Skip to main content

Arti Hang Out

Halo semuanya, what's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari frasa kata hang out, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata hang out ini. Oh iya, SUBSCRIBE juga ya di blog ini, di bagian atas dari blog ini ada tulisan SUBSCRIBE, nah kalian bantu support saya dengan klik subcribe di situ atau saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.        Baca juga: Arti Hang Up Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari frasa kata hang out ini. Arti Hang Out Ada perbedaan antara hang out dengan hangout. Kalau yang dikasih jeda, hang out, itu phrasal verb, sementara kalau yang tidak dipisah, hangout, itu noun. Phrasal verb hang out itu mempunyai arti atau bisa kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai bergaul, nongkrong atau menghabiskan waktu di suatu tempat dengan seseorang atau d

Cari Di sini

Arti Back Up

Back up artinya adalah,
     Mundur ke belakang, membuat duplikat, memperkuat.

Arti Back Up

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom Bahasa Inggris yaitu [back up], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom [back up] ini agar kita bisa lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

     Baca juga: Arti Ghosting

Oh iya, SUBSCRIBE juga ya di blog ini, di bagian atas dari blog ini ada tulisan SUBSCRIBE, nah kalian bantu support saya dengan klik subcribe di situ atau saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Mari yuk, langsung saja kita bahas arti dari idiom [back up] ini.

Arti Idiom Back Up

Langsung saja yuk kita lihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms mengenai arti dari idiom back up pada gambar di bawah ini.

Arti Back Up

Kalau kita lihat pada gambar tersebut ada 4 arti dari idiom back up ini.

Arti yang pertama yaitu,
Move or drive a vehicle backward. (Menggerakkan atau mengemudikan kendaraan mundur.)
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
He told her to back up into the garage. (Dia memintanya untuk mundur kembali ke garasi.)
Arti yang kedua yaitu,
Bring or come to a standstill. (Membawa atau menyebabkan sampai ke kondisi tertentu.)
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
The water had backed up in the drains. (Air itu telah memenuhi saluran air.)
Contoh kalimat yang kedua yaitu,
The accident had backed up traffic for miles. (Kecelakaan itu telah menyebabkan kemacetan sampai beberapa mil.)

Arti yang ketiga yaitu,
Support or strengthen. (Mendukung atau menguatkan.)

 Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,

The photos were backed up with heavy cardboard so they couldn't be bent. (Foto-foto itu sudah dilapisi dengan potongan kertas yang keras sehingga foto-foto itu tidak bisa dibengkokkan.)
Lalu ada contoh kalimat yang kedua yaitu,
I’ll back up that statement of yours. (Saya akan mendukung pernyataanmu.)
Arti yang keempat yaitu,
Duplicate a file or program so that the original is not lost. (Membuat duplikasi dari berkas dokumen atau program sebagai cadangan kalau terjadi apa-apa.)
Lalu di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
Every computer manual warns you to back up your work frequently in case of a power outage or computer failure. (Setiap panduan penggunaan komputer mengingatkan kita untuk selalu membackup pekerjaan kita secara reguler untuk menjaga-jaga jika terjadi listrik padam atau kerusakan komputer.)
Jadi, kalau kita simpulkan, arti dari idiom back up ini ada 4 yaitu yang pertama adalah mundur ke belakang, yang kedua adalah menyebabkan sampai mandek, yang ketiga adalah menguatkan dan arti yang terakhir adalah membuat duplikat.

Back Up Di Adegan Film

Sekarang, mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana idiom back up ini diucapkan. Cuplikan adegan yang pertama ini, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). 

Arti dari back up di cuplikan adegan yang akan kita tonton ini adalah mundur ke belakang. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Lucinda: Hey, there's some rando behind you. (Eh, ada orang tuh di belakang loe.)

Bethany: Hi. (Hai.)

Ibu Guru: Hi. Bethany, did you just make a call during a quiz? (Hai. Bethany, kamu itu nelpon saat kita lagi quiz ya?)

Bethany: Yeah. But, I finished my quiz already. (Iya. Tapi saya sudah selesai kok mengerjakan quiznya.)

Ibu Guru: Oh, okay. Well, have you noticed that other people haven't? (Oh, oke kalau begitu. Tapi kamu ngeh ngga sih kalau ada orang yang belum selesai?)

Bethany: So? (Terus? Emang kenapa gitu?)

Ibu Guru: Oh, I'm sorry. Let me back up. You're aware there are other people in the world, right? (Oh, maaf, sepertinya kamu ngga ngerti. Saya mundur sedikit ke belakang ya. Kamu itu sadar kan bahwa ada orang lain selain kamu di dunia ini?)

Bethany: Look, um.. (Hmm, gini lho bu..)

Yang terjadi di cuplikan adegan di atas adalah si Bethany itu melakukan panggilan telpon saat sedang quiz di kelasnya, lalu kemudian gurunya mergokin dia lagi nelpon temannya dan kemudian ibu gurunya menjelaskan kalau mereka itu sedang quiz, tapi kemudian Bethany berkata kalau dia sudah selesai mengerjakan quiznya.

Lalu kemudian gurunya mencoba menjelaskan bahwa mungkin si Bethany sudah selesai tapi yang lain kan belum, dan setelah gurunya menjelaskan seperti itu lalu Bethany malah ngomong,
So? (Terus? Emang kenapa gitu?)
Dia kaya ngga nyadar sama sekali atau ngga ngerti sama sekali bahwa apa yang dia lakukan itu mengganggu orang lain, dan karena gurunya sadar bahwa si Bethany ternyata ngga ngeh, baru kemudian gurunya itu ngomong gini,
Let me back up.
Maksud si ibu guru dengan ngomong kata-kata ini adalah dia mau menjelaskan dari awal duduk perkaranya biar si Bethany mengerti bahwa apa yang dia lakukan dengan melakukan panggilan telepon saat sedang quiz di kelas itu merupakan hal yang salah, dan kemudian si ibu guru mulai menjelaskan dengan kata-kata yang kemudian Bethany bisa mengerti.

     Baca juga: Arti On Point

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari idiom back up ini, dan nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan idiom back up lagi, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini agar kalian bisa melihat lagi contoh-contoh yang lain di mana diucapkan kata back up agar kalian bisa lebih mengerti dan memahami.

Sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments