Arti Help Each Other

Arti Badass

Halo semuanya, apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari kata [badass] dan kita juga akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata ini agar kita bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Badass

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu yuk mari kita bahas.

Arti Harfiah Badass

Kata badass ini kalau diartikan satu per satu, karena ini sebenarnya ada dua kata yaitu bad dan ass. Bad itu artinya,
Jelek atau buruk.
Dan ass itu artinya adalah,
Pantat.
Jadi "badass" artinya pantat yang jelek dong?? Nah ada banyak kata di dalam bahasa Inggris yang kita tidak mengartikannya dengan menerjemahkan kata per kata seperti itu, karena bisa jadi artinya amat sangat berbeda sekali dengan arti sebenarnya.

Arti Badass Menurut Kamus

Kalau kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Badass

Ada 2 arti kalau kita lihat dari penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge tersebut.

Arti yang pertama dari badass dari kotak merah di atas, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Orang jahat atau orang yang menakutkan.
Di situ diberikan contoh kalimatnya, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dia memerankan orang jahat berusia 21 tahun yang menghadapi banyak sekali masalah.

Arti yang kedua dari badass, dari screenshot di atas, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Seseorang atau sesuatu yang kita kagumi atau kita anggap keren.
Di bawahnya diberikan contoh kalimatnya yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya kurang lebih,
Mobil ini keren parah.
Nanti di bagian bawah dari artikel ini, kita akan menonton cuplikan adegan dari film yang saya ambil di mana kata [badass] ini diucapkan dan saya akan juga menjelaskan situasi dan kondisinya agar kalian bisa lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Penjelasan Badass di Salah Satu Forum Bahasa Inggris

Di ARTIKEL INI ada perdebatan mengenai kata "badass", menarik untuk kita simak. Kalau teman-teman mengerti bahasa Inggris silakan aja langsung menuju ke artikel tersebut, tapi kalau teman-teman tidak mengerti bahasa Inggris saya akan coba jelaskan dengan bahasa Indonesia cara saya ya, agar teman-teman mendapatkan arti dari badass itu.

Artikel itu bertanya "Does badass have a positive or negative meaning?" yang artinya adalah "Apakah kata badass itu punya arti yang positif atau negatif?" dan kemudian banyak yang ikut nimbrung dan menjawab di sini.

Arti badass secara kesimpulannya mengandung arti yang positif saat ini yaitu kurang lebihnya adalah seperti kaya "keren", "keren bangsat!", tapi tetap harus dilihat konteks kalimatnya dulu ya. Saya ambil beberapa contoh kalimat yang mereka buat yang ada di artikel tersebut. Tapi sebelumnya saya ambil dulu contoh kalimat yang ada di video di atas.

Kalimatnya adalah
This thing is badass = Barang ini keren parah.
Karena saya mengerti drum, maksud dia di situ untuk ngasih tahu bahwa barang ini asik banget lho!! Nah saya akan mengambil beberapa contoh kalimat lagi sehingga teman-teman akan bisa mengambil kesimpulan sendiri ya dari arti "badass" ini.

Saya comot penjelasan dari salah satu orang di situ di bawah ini.
If you're talking to a donkey it would be a negative connotation as in "Bad ass! Do NOT eat the sofa!". Otherwise it is generally taken to be complimentary ("Dude, that was totally bad ass!") or referencing the perceived toughness of an individual ("That soldier is a total badass").
Yang artinya adalah,
Kalau kamu lagi ngomong ke seekor keledai maka artinya bisa menjadi negatif seperti dalam contoh kalimat ini, "Kampret! Sofanya jangan dimakan!". Selain dari itu, biasanya kata badass ini akan diartikan sebagai sebuah pujian ("Bro, yang tadi itu keren parah!") atau mengacu kepada kemachoan dari seseorang ("Tentara itu benar-benar gagah parah!")
Saya coba mengartikan ke dalam kata-kata yang biasa digunakan oleh orang Indonesia ya, misalnya pada kalimat "Bad ass! Do NOT eat the sofa!" saya artikan menjadi "Eh, kampret! Sofanya jangan dimakan dong!"

     Baca juga: Arti Are You Kidding Me

Nah badass di sini bisa diartikan sebagai bajingan atau kampret, artinya negatif tapi sebenarnya kalau di bahasa Indonesia kata "bajingan" itu kan bisa jadi positif juga tergantung gimana konteks kalimatnya. Misalnya saya berkata, "Kampret, keren banget ini!" Nah kata kampret di sini kan artinya menegaskan bahwa sesuatu itu keren banget, atau bisa juga "Bangsat, keren banget ini!". Bangsat di sini artinya juga lebih ke menekankan ke sesuatu yang keren kan? Tapi hati-hati di dalam menggunakannya.

Ada lagi komen yang mengatakan seperti ini.
While it suggests someone who is difficult to deal with - doing things according to their own desires, standards, and timetables - it is virtually always meant to be positive. A badass cannot be intimidated or deterred, shuns compromise, lives life to the fullest, etc.
Yang artinya
Walaupun ini mengacu kepada seseorang yang sulit untuk dihadapi atau susah untuk dibilangin - melakukan hal-hal seenaknya dia sendiri - tapi ini biasanya selalu mempunyai arti yang positif. Seorang yang disebut dengan istilah "badass" tidak mudah untuk diintimidasi atau dihalang-halangi, jarang mau berkompromi dengan sesuatu karena biasanya, dia ya gitu aja seenaknya dia aja sendiri, benar-benar menikmati hidup dengan caranya dia.
Kemudian ada lagi yang komen seperti ini.
That's an interesting question. It was news to me a couple years ago when a former student said I was a badass (her spelling). I queried her, because it didn't sound complimentary to me, and she said it was -- it means (again, her definition, which I'm happy enough to accept) a person who is independent and competent enough to do what they start out to do, regardless of whether it's popular, or even allowed.
Yang artinya
Ini merupakan pertanyaan yang menarik. Ini hal yang baru dan cukup mengagetkan saya beberapa tahun yang lalu ketika murid saya berkata, "I was a badass (Saya itu bajingan keren)". Saya bertanya kepada dia, karena hal itu tidak terdengar sebagai sebuah pujian untuk saya, dan kemudian murid saya itu menjelaskan mengenai arti badass menurut dia yang cukup bisa saya terima yaitu "badass adalah seseorang yang mandiri dan mampu untuk mengerjakan apa yang sudah mereka mulai, terlepas apakah hal itu banyak dilakukan oleh orang kebanyakan (populer) ataukah hal tersebut diperbolehkan." 
Nah kalau dari penjelasan ini, saya mengambil kesimpulan bahwa "badass" itu artinya adalah,
Bajingan keren, 
Mungkin kalau saya berikan gambaran, kita bisa bayangkan seseorang yang macho misalnya kaya di film Fast and Furious si Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel. Kan dia itu seorang yang macho tapi juga dia melakukan kejahatan dan dicari oleh polisi. Kurang lebih seperti itu gambaran mengenai "badass" tapi yang terpenting untuk teman-teman perhatikan adalah konteksnya, tergantung konteks dimana digunakan kalimat ini, maka bisa jadi artinya akan menjadi sangat lain sekali.

Jadi kalau kita hendak menggunakan kata "badass" ini harus berhati-hati, lihat dulu konteksnya apa, sehingga artinya memang positif dan tidak menjadi negatif.

Oh iya barusan saya menemukan iklan yang menggunakan kata badass ini, saya langsung screenshotkan di bawah ini ya.

Kata Badass

Di situ kalimatnya adalah,
Looking for a badass key chain!
Kalau menurut saya itu kalimat seharusnya diakhiri dengan tanda tanya, dan bukannya tanda seru. Kalau diartikan kalimat itu adalah,
Mencari gantungan kunci yang keren!
Kalau pake tanda tanya akan lebih tepat bukan? Tapi semoga sampai di sini teman-teman mendapatkan gambaran mengenai arti kata badass ini ya.

Saya juga menemukan video dimana kata badass ini digunakan,


Di video di atas di menit 3:38 dia ngomong seperti ini,
For example, in my hip hop classes, it was all about how do I fill up my classes and make really badass choreography.
Di situ kita bisa temukan kata "badass" lagi dan di sini kalau diterjemahkan maka artinya kurang lebih,
Contohnya, di kelas hip hop saya, di sini saya hanya memikirkan mengenai gimana saya bisa hadir di kelas itu dan kemudian bisa menciptakan sebuah koreagrafi yang keren.
Jadi kalau di kalimat ini artinya adalah "keren" atau mungkin kalau di bahasa kita bisa diartikan juga sebagai "cetar membahana."

Contoh-contoh Badass Dari Film

Di bagian ini saya mengumpulkan cuplikan-cuplikan adegan yang kebanyakan saya ambil dari film di mana diucapkan kata [badass] ini sehingga kalian bisa melihat sendiri bagaimana dan di situasi yang seperti apa kata [badass] ini diucapkan.

Contoh yang pertama, saya ambil dari film The Suits, Season 1 Episode 9. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Jadi, situasinya si Harvey ini lagi akan menghadapi pengacara yang bernama Trevor dan dia nyuruh asistennya yaitu Mike untuk mencari data-data mengenai si Trevor ini. Harvey menjelaskan bahwa para pengacara itu dikalahkan semua oleh si Trevor itu dan kemudian si Mike berkata,
This guy's kind of a badass.
Si Mike di sini jadi seperti kagum sama kemampuan si Trevor karena sanggup mengalahkan banyak pengacara ternama. Makanya kalimat di atas itu saya terjemahkan sebagai,
Kayanya ini orang keren parah ya.
Dan kemudian perhatikan deh ketika si Mike memuji si Trevor lalu Harvey berkata,
You want me to get you an autograph? (Loe mau gue mintain tanda tangannya dia?)
Jadi, seperti yang dijelaskan oleh kamus Cambridge di atas kata [badass] untuk di kasus kali ini merujuk ke seseorang yang kita anggap keren.

     Baca juga: Arti Deuces

Contoh yang kedua, saya ambil dari film 21 Jump Street (2012). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Mereka ini lagi ngomongin mengenai acara prom night, di mana para kutu buku itu mereka ngga pede untuk ikutan di prom karena mereka ngga tahu mau ngajak siapa, tapi kemudian si Jenko menyemangati mereka dengan membuat mereka membayangkan sesuatu yang bisa membuat mereka bersemangat.

     Baca juga: Arti Take It Easy

Contoh yang ketiga, saya ambil dari film Brooklyn 99, Season 6 Episode 2. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Di cuplikan adegan di atas, ceritanya si Scully dan Hitchcock menceritakan mengenai waktu mereka masih muda, yang ternyata beda banget dengan mereka yang sekarang. Itulah mengapa Jake kemudian bingung kok bisa mereka mudanya keren banget, sementara setelah tua seperti ini, ngga ada keren-kerennya sama sekali.

Makanya si Jake berkata seperti ini,
You guys had badass entrance lines, and people cheered? (Kalian itu dulu punya kata-kata slogan yang keren, dan dulu orang-orang pada tepuk tangan?)
Si Jake ngga bisa ngebayangin mereka bisa sekeren itu dulu, karena Jake kan ngga tahu Scully sama Hitchcock itu dulunya seperti apa. Yang dia tahu adalah Scully dan Hitchcock yang sekarang, yang ngga ada keren-kerennya sama sekali.

Jadi, di konteks adegan ini, kata [badass] bisa kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai [keren].

     Baca juga: Arti I Get It

Contoh yang keempat, saya ambil dari film Suits, Season 3 Episode 3. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Di cuplikan adegan ini, si Rachell kaget karena dia melihat si Donna yang merupakan sekretaris dari Harvey, pengacara kondang di kantornya dia, yang setahu dia biasanya apa-apa nyuruh orang lain karena kan tampilannya si Donna ini emang cewe yang dandan banget dan sepertinya tidak mau mengerjakan hal-hal seperti membut fotokopi ini ternyata dia ketemu sama si Donna ini di ruangan fotokopi kantor.

Kemudian si Donna ngomong gini,
I'm too busy being a badass.
Yang di konteks ini bisa kita artikan sebagai,
Aku terlalu sibuk jadi orang keren.
Jadi, kata [badass] di konteks percakapan kali ini bisa kita terjemahkan sebagai [orang keren].

     Baca juga: Arti I Got This

Nah, sekian dulu sharing dari saya untuk penjelasan mengenai arti badass ini. Semoga apa yang saya sharingkan di artikel yang membahas mengenai arti badass ini bisa kalian mengerti dan pahami dengan mudah ya. 

Kalau begitu sampai ketemu lagi di artikel saya yang lain, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments

Post a Comment