Skip to main content

Arti Get Down

Get down artinya,
Turun.

Halo semuanya, kali ini kita akan membahas arti dari get down, dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan dari sebuah film sehingga kita akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Kalau begitu mari kita bahas.

Arti Get Down Sebenarnya arti dari get down ini bermacam-macam tergantung dari konteksnya, dan nanti cuplikan adegan yang akan kita tonton di bagian bawah dari artikel ini merupakan arti dari salah satu yang ada. Nanti kalau saya menemukan lagi get down dengan arti yang lain diucapkan di adegan film yang lain, Insya Allah akan saya update lagi ya artikel ini agar kalian bisa melihat berbagai arti dari get down yang berbeda-beda tergantung dari konteks dan situasinya.

     Baca juga: Arti Deuces

Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Merriam Webster pada screenshot di bawah ini.


Karena di sini ngga diberikan contoh kalimatnya, kalau saya terjemahkan juga nanti kita malah bingung, dan yang cuma ada contoh kalimatnya di nomor 2 y…

A Dan An Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman para English Learner, kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan a dan and dalam bahasa Inggris. Kadang mengenai kapan kita harus menggunakan a dan kapan kita harus menggunakan an itu kita masih bingung. Nah yuk kita bahas makanya mengenai hal ini di sharing kali ini.

Mengenal Penggunaan A Dan An Dalam Bahasa Inggris

A dan an ini di dalam bahasa Inggris termasuk ke dalam indefinite article. Nah mengenai apa itu article, saya sudah membahas di salah satu artikel saya yang berjudul Articles Dalam Bahasa Inggris, jadi kalau teman-teman ingin tahu mengenai apa sih article itu, silakan dibaca dulu di artikel saya itu ya, karena saya di tulisan kali ini pembahasannya lebih spesifik antara a dan an saja.

Masih banyak yang bingung seperti misalnya kenapa menggunakan an sebelum kata hour. Katanya kalau sebelum kata yang berawalan dengan huruf konsonan itu kita menggunakan a dan bukannya an, dan bukankah h itu adalah huruf konsonan. Kenapa an hour dan bukannya a hour?

Suka bingung ngga dengan hal-hal seperti itu? Jadi patokan pastinya gimana? Jangan bingung teman-teman, kita akan bahas pada artikel kali ini.

A Digunakan Sebelum Suara Konsonan

Nah peraturan penggunakan article a adalah bahwa article a digunakan sebelum kata yang berawal dari suara konsonan. Misalnya pada kata a book, a shirt, a car, a game, a mug dll.

Suara konsonan itu beda dengan huruf konsonan, karena ada banyak kata yang awalannya adalah huruf konsonan tapi ketika kita lafalkan kata tersebut, terdengarnya bukan suara konsonan, tapi malah suara vokal.

Saya akan berikan beberapa contoh kata di bawah ini yang awalannya menggunakan huruf konsonan, tapi ketika dilafalkan yang terdengar adalah suara vokal.


Contoh 1: An Hour

Hour itu kan dimulai dengan huruf H, dimana huruf H itu adalah huruf konsonan, tapi kalau kita lafalkan kata "hour" itu h-nya ngga dibaca dan jadi terdengar "our". Jadi terdengarnya adalah suara vokal, dan itulah mengapa kita menggunakan an dan bukannya a.

Sementara kalau kata "horse", di kata itu kita menyebutkan h-nya, jadinya a horse dan bukan an horse, karena horse itu ada suara konsonannya ketika kita melafalkannya.


Contoh 2: An Heir

Kemudian contoh kedua adalah kata "heir". Nah ini juga kalau dilafalkan, yang terdengar adalah suara vokal karena kita tidak mengucapkan h-nya, jadi terdengar menjadi "eir" ketika dilafalkan. Ini sepertinya harus saya contohkan dengan suara ya, saya harus membuat video untuk hal ini agar teman-teman bisa lebih mengerti dan paham lagi mengenai hal ini.

Kita lihat misalnya contohnya di salah satu artikel yang saya baca di Daily Mail, yuk kita lihat skrinsut di bawah ini,

A Dan An Dalam Bahasa Inggris


Contoh 3: An MIT, an MP, an MBA 

Nah kalau untuk huruf m ini kita harus pandai melihatnya, apakah kata tersebut kalau dilafalkan akan terdengar suara konsonan atau suara vokal? Kita lihat yuk pada skrinsut di bawah ini yang saya beri kotak warna merah,


Di situ terlihat ya ada kata an MIT, terus juga bisa kita lihat pada contoh di bawah ini,

an MP

Di bagian yang saya kotakkan merah, ada an MP. Nah kalau kita lihat pelafalan dari MIT itu kan em-ai-ti, dimana kalau kita perhatikan suara bagian awalnya adalah suara vokal kan? Begitu juga dengan MP itu kalau dilafalkan adalah em-pi, sementara MBA juga gitu, em-bi-e, jadi itulah kenapa kita perlu menggunakan an dan bukannya a.

Tapi perhatikan untuk mother dan kata mug misalnya. Untuk kata mother kita akan menggunakan a, jadi a mother, begitu juga dengan mug, a mug. Karena kalau kita melafalkan kata "mother" itu kan ma-der. Jadi suara awalnya adalah suara konsonan, begitu pula dengan mug. Itulah mengapa kita menggunakan a dan bukannya an.


An Digunakan Sebelum Suara Vokal

Nah sementara penggunaan an itu digunakan sebelum kata yang berbunyi suara vokal, misalnya pada an egg, an umbrella, an apple, dll.

Tapi kita harus memperhatikan juga ada kata-kata yang huruf awalnya adalah huruf vokal tapi ketika dilafalkan itu awalannya tidak terdengar suara vokal melainkan suara konsonan, seperti misalnya contoh-contoh berikut.


Contoh 1: A University

Nah kita lihat yuk skrinsut di bawah ini,

a University

Kalau kita perhatikan pelafalan dari kata "university" adalah yu-ni-ver-si-ti, teman-teman bisa perhatikan bahwa awalnya itu terdengar suara konsonan yu. Itulah mengapa kita menggunakan a, dan jadinya adalah a university dan bukannya an university.

Contoh 2: One Track Mind

Nah ini juga kita menggunakan a, jadi a one track mind, kebetulan ada sebuah lagu dari Mayer Hawthorne yang judulnya One Track Mind, yang mana kalau kita lihat liriknya seperti terlihat di bawah ini,

One Track Mind

Tuh disitu tertulis a one track mind, dan bukan menggunakan a. Karena one itu kan ketika dilafalkan adalah wan, jadi suara konsonan itu. Kita lihat kalau depannya pake huruf W dan juga terdengar suara konsonan ketika diucapkan, maka akan menggunakan a di depannya seperti terlihat pada skrinsut di bawah ini,

a Watson

Perhatikan bagian yang saya beri kotak warna merah, ada kata "a Watson 385", nah karena ketika diucapkan memang bersuara konsonan, maka digunakan a.


Aturan Penggunaan A dan An Ditentukan Oleh Pengucapan

Nah jadi kalau kita ingin tahu mana kata yang menggunakan a, dan mana kata yang menggunakan an, adalah kita harus memperhatikan pengucapan. Tapi mengenai masalah pengucapan sendiri atau dalam bahasa Inggrisnya adalah pronunciation, ada perbedaan juga lho antara bahasa Inggris di beberapa daerah. Misalnya kata "herb" di dalam American English diucapkan "erb" dimana huruf h-nya tidak diucapkan, sementara kalau di British English itu kata "herb" h-nya diucapkan.

Saya tahu hal ini dari bukunya Mignon Fogarty, yang bisa kita lihat bukunya seperti terlihat di bawah ini,

Grammar Girl

Nah ini saya comot ya penjelasan dari buku ini mengenai perbedaan pengucapan. Yang bahkan disitu dia juga menjelaskan, di Amerika sendiri ada perbedaan pengucapan, misalnya dia mencontohkan untuk kata "historic" yang mana kebanyakan orang Amerika melafalkan historic itu dengan mengucapkan h-nya, sementara orang Amerika di bagian East-Coast mereka biasa mengucapkan dengan tidak menyebutkan huruf h-nya, dan mengucapkannya menjadi "istoric", oleh karena itu mereka bisa saja menggunakan an untuk kata historic tersebut karena mereka (orang bagian East Coast) melafalkan historic sebagai "istoric".

Kita baca aja yuk penjelasan Mignon Fogarty yang saya skrinsutkan di bawah ini,

Pronunciation Wars

Nah jadi seperti itu kira-kira teman, okey saya akan membuat video singkat mengenai hal ini, menjelaskan mengenai pengucapan atau pronunciationnya sedikit ya, agar teman-teman bisa lebih memahami mengenai penggunaan a dan an dalam bahasa Inggris ini. Jangan lupa juga SUBSCRIBE ya di youtube channel saya.

Video Aturan Penggunaan A dan An Dalam Bahasa Inggris

Mari kita tonton videonya di bawah ini,


Seperti itu kira-kira teman-teman, dan semoga pembahasan dari saya mengenai aturan penggunaan article a dan an dalam bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. See you again guys.

Comments

Post a Comment