Arti Help Each Other

Arti Big On

Hello everyone, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom Bahasa Inggris [big on], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan yang saya ambil dari film di mana diucapkan idiom [big on] ini.

Arti Big On

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu let's get started!

Arti Idiom Big On

Kita langsung saja yuk lihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms mengenai arti dari idiom ini pada gambar di bawah ini.

Penjelasan Big On

Di situ bisa kita lihat artinya yaitu,
Enthusiastic about.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Bersemangat mengenai sesuatu.

Di situ diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom ini yaitu,
Dad is big on Christmas with the whole family.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ayah sangat bersemangat sekali merayakan Natal bersama seluruh keluarga.

Selanjutnya, kita akan melihat contoh-contoh penggunaan dari idiom [big on] ini dari cuplikan adegan film, komik atau apa pun itu yang diucapkan oleh para native English speakers.

Contoh Penggunaan Big On

Di bagian ini, saya akan memberikan contoh-contoh nyata dari penggunaan idiom [big on] dari adegan film yang saya temukan misalnya, atau misalnya saya menemukan idiom ini diucapkan di komik atau di buku atau yang lainnya sehingga kalian bisa melihat sendiri bagaimana idiom ini digunakan dan di situasi yang seperti apa sehingga nantinya kalian bisa menggunakan idiom [big on] ini dengan tepat.

Cuplikan adegan yang pertama, saya temukan di film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Kita langsung saja yuk tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Fridge: Hey, yo, Staples, come on. It's your turn. (Hei, yo, manusia cekrekan, ayo. Sekarang giliran loe nih.)

Martha: Uh, no. No, thanks. (Em, ngga. Kayanya gue ngga ikutan deh.)

Spencer: Wait. Just for a few minutes? It'll be fun. (Cuma buat beberapa menit aja? Ini bakalan seru lho.)

Bethany: She's not big on fun. (Dia ngga suka yang seru-seru.)

Martha: Okay. Fine. (Oke deh kalau gitu.)

Ceritanya itu mereka berempat lagi dihukum sama Kepala Sekolah mereka dan mereka diharuskan untuk membereskan ruangan itu, tapi akhirnya mereka malah main game karena si Fridge tiba-tiba nemuin konsol game itu dan dia penasaran. Akhirnya semuanya jadi nyobain game itu.

Cuma si Martha aja yang ngga terlalu tertarik untuk ikutan main game itu, dia lebih milih untuk ngerjain hukuman itu. Tapi kemudian si Spencer ngajakin dia untuk ikutan main dan si Bethany kaya ngejek gitu.
She's not big on fun.
Yang kalau diterjemahkan secara kata-kata di sini terjemahannya yaitu,
Dia tidak besar untuk hal yang menyenangkan.
Yang kemudian saya terjemahkan seperti terjemahan saya di atas, atau kita bisa juga terjemahkan sebagai berikut.
Dia tidak terlalu menyukai hal-hal yang menyenangkan.
Kalau kalian suka dengan terjemahan yang lebih formal, kalau saya sendiri karena melihat situasinya juga tidaklah formal maka saya lebih menerjemahkannya sebagai obrolan sesama teman saja.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari idiom big on ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan idiom big on ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments