Arti Help Each Other

Arti After The Fact

Hi everyone, kita kali ini akan membahas lagi mengenai arti idiom di dalam bahasa Inggris dan idiom yang kali ini akan kita bahas adalah after the fact. 

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Seperti biasa saya menggunakan kamus idiom The American Heritage of Idioms yang penampakannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

American Heritage Dictionary of Idioms

Kalau begitu mari kita bahas yuk.

Arti Idiom After the Fact

Kalau diartikan secara kata per kata ini artinya adalah "setelah sebuah fakta" tapi mari kita lihat yuk kalau menurut penjelasan dari kamus idiom di atas, karena kalau kita sudah bertemu dengan idiom, kalau kita artikan secara kata per kata seperti itu biasanya artinya berbeda dengan arti yang sesungguhnya. Kalau begitu sekarang kita lihat arti yang sesungguhnya dari idiom after the fact itu apa dari kamus idiom di atas,

Arti After The Fact

Di situ dijelaskan arti dari idiom after the fact adalah,
After an actual occurrence, particularly after a crime. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Setelah kejadian yang sesungguhnya, khususnya setelah terjadinya sebuah kejahatan.
Nah di atas diberikan contoh kalimatnya yaitu,
I know the brakes should have been repaired, but that doesn’t help much after the fact. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Saya tahu seharusnya rem ini diperbaiki, tapi sebenarnya setelah kejadian ini tidak terlalu banyak ada pengaruhnya.
Di situ juga dijelaskan penggunaan frasa kata ini di dalam kata yang berhubungan dengan kejahatan tercatat digunakan di awal dari abad ke 1500-an. Kata ini kemudian menjadi sebuah kata yang standar di dalam hukum di Inggris dan masih digunakan hingga hari ini. Idiom ini pertama kali tercatat digunakan pada tahun 1769 pada frasa kata "accesories after the fact", yang mengacu kepada orang-orang yang membantu para pelanggar hukum saat mereka melakukan kejahatannya. Sekarang frasa kata ini digunakan lebih luas lagi, tidak hanya di dalam dunia hukum dan kejahatan saja.

Nah kurang lebih seperti itu arti after the fact. Semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sampai ketemu lagi and I'll see you again next time. Bubye.

Comments