Arti Help Each Other

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Halo teman-teman, what's going on? Kali ini saya mau sharing apa yang disharingkan oleh English With Lucy, kebetulan saya tonton dan ini bagus sehingga saya pikir saya coba tulis menjadi sebuah artikel aja.

Kebetulan sudah ada yang memberikan terjemahan bahasa Indonesia di video yang akan saya embedkan di bawah ini. Jadi teman-teman langsung saja klik di bagian CC lalu pilih "Indonesian" sehingga teman-teman akan bisa mengerti apa yang diucapkan oleh Lucy.


Lalu di bagian bawah ini adalah terjemahan versi saya ya. Jadi saya menerjemahkan sendiri, lebih ke saya tonton kemudian saya simpulkan sendiri sih. Jadi bukan terjemahan kata per kata tapi lebih ke rangkuman dari hasil menonton videonya Lucy.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Oh iya ini saya buatkan screenshot buat kalian yang bingung cara mengaktifkan CC subtitle bahasa Indonesianya ya. Tinggal teman-teman lihat saja pada gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Subtitle Bahasa Indonesia


5 Hal Yang Perlu Kita Latih Setiap Hari

Nah Lucy menyarankan di video tersebut agar kita melatih 5 hal setiap hari kalau kita memang ingin meningkat bahasa Inggrisnya. Karena memang yang namanya bahasa itu merupakan sebuah keterampilan dan yang namanya keterampilan itu hanya bisa ditingkatkan dengan kita berlatih setiap harinya.

Nah di sini Lucy menyarankan 5 hal yang perlu kita latih setiap harinya. Apa saja sih?

1. Dengar dan Simak Audio Dari Soap-Opera Setiap Hari

Yang pertama yang Lucy sarankan adalah menyimak dan mendengarkan audio dari soap opera. Mungkin kalian pada bertanya apa sih soap opera itu? Soap opera atau kalau kita di bahasa Indonesianya padanan katanya adalah opera sabun. Opera sabun adalah film serial yang ditayangkan di TV yang biasanya topiknya menyangkut kehidupan sehari-hari dan juga pemerannya berkisar ke orang yang itu-itu saja. Kalau di Inggris ada beberapa opera sabun yang terkenal misalnya Eastenders, Coronation Street, Emmerdale.

Tapi yang Lucy sarankan untuk kalian ikuti dan simak adalah audionya saja dan bukan dalam bentuk video. Yang saya rekomendasikan adalah mendengarkan audionya di radio yang disiarkan oleh BBC 4, serial dari opera sabun ini judulnya adalah The Archers atau sang pemanah.

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Serial The Archers ini menurut Lucy istimewa karena beberapa hal. Pertama karena ini merupakan drama tertua dalam sejarah. Drama ini mulai ada pada tahun 1950, kemudian mulai mengudara pada tahun 1951 dan menurut Lucy serial The Archers ini sangat bagus buat orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Topiknya adalah seputar kehidupan sehari-hari dari karakter yang ada yang memang sengaja dibuat di sebuah daerah pedesaan Ambridge. Ambridge ini juga adalah sebuah nama yang fiksi atau ngga ada aslinya di kehidupan nyata desa Ambridge ini.

Setiap episodenya sekitar 12 hingga 14 menit, pastinya ngga tahu tapi yang jelas di bawah 15 menit serial ini. Dan serial ini menggunakan bahasa Inggris yang cukup jelas buat para pembelajar bahasa Inggris dan di serial ini kalian akan mendengar beberapa aksen yang terdapat di dalam British English dan juga kadang ada aksen yang bukan aksen British.

Serial ini bagus karena kesimpulan dari serial ini kita bisa melihatnya di websitenya BBC. Dan yang bagus dari serial ini karena topiknya adalah seputar kehidupan sehari-hari, peristiwa saat ini, hal-hal rutin setiap harinya. Juga karena ini direkam kita bisa dengarkan episode yang kita belum pernah dengarkan. Serial ini setiap hari kecuali hari Sabtu mereka libur. Dan biasanya satu minggu sekali mereka menyatukan episode-episode dalam 1 minggu itu menjadi satu episode yang mereka sebut dengan omnibus yang kurang lebih durasinya adalah sekitar 75 menit.

Serial ini jadi ngga ada awal dan juga ngga akhirnya, jadi ngga ada kaya season gitu. Kalau di film kan biasanya ada Season 1 sampai Season berapa gitu kan ya? Nah di serial The Archers ini ngga ada seasonnya.

Saran dari Lucy adalah coba dengarkan 5 atau 6 episode untuk kita terbiasa dengan para pemeran yang ada di sana. Serial ini bagusnya adalah gratis dan juga banyak juga yang menyukai serial ini, jadi banyak fansnya. Dan kalau kalian coba tuliskan #TheArchers di twitter kalian akan menemukan banyak orang yang ngobrolin serial ini, jadi kalian bisa tuh nanti nimbrung ngobrol dengan mereka.

Jadi dengan mendengarkan ini setiap hari selama 10 sampai dengan 15 menit akan membantu meningkatkan kemampuan listening kita, juga kemampuan pronunciation kita. Dan juga ini menyenangkan untuk kita dengarkan, jadi kalian ngga akan bosan dengarinnya.

2. Ngobrol Dengan Orang Bule Setiap Hari

Mungkin banyak dari kalian yang berpikir, "Gue sih pingin ngobrol sama orang bule setiap hari, tapi bagaimana mungkin?" Lucy menyarankan dua hal, yang satu gratis dan yang satunya lagi berbayar.

Yang pertama kalian bisa menggunakan Italki. Dengan Italki itu kita bisa mempelajari bahasa, ngga cuma bahasa Inggris aja lho, ada lebih dari 100 bahasa yang bisa kalian pelajari. Kalian bisa belajar 24 jam setiap harinya kalau kalian mau, 7 hari seminggu, jadi kalian bisa memilih waktu dan hari dimana kalian bisa belajar. Kalian bisa belajar darimana saja selama kalian memiliki jaringan internet yang stabil.

Memang kalau kita membayar guru dimana kita bisa ngobrol setiap hari dengan guru bule kita merupakan hal yang sangat bagus sekali namun itu bukanlah pilihan untuk semua orang tentunya. Dengan Italki kalian juga bisa mencari orang yang lagi mempelajari bahasa native kalian dan kalian bisa tukeran belajar, jadi kalian bisa sama-sama saling belajar tentunya. Tinggal kalian saling berhubungan saja dan tentukan waktunya kapan dan bagaimananya.

3. Buat Target Harian Untuk Kata Yang Akan Kalian Pelajari Setiap Harinya

Jadi kalian putuskan kalian akan mempelajari berapa kata nih setiap harinya. Setidaknya kalian perlu mempelajari satu kata baru setiap harinya namun kalau bisa lebih dari satu sih lebih baik tentunya. Lucy pernah bilang kalau kita perlu juga punya diary atau catatan bisa di buku tulis atau di hape dimana kita mencatat kata-kata baru yang baru saja kita pelajari biar kita ngga lupa. Catatan itu bawa setiap hari dengan kita sehingga kita bisa benar-benar menghafalnya.

Hal ini akan membuat otak kita akan terus terpacu untuk mempelajari bahasa Inggris. Setelah beberapa minggu kalian melakukan hal seperti ini kalian tentu akan terus mencari kata-kata baru tanpa kalian sadari lho.

4. Tulis Diary Setiap Hari Namun Berbeda-beda Isinya 

Setiap harinya coba tulis sekitar 3 atau 4 kalimat mengenai apa yang kalian lakukan pada hari tersebut, coba untuk menggabung-gabungkan kata bahasa Inggris yang sudah kalian ketahui ke dalam bentuk kalimat di diary kalian tersebut.

Dengan cara begini, kalian tidak hanya mempelajari kata-kata baru saja tapi kalian juga mempraktekkannya ke dalam bentuk kalimat sehingga hal ini akan lebih bisa masuk dengan lebih baik ke otak kalian. Dan membuat diary sebelum kalian tidur itu akan membuat kalian ngga gampang lupa lho. Kemudian saat kalian bangun keesokan harinya kalian bisa baca lagi apa yang kalian tulis saat kalian sebelum tidur sehingga itu akan membuat ingatan kalian menjadi fresh lagi.

Kalau kalian lakukan hal ini, ini akan meningkatkan kosakata kalian, juga akan meningkatkan kemampuan kalian di dalam menulis dengan menggunakan bahasa Inggris, juga akan meningkatkan kemampuan membaca kalian. Kalau kalian mencari tahu gimana cara melafalkan dari apa yang kalian tulis tersebut juga hal itu akan bisa meningkatkan kemampuan pronunciation dan listening kalian.

Dan kalau kalian mempunyai seorang guru, kalian bisa bertanya kepada guru kalian untuk melihat ke apa yang sudah kalian tulis tersebut. Minta kepada guru kalian untuk membenarkan apa yang sudah kalian tulis sehingga kalian tahu mana yang salahnya dan tahu mana yang benarnya.

Setiap minggu kalian bisa menunjukkan 2 halaman kepada guru kalian untuk guru kalian koreksi. Kalau kalian lakukan ini setiap hari akan sangat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian.

5. Coba Setiap Hari Menerjemahkan Sesuatu Hal

Tentunya hal yang kalian terjemahkan itu adalah hal yang kalian sukai. Dan ini menurut saya benar, karena saya juga memulai dengan mencoba menerjemahkan video-video drum berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Itu saya lakukan setiap hari dan setelah berjalan sekitar 6 bulan saya merasakan banyak hal yang meningkat. Jadi cara ini bisa teman-teman terapkan juga tentunya.

Dengan menerjemahkan kita bisa tahu bagaimana sesuatu tersebut dikatakan di dalam bahasa Inggris lalu kemudian kita bisa bandingkan, "Kalau di bahasa Indonesia kalimat ini biasanya orang Indonesia ngomongnya gimana ya?" Dan dengan melakukan hal yang seperti itu kalian bisa akan melihat perbedaan cara berpikir antara orang Inggris dengan orang Indonesia dan menurut saya hal itu seru. Jadi nantinya kita tidak akan memaksakan mengartikan kata berdasarkan arti kata tersebut yang kalau dibaca orang akhirnya terkesan kaku sekali.

Dan kalian kalau menurut Lucy bisa memulai membuat terjemahan ini di youtube. Kalian bisa pilih youtuber yang kalian sukai siapa, tentunya dengan topik yang juga kalian sukai dan kemudian kalian mulai belajar menerjemahkan video-video mereka. Dan sekarang itu kalian juga bisa berkontribusi memberikan terjemahan kalian tersebut kepada para youtuber tersebut dan itu akan membantu youtube kalian agar bisa lebih dikenal lagi di negara kalian dan juga ini akan sangat membantu kalian di dalam belajar bahasa Inggris.

Hal ini juga merupakan latihan membaca juga lho, karena ketika kita menerjemahkan kan kita membaca apalagi kalau videonya sudah ada CC yang mereka buat, jadi kita akan lebih mudah lagi tentunya.

Comments