Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Asleep at the Wheel

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas mengenai arti dari salah satu idiom di dalam bahasa Inggris dan idiom tersebut adalah asleep at the wheel.

Langsung saja yuk kita bahas artinya.

Arti Idiom Asleep at the Wheel

Kalau kita lihat di kamus Farlex Dictionary of Idioms, di situ dinyatakan arti dari idiom ini yaitu,
Failing to attend to one's responsibilities or duties; not doing or paying attention to that which is important or for which one is responsible.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Gagal di dalam melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab; tidak melakukan atau tidak mengawasi hal yang penting atau hal yang perlu dia awasi.
Nah di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
Johnson was supposed to make sure the paperwork went through before the deadline, but it looks like he was asleep at the wheel.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Johnson seharusnya memastikan bahwa dokumennya sudah selesai sebelum tenggat waktu, tapi sepertinya dia lalai di dalam melaksanakan tugasnya ini.
Nah seperti itu teman-teman. Kalau kita sudah bertemu dengan idiom, biasanya sih kita tidak bisa mengartikan secara kata per kata. Kita coba yuk mengartikannya secara kata per kata agar teman-teman bisa melihat sendiri.

Asleep itu artinya adalah "tertidur" dan "the wheel" itu artinya "roda atau kemudi" sehingga kalau kita terjemahkan secara kata per kata asleep at the wheel itu artinya adalah "tertidur di belakang kemudi". Agak bingung kan ya? Kalau tidak ada konteksnya maka kita mau simpulkan juga bingung.

Tapi di sini kalau ada konteksnya kita bisa simpulkan namun ada juga idiom yang sama sekali tidak bisa kita simpulkan. Jadi kalau kita ketemu dengan idiom yang seperti itu yang bisa kita lakukan adalah mengandalkan kamus dan melihat penjelasannya dari kamus tersebut baru kemudian kita lihat konteks kalimat yang ada idiom tersebut membahas mengenai apa, baru kemudian kita bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan lebih tepat.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai arti asleep at the wheel ini. Sampai ketemu lagi dan bubye.

Comments