Arti Help Each Other

Arti Make the Bed

Halo teman-teman, kita kali ini akan membahas mengenai arti make the bed. Kenapa saya ingin membahas mengenai hal ini? Karena frasa kata ini kalau diartikan secara kata per kata akan aneh terdengarnya dan ini juga salah satu yang membedakan cara berpikir orang Indonesia dengan orang bule.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Yuk mari kita bahas.

Arti Make the Bed

Tadi saya bilang frasa kata ini kalau kita artikan secara kata per kata maka akan aneh terdengarnya kan? Kalau diartikan secara kata per kata, make itu artinya "membuat" dan the bed atau a bed itu artinya "tempat tidur". Jadi arti dari make a bed atau make the bed adalah "membuat tempat tidur"??

Nah kita lihat dulu gambar di bawah ini yuk. Kebetulan saya menemukan frasa kata ini diucapkan di salah satu komik. Dan sebenarnya kita bisa belajar dari komik juga lho. Yang bagus dari belajar bahasa Inggris lewat rajin membaca komik itu adalah karena komik itu ada gambarnya, jadi kita bisa tahu situasi dan konteksnya. Setidaknya kita bisa menebak artinya dengan melihat gambarnya kalau misalnya kita tidak tahu sama sekali.

Mari kita lihat gambar di bawah ini.

Arti Make the Bed

Nah di situ bisa kita lihat si cewenya ngomong gini,
Yeah. Come, get up. I want to make the bed.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Yeah, Ayo, bangun. Aku mau merapikan tempat tidur.
Bangun yang saya gunakan dari terjemahan kata "get up" ini bukan membangunkan orang yang lagi tidur ya, karena si cowo yang ada di kasur itu sudah dalam keadaan bangun, jadi tidak perlu dibangunin lagi. Maksudnya adalah seperti kaya ngomong "ayo berdiri". Itu bedanya antara wake up dengan get up. Si cewe tidak menggunakan frasa kata "wake up" karena si cowonya sudah bangun tapi masih tidur-tiduran di kasur. Itulah mengapa dia menggunakan frasa kata "get up".

Pernah ngga teman-teman ngalami dibangunin sama orang tua, lalu kita sudah bangun, terus orang tua kita ngomong, "Ayo dong bangun!" lalu kita menjawab, "Iya ini juga udah bangun!" dan lalu orang tua kita ngomong, "Berdiri maksudnya.. turun dari tempat tidur!"

Jadi kalau wake up itu kita membangunkan orang yang masih dalam keadaan tidur, sementara get up itu lebih ke nyuruh berdiri, di bahasa kita, kita masih tetap menggunakan kata "bangun" untuk nyuruh orang yang lagi duduk untuk berdiri misalnya, tapi kalau di Barat mereka menggunakan kata "get up" buat orang yang sudah bangun tapi belum berdiri.

Balik lagi ke pembahasan kita ke arti make the bed, jadi arti make the bed atau make a bed itu adalah,
Merapikan tempat tidur.
dan BUKAN,
Membuat tempat tidur ya.
Ini ada video youtube yang bisa kita tonton untuk memperjelas arti dari make the bed atau make a bed. Yuk mari kita tonton,


Tuh lihat judulnya,
How to Make a Bed Like a Hotel.
Yang kalau diterjemahkan artinya adalah,
Cara Merapikan Tempat Tidur Seperti di Hotel.
Nah seperti itu teman-teman. Semoga sharing dari saya mengenai arti dari make the bed ini bisa bermanfaat ya. Nanti saya akan coba membuat penjelasan mengenai arti dengan menggunakan komik-komik seperti ini, karena menurut saya kita jadi bisa lebih mudah untuk mengerti karena kita bisa melihat gambarnya juga.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang lain ya. Tetap pantengin blog ini dan kalau teman-teman merasa blog ini bermanfaat, jangan lupa disharingkan ke teman-teman yang lain juga ya. Kalau begitu sekian dulu mengenai arti make the bed ini. I'll see you soon ya.

Comments