Arti Help Each Other

Arti So Much As

Hello everyone, howzit? Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari salah satu idiom yang ada di dalam bahasa Inggris dan idiom tersebut adalah so much as. Di sini saya akan menggunakan kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas.

Arti Idiom So Much As

Langsung saja kita lihat yuk penjelasan yang diberikan di kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms pada gambar yang saya ambil dari kamus tersebut di bawah ini.

Arti So Much As

Di situ bisa kita lihat bahwa arti dari idiom so much as ini sama artinya dengan arti idiom as much as yang kita bisa lihat pada nomor 3 di atas yaitu,
In effect, nearly the same as.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Dampaknya, kurang lebih sama dengan.
Kemudian ada lagi penjelasan dari arti idiom so much as ini yaitu,
These expressions intensify the meaning of the verb and indicate that the action is unexpected.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Ungkapan idiom ini menegaskan maksud dari tindakan yang dilakukan dan menyatakan bahwa tindakan yang diambil tersebut merupakan tindakan yang tidak terduga sebelumnya.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
The clerk so much as accused the customer of shoplifting.
Di sini sebelum saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berdasarkan keterangan yang diberikan bahwa idiom ini merupakan penekanan terhadap tindakan yang dilakukan, dan di kalimat tersebut tindakannya adalah "accuse" yang artinya adalah "menuduh".

Jadi idiom "so much as" di sini digunakan untuk memberi penekanan kepada tindakan "menuduh" tersebut. Jadi kalau kalimat tersebut saya artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Petugas itu menuduh pelanggan tersebut mengutil barang.
Nah kurang lebih seperti arti dari idiom so much as ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. I'll see you again soon then. Bubye.

Comments