Arti Help Each Other

Arti Against the Grain

Hi everyone, kita kali ini akan membahas lagi salah satu idiom di dalam bahasa Inggris dan idiom tersebut adalah against the grain. 

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Seperti biasa saya menggunakan kamus idiom The American Heritage of Idioms yang penampakannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

American Heritage Dictionary of Idioms

Kalau begitu mari kita bahas yuk.

Arti Idiom Against the Grain

Kita langsung saja yuk baca definisi dari idiom against the grain ini menurut kamus idiom di atas. Saya sudah screenshotkan dan kita bisa lihat pada gambar di bawah ini,

Arti Against the Grain

Nah di situ terlihat arti dari idiom against the grain ini adalah,
Opposed to one's inclination or preference.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya kurang lebih,
Berlawanan dengan kecenderungan atau kesukaan dari seseorang.
Dan di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
We followed the new supervisor's advice, though it went against the grain.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah,
Kami mengikuti saran dari penyelia kami, walau pun itu melawan kehendak hati kami.
Di situ dijelaskan bahwa istilah "against the grain" ini berasal dari istilah yang ada di dunia perkayuan, dimana grain di sini adalah garis-garis kayu atau kita mengenalnya dengan istilah urat kayu.

Dimana di situ dikatakan kalau kita memotong kayu dengan arah yang berlawanan dengan garis-garis kayu atau "against the grain", maka garis yang dilalui oleh gergajinya akan cenderung seperti pecah, kayunya akan terpecah ketika tergesek oleh mata gergajinya.

Agak susah dijelaskan lewat tulisan tapi kalau teman-teman pernah melihat proses pemotongan kayu dimana kayunya dipotong berlawanan dengan serat kayunya maka teman-teman akan mengerti yang namanya "pecah" di situ.

Nah sekian sharing dari saya mengenai arti against the grain ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya and I'll see you again next time. Bubye.

Comments