Skip to main content

Mengenal Connected Speech

Hi everyone, how are you doin'? Kali ini kita akan mengenal connected speech. Kalau kita berbicara mengenai connected speech ini ada hubungannya dengan masalah pronunciation. Kita akan membahas apa sih connected speech itu dan apa pengaruhnya di dalam pronunciation.

Kebetulan ada video yang bagus sekali dari channel youtubenya Papa Teach yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia di video tersebut. Video tersebut akan saya embedkan di sini dan kalau teman-teman menonton, silakan dinyalakan subtitlenya dan pilih subtitle bahasa Indonesia seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini.


Dipilih Indonesian di situ dan kebetulan yang membuat subtitle untuk video ini saya sendiri. Videonya akan saya embedkan di bawah ini dan selamat menyimak dan belajar. Di bagian bawah saya akan sedikit menjelaskan apa yang disampaikan oleh si Papa Teach Me ini.

OK, silakan teman-teman tonton videonya di bawah ini,


OK, kalau begitu kita bahas yuk apa yang dijelaskan oleh Papa Teach Me di …

Arti What the Junk

What the junk merupakan,
Frasa kata yang menunjukkan keterkejutan atau bisa juga penghalusan bahasa dari what the hell atau what the fuck.

Halo semuanya kita kali ini akan membahas mengenai frasa kata di dalam bahasa Inggris dan frasa kata ini adalah what the junk. Kebetulan saya menemukan frasa kata ini ketika saya lagi membaca komik Lumberjanes.

Ini saya screenshotkan bagian dimana frasa kata ini diucapkan ya.

Arti What the Junk

Kira-kira teman-teman bisa menebak ngga kalau melihat dari gambarnya itu? Jadi itu sekilas ceritanya itu mereka lagi kemping lalu kemudian mereka itu dikelilingi serigala-serigala. Itu yang mengelilingi mereka itu serigala-serigala, lalu salah satu dari mereka berkata, "What the junk?!".

Arti What the Junk

Kira-kira tebakan teman-teman benar ngga nih? Arti what the junk di sini itu seperti kaya dia ngomong,
Woi, apaan nih!!
Di sini artinya sama persis seperti what the heck. Saya pernah membahas arti dari what the heck. Silakan dibaca di Artikel Arti What the Heck ini.

Dan saya kemudian juga browsing dan menemukan arti dari what the junk itu di Kamus Urban Dictionary, di situ tertulis artinya terlihat pada gambar yang sudah saya screenshotkan di bawah ini,

Arti What the Junk Kamus Urban Dictionary

Nah di situ penjelasannya adalah,
A gentler way of saying "what the fuck". You say this because: 
A) You're around little kids 
B) It just sounds funnier.
Yang kalau saya terjemahkan artinya adalah,
Cara sopan mengatakan "what the fuck". Orang-orang menggunakan frasa kata "what the junk" ini karena: 
A) Mereka berada diantara anak-anak kecil 
B) Terdengar lebih lucu dan tidak kasar
Jadi kalau kata "fuck" itu kan kasar, maka digantikan menjadi kata "junk" untuk menghaluskan kata. Dan di situ diberikan contoh kalimatnya juga yaitu,
What the junk did I do with my hat?
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Ini gue ngapain sih sama topi gue?
Ini juga ada contoh lagi dari komik Lumberjanes, kita bisa lihat pada gambar di bawah ini,

Contoh What the Junk di Komik

Di situ bisa kita lihat yang ngomong what the junk datang setelah si yang mukulin serigalanya terjatuh. Jadi ketika serigalanya dipukul lalu serigalanya menghilang. Lalu yang melihat ngomong,
What the junk?
Di konteks yang seperti ini bisa kita artikan sebagai,
Ha? Apakah!!
Jadi kaya dia bingung kok bisa kaya gitu? Aneh ngga sih serigala dipukul dan kemudian serigalanya jadi menghilang. Jadi dia kaya bengong gitu melihat yang seperti itu. Nah kira-kira kalau teman-teman ada di kondisi yang seperti itu teman-teman akan ngomong apa? Kurang lebih seperti itu arti dari what the junk di konteks ini. Kalau saya biasanya ngomong, "Apakah!", apakah itu artinya kaya ngga percaya gitu, nah kira-kira kaya gitu, susah saya ngartiin arti kata "apakah" ini dengan tepat, ini lebih kaya plesetan dari kata, "Apaan!" tapi ngga murni artinya sama ya.

Itulah mengapa kalau teman-teman belajar dari komik teman-teman akan bisa melihat sendiri dari gambarnya dan bisa memahaminya, selanjutnya coba teman-teman terjemahkan dengan bahasa yang biasa teman-teman gunakan ketika dalam keadaan yang seperti itu.

Update 9 Mei 2019:
Nah ini saya juga menemukan lagi di komik Lumberjanes dimana diucapkan frasa kata "what the junk" ini. Yuk kita lihat pada screenshot di bawah ini.

What the Junk di Komik

Kalau kita lihat dari komik tersebut mereka lagi mengayuh sampan mereka di sungai dan kemudian tiba-tiba ada monster dan lalu mereka ngomong,
What the junk is that?
Yang kalau saya artikan di situasi seperti ini terjemahannya adalah,
Njir!! Itu apaan??
Mereka terkejut melihat monster yang besar di depan mereka dan mereka ngga tahu itu apaan, makanya keluarlah kata-kata seperti itu.

Nah semoga teman-teman bisa mengerti ya dan mendapatkan sesuatu dari sharing saya di sini. Kalau teman-teman merasakan blog saya ini bermanfaat, jangan lupa dibagikan ke teman-teman yang lain juga ya.

Kalau begitu sekian dulu ya mengenai arti what the junk ini. I'll see you again soon. Bubye. Kalau ada update lagi nanti saya akan update lagi pastinya ya.

Comments