Arti Help Each Other

Arti It's All Good

Hello everyone, howzit? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti frasa kata Bahasa Inggris yaitu [it's all good] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata [it's all good] ini.

Arti It's All Good

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu mari kita bahas arti dari [it's all good] ini yuk.

Penjelasan It's All Good

Kalau kita gunakan Google Translate dan kita ketikkan [it's all good] di situ maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Arti It's All Good

Tapi sebenarnya maksudnya apa sih? Bahasa Inggris kan tergantung konteks dan artinya bisa jadi lain. Kebetulan saya menemukan video dari seorang youtube asal Amerika yang menjelaskan mengenai arti dari [it's all good] dan dia menjelaskannya di menit 1:03.


Kalau menurut Stephanie,
Arti it's all good sama dengan it's okay.
Dia memberikan contoh situasinya adalah misalnya dia berencana sama saudaranya dia mau jalan bareng dan ternyata di kemudian hari itu saudaranya itu mendadak ngga bisa karena ada acara lain. Lalu saudaranya itu menelepon Stefanie untuk ngasih kabar kalau dia ngga bisa jalan sama Stefanie hari itu. 

Lalu Stefanie ngomong,

Hey, don't worry about it. It's all good.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Hei, santai bro/sis. Ngga papa kok.
Kurang lebih seperti itu kalau saya terjemahkan ke bahasa Indonesia yang biasa kita pakai sehari-hari.

Jadi bisa lihat kan perbedaan antara terjemahan Google Translate dengan arti di situasi ini? Walau sebenarnya kalau diartikan kata per kata hasil terjemahan Google Translate juga ngga salah lho. Tapi mungkin lebih tepat kalau kita lihat dulu situasinya seperti apa sehingga akan lebih mengena juga artinya.

Contoh-contoh It's All Good

Di bagian ini saya akan mengumpulkan contoh-contoh yang saya temukan entah itu dari adegan film, atau video di youtube atau apa pun sehingga kalian bisa melihat di konteks dan situasi apa saja frasa kata [it's all good] ini digunakan.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Martha: Cake? (Kue?)

Fridge: Bethany, you said this was bread. (Bethany, loe tadi bilang ini tuh roti.)

Bethany: I guess, it's been so long, I forgot what it tastes like. (Kayanya gara-gara udah lama banget, jadinya gue udah lupa rasanya.)

Fridge: How do you forget what...? What's happening? Some happening to me? (Gimana bisa loe lupa? Eh, ini ada yang terjadi ngga? Ada yang terjadi apaan gitu sama gue?)

Martha: No. (Ngga.)

Fridge: Am I... Am I shaking? (Gue getar-getar, gitu?)

Martha: Huh-uh. (Ngga.)

Fridge: Am I breaking out? (Ada bintik-bintik muncul di badan gue?)

Martha: No. (Ngga.)

Fridge: Am I still black? (Kulit gue masih hitam?)

Martha: Yes. (Iya.)

Fridge: Okay. Okay, right? We're fine. Everything is fine. Yeah, no, no, no, it's okay. It probably just meant that I love cake. That I couldn't resist it. Yeah. Hey, it's all good. (Oke, kalau begitu, ya ngga? Kita ngga papa nih. Semuanya baik-baik aja. Ini ngga papa kok. Mungkin maksudnya itu gue itu cinta sama yang namanya kue. Gue ngga bisa ngga makan kue. Ya kan? Hei, ini ngga papa kok, ngga terjadi apa-apa.)

Di cuplikan adegan di atas itu ceritanya mereka masuk ke dalam game, dan kemudian kelemahan dari karakter Franklin Finbar di game itu adalah kue, jadi dia ngga bisa makan kue. Dan tanpa sengaja dia makan kue, dan kemudian si Fridge ini sadar kalau karakter Franklin Finbar ini ngga bisa makan kue karena akan terjadi sesuatu, ternyata ngga terjadi apa-apa, makanya kemudian dia bilang.
Hey, it's all good.
Yang artinya sama dengan,
Hey, it's okay.
Atau kalau dalam Bahasa Indonesia maksudnya adalah,
Eh, ini ngga papa kok.
Contoh yang kedua, saya dapat dari youtube video. Kita tonton yuk di video di bawah ini.


Di menit 09:51 dia ngomong kata-kata ini. Tapi saya tuliskan deh apa yang dia omongkan sehingga teman-teman akan bisa tahu konteksnya juga.
Look it! You can see my face. I'm sweating a little bit from the spice. It's all good!
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Lihat deh! Kalian bisa lihat wajah saya. Saya sedikit keringatan nih gara-gara pedes dari sambal yang saya makan. Tapi ini ngga papa kok!
Jadi ceritanya itu dia lagi makan makanan Indonesia dan kebetulan ada orang Indonesia, seorang yang lagi belajar untuk menjadi seorang chef yang ngajakin dia makan ke sebuah restoran. Dia makan dan yang dia makan itu banyak sambalnya juga. Dia keringatan tapi dia bilang, "It's all good!" yang artinya, "Ngga papa kok!" di konteks ini.

     Baca juga: Arti Annoying

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari frasa kata [it's all good] ini dan nanti kalau saya menemukan lagi contoh-contoh yang lain, Insya Allah, akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments