai kalau kita ingin terampil di dalam menggunakan bahasa Inggris, keterampilan tersebut yaitu kemampuan mendengarkan atau disebut listening, kemampuan berbicara atau disebut speaking, kemampuan membaca atau disebut reading dan yang terakhir adalah kemampuan menulis atau disebut writing.

 Nah kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana kita bisa meningkatkan kemampuan kita di dalam membaca kita, yaitu reading skill kita.

Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca Kita

Cara yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca atau reading skill kita adalah dengan kita rajin membaca, entah itu membaca buku, membaca surat kabar dalam bahasa Inggris, atau majalah dalam bahasa Inggris. Kalau sekarang dengan adanya internet kita bisa rajin membuka website berbahasa Inggris tentunya dan kita rajin saja membaca tulisan yang ada disitu.

Tapi kemudian yang menjadi pertanyaan, kalau kita menggunakan internet website apa sih yang sebaiknya kita baca? Karena tentunya kebiasaan membaca ini akan mempengaruhi gaya berbicara kita nantinya. Seperti yang pernah saya tulis di dalam salah satu artikel di blog ini mengenai Tiga Gaya Bahasa Inggris. Bacaan yang kita baca nantinya juga akan menentukan gaya bahasa Inggris kita tentunya.

Teman-teman bisa membaca tulisan di salah satu blog ini, Choosing A Book dimana disitu diberikan panduan mengenai sebaiknya buku apa sih yang bagus untuk kita baca untuk kita melatih reading skill kita.

Pilihan Buku Yang Bisa Kita Baca

Panduan yang pertama kalau kita ingin mencari bahan bacaan untuk kita melatih reading skill kita adalah kita mencari bahan bacaan yang menarik perhatian kita. Itu syarat yang pertama, karena kalau kita untuk membacanya saja sudah tidak tertarik, maka kita tidak akan bisa bertahan lama apalagi sampai menyelesaikan bacaan kita.

Dan yang kedua, kita perhatikan saja ketika kita membaca, apakah sulit sekali kita mengerti atau tidak? Sulit ini bisa kita nilai sendiri kan? Misalnya terlalu banyak kata-kata yang kita tidak bisa mengerti, tapi kalau misalnya topiknya memang sangat membuat kita penasaran, itu tentunya akan membuat kita juga mau berusaha untuk lebih jauh, misalnya dalam hal ini menggunakan kamus untuk membantu kita mengerti akan kata-kata yang tidak kita mengerti di dalam tulisan di buku tersebut.

Buku tersebut sebaiknya kita baca tidak hanya sekali, tapi beberapa kali. Dan coba saja perhatikan ketika kita membacanya untuk yang kedua kalinya biasanya pemahaman kita akan buku tersebut jauh lebih baik ketimbang pertama kali kita membaca buku tersebut.

Tips Di Dalam Membaca Buku

Ada beberapa tips dari link yang saya sharingkan tadi di dalam kita membaca sebuah buku. Tips-tipsnya antara lain :
  1. Jangan berusaha memahami kata per kata, tapi coba pahami maksud dari sebuah kalimat tersebut. Karena bahasa Inggris itu merupakan contextual language maksudnya adalah bahwa sebuah kata bisa diartikan tepat bila berada dalam sebuah kalimat, dan sebuah kata juga bisa mengandung arti yang lain jika berada dalam kalimat yang lain. Misalnya saya berikan contoh kalimat berikut ini:
    That is my mother : that berarti itu 
    I know that you are tired : that berarti bahwa 
    She was so angry that she cried : that berarti sehingga
    Perhatikan dari tiga kata that dari kalimat di atas kan bisa berarti berbeda-beda tergantung kalimatnya kan? Maka dari itu sebaiknya kita berusaha memahami maksud langsung secara satu kalimat dan tidak dari kata per katanya.
  2. Jangan mengartikan setiap kata yang kita baca. Gunakan kamus kalau kata tersebut sering muncul dan kita tetap tidak paham arti atau maksud dari kalimat tersebut. Tapi tetap kita juga harus perhatikan konteks kata tersebut pada kalimat yang lagi kita baca, karena pastinya sebuah kata bisa menjadi lain artinya bisa berada pada kalimat yang berbeda, seperti yang sudah saya contohkan pada kalimat di atas. 
  3. Jangan hanya membaca buku dan kemudian lewatin aja begitu saja. Tapi sebaiknya kita analisa juga, misalnya kita bisa belajar mengenai tenses dari apa yang lagi kita baca. Oh kalimat ini ternyata tensesnya past tense nih karena pembahasannya adalah mengenai kejadian yang terjadi minggu yang lalu. Seperti itu misalnya, dengan begitu akan semakin mempertajam kemampuan grammar kita tentunya, dan dengan cara yang menyenangkan dan yang kita suka tentunya cara belajarnya.
  4. Baca satu buku habis dulu, karena setiap penulis punya gaya bahasa tersendiri dan kalau teman-teman perhatikan biasanya cenderung ada banyak pengulangan kata di dalam tulisannya dia, sehingga kita akan terbiasa dengan gaya bahasanya dia, dan juga kita akan belajar kata-kata baru yang di awal-awal buku kita tidak mengerti tapi kemudian seiring dengan kita terus membaca buku tersebut maka kita akan menemukan lagi kata-kata tersebut muncul di bagian lain dari buku tersebut. Sehingga dengan begitu kita akan mulai hafal dan menambah kosakata(vocabulary) bahasa Inggris kita tentunya.
Nah seperti itu kira-kira teman-temansalah satu cara meningkatkan kemampuan membaca kita atau reading skill kita di dalam bahasa Inggris. Semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya ya. Wassalam.

Comments