Skip to main content

Arti You're Doing Good

You're doing good artinya,Pujian yang diberikan seseorang karena apa yang dilakukannya bagus.
Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari kalimat you're doing good, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat you're doing good ini.     Baca juga: Arti I'm GoodKalau begitu mari langsung saja kita bahas. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 
Arti You're Doing GoodKita artikan secara kata per kata ya sebelum kita menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat ini. Dengan nonton sih akan lebih jelas dan mudah dipahami arti dari kalimat ini, tapi mari kita terjemahkan secara kata per kata terlebih dahulu ya.[You're] itu artinya [kamu], [doing] itu artinya [melakukan] dan karena ada  verb+ing berarti orang tersebut sedang melakukan atau bentuk tensesnya adalah present continuous…

Simple Present Tense Dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita akan membahas mengenai simple present tense. Kita lihat gambar di bawah ini sebelum kita bahas mengenai simple present tense ini.

Simple Present Tense Dalam Bahasa Inggris


Grammar

Banyak yang bertanya apakah sebenarnya grammar itu. Grammar adalah struktur dasar kemampuan kita untuk menggunakan suatu bahasa. Semakin kita menyadari cara kerjanya akan semakin mudah untuk memantau makna serta efektivitas cara kita dan orang lain menggunakan bahasa. Hal ini dapat membantu ketepatan penggunaan suatu bahasa, memeriksa ambigu, dan menambah kekayaan kata yang tersedia dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, tapi juga dapat membantu setiap pembelajar bahasa Inggris untuk menggunakannya secara tepat. Kita juga dapat mengatakan bahwa grammar dari suatu bahasa adalah analisis dari berbagai fungsi yang ditunjukkan kata-kata dalam bahasa tersebut.

Harus secara seksama diperhatikan bahwa banyak kata dalam bahasa Inggris berfungsi lebih dari satu. Adakalanya satu kata yang sama memiliki fungsi yang berbeda setelah disisipkan dalam sebuah kalimat. Contoh, dalam kalimat berikut ini kata yang diberi warna berbeda memiliki fungsi sebagai nomina karena kata tersebut berfungsi memberi nama.
  1. He has paint all over his hands. (Ada cat di seluruh tangannya)
  2. She got an antique comb from her grandmother. (Dia diberi sisir yang unik dari neneknya)
Namun, dalam kalimat berikut, kata yang sama dapat berfungsi sebagai adverbia karena kata tersebut menunjukkan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Contoh :
  1. My father painted our house blue. (Ayah saya mengecat rumah kami dengan warna biru)
  2. My mother combs my hair before I go to bed. (Ibu saya menyisiri rambut saya sebelum saya tidur)

Bentuk Adverbia

Berbeda dengan bahasa Indonesia, adverbia dalam bahasa Inggris memiliki bentuk yang berbeda. Perbedaan tersebut bergantung pada subyek adverbia, serta kapan kejadian yang melibatkan adverbia tersebut terjadi. Hal ini juga terlihat jelas ketika adverbia yang sama digunakan dalam kalimat yang berbeda dengan subyek yang berbeda, adverbia tersebut akan menunjukkan perbedaan siapa atau apa yang melakukan. Contoh:
  1. We love ice cream. (Kami suka es krim)
  2. She loves ice cream. (Dia(perempuan) suka es krim)
Contoh tersebut menunjukkan adverbia dapat memiliki bentuk yang berbeda bergantung dari subyek/pelakunya. Adverbia dari contoh pertama adalah love, sedangkan adverbia dari contoh kedua adalah love+s. Bentuk dari adverbia yang mengindikasikan kapan kejadian terjadi umumnya disebut dengan tenses. Adverbia yang sama akan mengalami perubahan bentuk ketika digunakan untuk waktu yang berbeda. Contoh:
  1. My dad always drinks coffee every day. (Ayah saya selalu minum kopi setiap hari)
  2. My brother drank a bottle of soda last night. (Saudara laki-laki saya minum sebotol soda tadi malam)
Pada kalimat pertama, bentuk dari adverbia yang digunakan adalah present tense. Sementara pada kalimat kedua, bentuk adverbia yang digunakan adalah simple past tense. Bisa dilihat bahwa pada kalimat pertama adverbia yang digunakan adalah drink, sedangkan pada kalimat kedua adverbia yang digunakan adalah drank. Keduanya memiliki makna sama, yaitu "minum". Kita harus perhatikan bahwa tense dapat digunakan sebagai penunjuk waktu kapan kejadian tersebut terjadi. Secara umum, ada tiga kolom waktu, yaitu waktu lampau, waktu sekarang atau kini dan masa depan atau nanti.

Simple Present Tense

Present tense atau simple present tense digunakan untuk menyatakan peristiwa, kejadian, kegiatan atau aktivitas yang sedang terjadi. Present tense juga digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau sesuatu yang terjadi berulang-ulang sekarang. Sebagai kata kunci, present berarti masa kini atau sekarang. Bentuk waktu ini digunakan untuk kondisi-kondisi berikut:
  • Fakta permanen: kalimat-kalimat yang menyatakan fakta yang benar untuk sekarang. Contoh: The sun rises from the east. (Matahari terbit dari timur) atau fish lives in water (ikan hidup di air).
  • Fakta sekarang: kalimat-kalimat yang menyatakan fakta yang benar untuk sekarang. Contoh: I work at home (Saya bekerja di rumah). I work at home tidak berarti saya sedang bekerja sekarang, tapi berarti bahwa dalam kondisi sekarang saya bekerja di rumah.
  • Tindakan kebiasaan: tindakan-tindakan ini diulangi secara teratur sehingga dianggap sebagai sebuah realita sekarang dan dinyatakan dalam simple present tense. Contoh: I get at 5.00 (Saya bangun jam 5) atau they come here every day (mereka datang ke sini setiap hari).

Simple Present Tense Untuk Adverbia To Be

Konjugasi adverbia adalah rangkaian bentuk adverbia yang berbeda-beda. Ketika adverbia yang dikonjugasikan, biasanya disertai dengan semua kata ganti pribadi yang dapat bertindak sebagai subyek dari adverbia. Jadi, konjugasi dapat menunjukkan bentuk adverbia yang berbeda ketika digunakan untuk pemasalahan yang berbeda.

Kata ganti pribadi yang dapat digunakan sebagai subyek dari adverbia antara lain:
  • I (Saya)
  • You (kamu/kalian)
  • He (dia laki-laki)
  • She (dia perempuan)
  • It (benda singular)
  • They (mereka)
  • We (kami)
Perlu diperhatikan bahwa dalam bahasa Inggris dewasa ini, bentuk adverbia you digunakan untuk merujuk kepada seseorang atau lebih. Dalam bentuk yang lebih kuno dari bahasa Inggris, ada kata ganti orang lain, thou/engkau, yagn digunakan dengan bentuk adverbia yang berbeda, dan umumnya disebut satu orang atau hal.

Bentuk simple present dari adverbia to be, terkonjugasi sebagai berikut. Dalam bahasa Inggris lisa, singkatan sering digunakan baik tanpa singkatan maupun dengan singkatan. Dalam bahasa Inggris tulis, sebuah apostrof digunakan dalam singkatan, untuk menunjukkan bahwa satu atau lebih huruf sudah dihilangkan.

Pernyataan Afirmatif

Sebuah pernyataan afirmatif menyatakan bahwa sesuatu adalah benar. Dalam sebuah pernyataan afirmatif, adverbia mengikuti subyek:
I'm awake. (Saya terjaga)
They're ready. (Mereka siap)
Contoh pertama, adverbia mengikuti subyek I. Contoh kedua, adverbia sebagaimana subyek they. Dalam bahasa Inggris tulisan, pernyataan selalu diikuti suatu periode. Pernyataan dan pertanyaan harus dimulai dengan huruf kapital.

Pertanyaan

Untuk bentuk simple present dari adverbia to be, pertanyaan-pertanyaan yang dibentuk dengan membalikkan urutan subyek dan adverbia sehingga adverbia mendahului subyek. Dalam contoh pertama, adverbia saya mendahului subyek I. Pada contoh kedua, adverbia adalah subyek mendahului they. Dalam bahasa Inggris tulis, pertanyaan selalu diikuti dengan tanda tanya (?)

Pernyataan Negatif

Dalam simple present, pernyataan negatif dibentuk dengan menambahkan kata "tidak" atau not setelah adverbia. Misalnya:

I am not ready. (Saya tidak siap)
She is not smart. (Dia perempuan tidak pintar)
You are not happy. (Kamu tidak bahagia)

Contoh pertama, not sebagai penandan pernyataan negatif mengikuti adverbia am. Sementara contoh kedua, not mengikuti adverbia is dan contoh ketiga not mengikuti adverbia are.

Dalam bahasa Inggris lisan, singkatan berikut sering digunakan. Misalnya tanpa singkatan adalah you are not alone, dan kemudian setelah disingkat menjadi you aren't alone. Contoh kalimat berikutnya adalah she is not sad, dan setelah disingkat menjadi she isn't sad. Dan contoh kalimat yang terakhir he is not brave yang mana kalau sudah disingkat menjadi he isn't brave.

Pertanyaan Negatif

Dalam simple present, pertanyaan-pertanyaan negatif dibentuk dengan membalikkan urutan subyek dan adverbia, dan menambahkan not setelah subyek. Misalnya:

Pernyataan Negatif
Pertanyaan Negatif
You are not alone
Are you not alone?
She is not sad
Is she not sad?
He is not brave
Is he not brave?


Dalam bahasa Inggris lisan, singkatan biasanya digunakan dalam pertanyaan negatif. Dalam bentuk pertanyaan negatif dengan singkatan, singkatan not mengikuti segera setelah adverbia. Contoh:

Tanpa Singkatan
Dengan Singkatan
Are you not awake?
Aren’t you awake?
Is he not awake?
Isn’t he awake?
Are we not awake?
Aren’t we awake?
Are they not awake?
Aren’t they awake?



Perlu dicatat bahwa tidak ada singkatan yang diterima secara universal untuk am I not. Dalam bahasa Inggris yang diucapkan, am I not? sering disingkat menjadi aren't I? Meskipun ekspresi aren't I dianggap dapat diterima dalam bahasa Inggris informal, tapi bukan berarti benar dalam tata bahasa secara umum. Dalam bahasa Inggris formal, tidak ada singkatan yang digunakan untuk am I not.

Question Tag

Question tag adalah pertanyaan yagn ditambahkan pada akhir kalimat. Question tag untuk pernyataan afirmatif biasanya mengambil bentuk negatif. Dalam beberapa bahasa, tag question tersebut berubah-ubah. Namun, dalam bahasa Inggris, question tag beragam, bergantung pada adverbia dan subyek dari pernyataan sebelumnya. Singkatan biasanya digunakan dalam tag negatif. Contoh:

Afirmatif
Afirmatif Dengan Question Tag
Are you awake?
Aren’t you awake?
I am awake
I am awake, am I not?
You are awake
You are awake, aren’t you?
She is awake
She is awake, isn’t she?
We are awake
We are awake, aren’t we?
They are awake
They are awake, aren’t they?


Contoh-contoh tersebut menggambarkan bagaimana subyek dan adverbia dari pernyataan sebelumnya yang berulang dalam question tag. Misalnya contoh pertama, subyek I dan adverbia awake berulang dalam question tag. Contoh kedua, subyek dan adverbia diulang dalam question tag.


Bentuk Be



Afirmatif
Negatif
Pertanyaan
I
I am
I am not
Am I?
He/she/it
He is
He is not
Is he?
You/we/they
You are
You are not
Are you?



Have



Afirmatif
Negatif
Pertanyaan
I/you/we/they
I have got atau I have
I have not got atau I do not have
Have I got? Atau Do I have?
He/she/it
He has got atau he has
He has not got atau he does not have
Has he got atau does he have?



Adverbia Lainnya



Afirmatif
Negatif
Pertanyaan
I/you/we/they
I play
I do not play
Do I play?
He/she/it
He plays
He does not play
Does he play?


Pengecualian Ejaan


Pengecualian
Contoh
Verba-verba seperti can, may dan might, bentuknya harus tetap sama. Jangan tambahkan s.
He can, she may, it must
Verba-verba yang berakhiran huruf o atau sibilant (ch, sh, s,x) tambahkan es dan bukan s.
Do – he does, wash – she washes
Huruf akhir y setelah sebuah konsonan, berubah menjadi ie sebelum s. (tetapi jangan mengubah y setelah sebuah vokal)
Worry – he worries (but: play – he plays)


Bentuk yang dipersingkat


Afirmatif
Negatif
I am English = I’m English
I am not English = I’m not English
We are English = We’re English
We are not English = We aren’t / We’re not English
He is English = He’s English
He is not English – He’s not/ he isn’t English
I have got a dot = I’ve got a dog
I have not got a dog = I’ve not got a dog atau I haven’t got a dog
He has got a dog = He’s has got a dog
He has not got a dog = He’s not got a dog/ He hasn’t got a dog

I do not play tennis = I don’t play tennis

He does not play tennis = he doesn’t play tennis


Penggunaan


Penggunaan
Contoh
Tindakan waktu sekarang terjadi sekali, tidak pernah, atau beberapa kali
Colin always plays soccer on Tuesday
Tindakan waktu sekarang terjadi setelah terjadi suatu kejadian
She takes her bag and leaves
Fakta (sesuatu yang umumnya dianggap benar)
The sun sets in the west
Tindakan yang direncanakan atau sesuai jadwal
The train leaves at 9 pm
Kata-adverbia kegiatan kepemilikan, panca indra, emosi dan mental
I love her

Typical Signal Words:

  • always
  • every...
  • often
  • normally
  • usually
  • sometimes
  • seldom
  • never
 Okey, kita sudahi dulu artikel mengenai simple present tense dalam bahasa Inggris ini. Selanjutnya kita akan coba latihan ya dari apa yang sudah saya berikan ini. Silakan dipelajari terlebih dahulu dan di artikel berikutnya kita akan langsung coba latihan. Selamat belajar.

Materi ini diambil dari buku Complete Basic English Grammar For Beginner.

Comments