Skip to main content

Arti Make Ends Meet

Make ends meet artinya adalah,Kerja hanya untuk bisa makan.
Halo semuanya, apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari sebuah idiom Bahasa Inggris yaitu make ends meet, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom ini.
Baca juga: Arti Just Like That
Kalau begitu, mari langsung saja kita bahas idiom make ends meet ini. Oh iya, saya juga punya youtube channel. Support saya dengan subscribe di youtube channel saya dong dengan mengklik DI SINI ya. 

Arti Make Ends MeetKita coba terjemahin kata per kata dulu ya sebelum kita lihat artinya di kamus idiom make ends meet ini. [Make] itu artinya [membuat], sementara [ends meet] itu artinya bisa kita lihat pada hasil terjemahan dari Google Translate pada gambar di bawah ini.

Nah, jadi kalau kita satukan maka terjemahan dari make ends meet secara harfiah adalah,Membuat akhir pertemuan. Maksudnya apa ya? Bingung kan? Nah, memang kalau kita bertemu dengan yang namanya i…

Arti Slave Driver

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai arti dari idiom slave driver. Langsung saja yuk kita bahas.

Arti Idiom Slave Driver

Kalau kita melihat apa yang dijelaskan oleh Grammarist di website mereka menjelaskan arti dari idiom slave driver ini yaitu,
A slave driver is someone such as a manager, teacher or parent who forces others to work extremely hard. The term slave driver first appeared in the late 1700s to mean an overseer of slaves. The term later took on a figurative sense to mean someone who expects an unreasonable amount of effort and output from someone else. Though slave driver is not usually considered an offensive word, be careful in its use considering your audience and intention. Note that slave driver does not take a hyphen, unless it is used as an adjective before a noun.

Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Seseorang yang disebut dengan istilah slave driver adalah seseorang entah itu manajer, guru atau orang tua yang memaksa orang lain untuk bekerja sangat keras. Istilah slave driver ini pertama kali muncul pada akhir tahun 1700an yang artinya adalah pengawas budak. Istilah ini kemudian digunakan lebih ke makna kiasannya yaitu seseorang yang mengharapkan hasil dan kerja keras yang tidak masuk akal dari orang lain. Walaupun istilah slave driver ini bukan merupakan kata-kata penghinaan, hati-hatilah di dalam menujukan kalimat ini kepada seseorang dengan maksud tertentu. Frasa kata slave driver ini tidak dihubungkan dengan menggunakan tanda hubung misalnya menjadi slave-driver kecuali bila digunakan sebagai kata sifat yang ditempatkan sebelum kata benda.

Nah kurang lebih seperti itu arti dari slave driver dan berikut ini ada beberapa contoh kalimat yang menggunakan idiom slave driver ini. Contoh kalimat yang pertama misalnya,
He was a very kind person but could be a slave driver.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya,
Dia merupakan orang yang baik namun bisa juga menjadi orang yang sangat menuntut sekali.
Menuntut di sini saya gunakan untuk mengacu bila misalnya orang ini menjadi seorang guru maka dia akan menjadi guru yang sangat banyak sekali memberikan tugas ke murid-muridnya dan bisa sangat keras sekali di dalam mendidik murid-muridnya.

Kemudian contoh kalimat yang kedua,
As a pastor, I have seen where you try to correct somebody’s child and you are seen as a slave driver because the thing that you are correcting the child about is nothing in the eyes of the parent.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sebagai seorang pastur, saya pernah melihat di mana seseorang berusaha untuk mengoreksi kesalahan yang dilakukan oleh anak orang lain dan malahan orang tersebut terlihat seperti orang yang keras sekali karena hal tersebut tidak dianggap sebagai hal yang baik di mata orang tua dari anak tersebut.

Nah kurang lebih seperti itu arti dari idiom slave driver ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua and I'll see you again very soon. Bubye now.

Comments