Arti Help Each Other

Arti I'm Done

Hello everyone, what's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [I'm done], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata [I'm done] ini.

Arti I'm Done

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas.

Arti I'm Done

Kalau diartikan secara kata per kata, [I'm] itu artinya [saya] dan [done] itu artinya [selesai]. Maka arti dari [I'm done] kalau diartikan secara kata per kata seperti itu adalah,
Saya selesai.
Kebetulan saya menemukan ada orang yang bertanya mengenai apa sih arti I'm done di website Hi Native, dan kemudian dijawab oleh seorang native English speaker.

Mari kita lihat jawabannya pada gambar di bawah ini.

Penjelasan I'm Done

Jadi, sebenarnya ada 3 arti dari [I'm done] ini, yang jelas kita perlu melihat situasi dan konteksnya terlebih dahulu.

Arti yang pertama dari [I'm done] yaitu [saya selesai], ini diucapkan saat kita selesai mengerjakan sesuatu. 

Arti yang kedua dari [I'm done] yaitu [saya sudah tidak sanggup lagi], ini biasanya diucapkan saat kita sudah menyerah atau sudah muak dengan suatu kondisi.

Arti yang ketiga dari [I'm done] itu saat kita melakukan sesuatu hal yang buruk dan berakibat fatal buat kita misalnya, kalau di Bahasa Indonesia kita akan mengatakan hal seperti [kelar gue deh] yang misalnya di pekerjaan kita melakukan sesuatu yang fatal yang memungkinkan kita untuk dipecat dan setelah kita ngga sengaja melakukannya, kita bisa bilang [I'm done] yang maksudnya bahwa karier kita di perusahaan itu bakalan berakhir karena kita bakalan dipecat.

Kita nanti akan melihat cuplikan-cuplikan adegan dari film yang saya kumpulkan agar kalian bisa melihat dua arti dari [I'm done] ini.

Contoh Penggunaan I'm Done

Di bagian ini, nanti kita akan melihat kumpulan cuplikan adegan dari film atau dari apa pun yang saya temukan di mana diucapkan kata-kata [I'm done] agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

Cuplikan adegan yang pertama, dari film Sex and the City 2 (2010). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Steve: You're done. We're going to dance. Fake to the right. Nice. (Kamu udahan dong. Kita dansa yuk. Malah ke kanan. Bagus.)

Miranda: I'm done. I'm done. I'm done! Dance me. (Aku udah selesai. Aku udah selesai. Aku udah selesai!)

Di cuplikan adegan tersebut, Steve minta Miranda untuk berdansa dengan dia, tapi karena si Miranda lagi sibuk karena ada email dari kantor yang dia harus balas dulu, maka dia balas dulu sebentar lewat hapenya, dan setelah dia selesai membalas email dari kantornya melalui hapenya itu, dia kemudian mengatakan,
I'm done. (Aku udah selesai.)
Setelah itu baru dia dan Steve kemudian turun ke lantai dansa untuk berdansa. Jadi, arti [I'm done] di sini adalah arti yang pertama saat seseorang sudah menyelesaikan suatu pekerjaan.

Cuplikan adegan yang kedua, dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Bethany: You guys! The map, it's changing. (Gaes! Mapnya berubah.)

Martha: What do you mean? (Maksud loe?)

Spencer: What's it say? (Apa yang terlihat di situ?)

Bethany: Okay, well, there's not a lot of information. But a minute ago, it didn't say this and now it does. It says, "The Mighty Roar." (Ngga ada banyak informasi sih di rini, tapi semenit yang lalu belum ada kaya gini, dan sekarang ada. Di sini tulisannya, “Raungan Dahsyat.”)

Fridge: I don't like that. I'm done. (Gue ngga demen nih yang kaya gini. Gue udahan!)

Film ini bercerita mengenai 4 orang anak SMA yang kemudian dihukum bersama di suatu ruangan oleh Kepala Sekolah mereka dan kemudian mereka malah main game di situ dan berakhir entah gimana mereka tersedot masuk ke dalam game yang mereka mainkan dan menjelma menjadi karakter pemain yang mereka mainkan di game tersebut dan mereka harus menyelesaikan game tersebut kalau mau balik lagi ke tubuh mereka semula.

Arti [I'm done] yang ada di adegan ini adalah arti yang kedua, yaitu ketika seseorang sudah tidak tahan terhadap sesuatu atau sudah muak dengan suatu keadaan. Di situ, si Fridge yang menjelma menjadi Franklin Finbar udah muak dengan game ini makanya kemudian dia bilang,
I'm done.
Di sini dia mengekspresikan dirinya yang udah ngga tahan lagi dengan permainan game ini karena dia menjadi sosok yang ngga banget menurut dia di game tersebut.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari I'm done ini. Kalau nanti saya menemukan lagi cuplikan adegan yang lain, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments