Arti Help Each Other

Perbedaan Antara Students' dan Student's

Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara students' dan student's. Teman-teman perhatikan apostrof-nya ya, atau tanda petiknya, bedanya terletak disitu, tapi apa sih sebenarnya perbedaannya? Dengan menempatkan apostrof yang berbeda seperti itu memang sebenarnya ada perbedaannya? Ada! Yuk kita bahas!


Beda Antara Students' dan Student's

Tanda apostrof dalam hal ini, dua-duanya sama-sama menunjukkan kepemilikan, tapi perbedaannya yang pertama students' itu adalah bentuk jamak. Jadi sederhananya muridnya itu lebih dari satu, kalau lebih dari satu kan kita biasanya menambahkan huruf s kan. Misalnya untuk satu orang murid kita hanya menuliskan student, sementara kalau muridnya ada lebih dari satu kita tambahkan s, jadinya students. Saya sudah pernah membahasnya di artikel berjudul Plural Nouns Dalam Bahasa Inggris.

Coba ya saya beri contoh kalimat di bawah ini,
He is a student. (Dia adalah pelajar)
Nah kalimat di atas menunjukkan dia ini hanya satu orang, jadi muridnya itu hanya satu orang. Kemudian kita lihat contoh kalimat yang menggunakan student dalam bentuk jamak.
They are students. (Mereka adalah pelajar)
Tuh kan beda ya, mereka ini pastinya ngga satu orang saja. Ada beberapa orang tentunya, makanya menggunakan students dan bukannya student. Nah kemudian kalau kita membicarakan kepemilikan, kan biasanya kita menambahkan 's untuk menyatakan kepemilikan, misalnya saya beri contoh kalimat.

This is Erik's book. (Ini adalah bukunya Erik)
Tuh teman-teman bisa lihat untuk menyatakan bahwa buku ini adalah miliknya Erik kita menggunakan 's setelah nama Erik. Sekarang kembali lagi ke masalah student's dengan students'. Langsung saya beri contoh kalimat dulu aja ya di bawah ini,
This is student's book. (Ini adalah buku milik siswa)
Disini student-nya atau siswanya jumlahnya hanya satu, sementara kalau siswanya ada banyak dan menunjukkan kepemilikan kita lihat pada kalimat di bawah ini,
Those are students' books. (Itu adalah buku milik para siswa)
Jadi untuk yang plural, atau jumlah siswanya lebih dari satu kita tidak menuliskan seperti ini,
Those are students's book. (Itu adalah buku milik para siswa)
Nah penulisannya TIDAK seperti itu ya! Jadi tidak ada bentuk students's ya, yang ada adalah students'.

Seperti itu kira-kira teman-teman perbedaan antara students' dan student's. Semoga apa yang saya jelaskan di sini bisa mudah untuk dipahami ya. Wassalam.

Comments

Post a Comment