Skip to main content

Mengenal Connected Speech

Hi everyone, how are you doin'? Kali ini kita akan mengenal connected speech. Kalau kita berbicara mengenai connected speech ini ada hubungannya dengan masalah pronunciation. Kita akan membahas apa sih connected speech itu dan apa pengaruhnya di dalam pronunciation.

Kebetulan ada video yang bagus sekali dari channel youtubenya Papa Teach yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia di video tersebut. Video tersebut akan saya embedkan di sini dan kalau teman-teman menonton, silakan dinyalakan subtitlenya dan pilih subtitle bahasa Indonesia seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini.


Dipilih Indonesian di situ dan kebetulan yang membuat subtitle untuk video ini saya sendiri. Videonya akan saya embedkan di bawah ini dan selamat menyimak dan belajar. Di bagian bawah saya akan sedikit menjelaskan apa yang disampaikan oleh si Papa Teach Me ini.

OK, silakan teman-teman tonton videonya di bawah ini,


OK, kalau begitu kita bahas yuk apa yang dijelaskan oleh Papa Teach Me di …

Arti Nimbyism

NIMBY itu ternyata merupakan sebuah singkatan dan ism itu adalah sebuah pandangan. Nah kata nimbyism ini kebetulan saya temukan di saat saya lagi belajar listening bahasa Inggris dengan menuliskan kata-kata yang saya dengar yang ada di salah satu youtube video yang sudah ada subtitle bahasa Inggrisnya yang kemudian setelah saya tuliskan saya cek ulang apakah yang saya tuliskan itu benar atau tidak dengan caption yang ada di video tersebut.

Ini saya screenshotkan ya bagian dari video tersebut yang ada kata nimbyismnya.

Arti Nimbyism

Kalau teman-teman mau ikutan nonton videonya, sekalian saya embedkan di bawah ini ya. Ditonton di menit 11:28 dimana ada kata nimbyism diucapkan.


Kalau begitu mari kita bahas yuk arti dari nimbyism.

Singkatan Dari NIMBY

Saya jujur juga baru tahu dengan kosakata nimbyism ini. Kalau saya tidak nonton video ini pasti saya tidak tahu. Saya pun kemudian browsing dan menemukan singkatan dari NIMBY ini dan ternyata di adegan selanjutnya juga dia mengucapkan singkatan dari NIMBY yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Singkatan Dari NIMBY

Singkatan dari NIMBY yaitu,
Not In My Backyard.
Yang kalau diterjemahkan artinya yaitu,
Tidak di halaman belakang rumah saya.

Jadi kalau ada ism-nya di belakangnya berarti ini adalah sebuah pandangan yang menganut paham "tidak di halaman belakang rumah saya". Nah bingung ya? Sama! Saya juga bingung!

Tapi setelah saya browsing-browsing dan mencari jawabannya saya menemukannya jawaban yang bagus di website Lifewire dimana di website itu menjelaskan apa itu singkatan NIMBY dan apa sih sebenarnya NIMBY itu.

Arti NIMBY

Di website tersebut saya coba terjemahkan sedikit yang ada di website tersebut ya. Di situ dijelaskan NIMBY adalah,
Istilah ini menggambarkan orang-orang yang dengan keras menentang usulan dari pembangunan bangunan yang direncanakan oleh pemerintah karena alasan yang egois atau sombong. Para orang-orang yang menganut paham NIMBY atau disebut juga dengan istilah nimbies menyadari bahwa pembangunan bangunan atau wilayah tersebut memiliki manfaat bagi masyarakat luas namun mereka tidak mau membuka lingkungan mereka untuk menjadi bagian dari rencana tersebut. 
Contoh dari fenomene NIMBY yaitu menentang dibangunnya penjara baru atau rumah rehabilitasi ini lingkungan rumah mereka. Walaupun kalau misalnya pusat rehabilitasi atau penjara tersebut dibangun di tempat lain kemungkinan besar mereka akan mendukung tetapi karena ini dibangunnya di sekitar lingkungan mereka, maka mereka menolak dengan keras.
Jadi secara gampangnya nih NIMBY kan artinya "ngga di halaman belakang rumah saya", jadi kalau untuk situasi misalnya di Indonesia misalnya pemerintah merencanakan untuk membangun sebuah stasiun kereta api dimana nanti akan terletak di dekat rumah mereka dan akibatnya mereka juga akan terkena imbasnya misalnya ada wilayah rumah mereka yang akan dibeli oleh pemerintah untuk pembangunan stasiun kereta tersebut nah mereka TIDAK BERSEDIA tuh wilayahnya dijadikan bagian atau menjadi korban dari pembangunan stasiun kereta api tersebut.

Jadi NIMBYismnya merupakan pandangannya sementara nimbies merupakan orang-orangnya dan NIMBY adalah singkatan dari "not in my backyard". Kaya pernyataan yang kalau orang Indonesia bakalan ngomong mungkin seperti ini,
Jangan di wilayah rumah gue dong!
Jadi kaya ya silakan aja bangun tapi ya jangan di wilayah rumah gue dong! Di tempat lain ngga papa silakan aja, pandangan yang seperti itu karena dengan dibangun misalnya contohnya stasiun tadi atau misalnya jalan layang, yang tadinya mereka gampang keluar dari rumah mereka ini jadi kehalang misalnya sama jalan layang tersebut sehingga mereka harus memutar cukup jauh karena pembangunan seperti ini.

Penjelasan NIMBYISM Menurut Kamus Collins

Kalau kita lihat di kamus Collins, di situ dijelaskan arti NIMBYism ini yaitu,
The practice of objecting to something that will affect one or take place in one's locality.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Suatu kegiatan menentang sesuatu yang akan mempengaruhi dirinya atau akan mengambil tempat di daerah orang tersebut.

Nah kurang lebih seperti itu.

Video Mengenai NIMBY

Saya menemukan video yang menjelaskan mengenai apa itu NIMBY. Kita tonton aja yuk dibawah ini, saya embedkan videonya ya.


Di video tersebut NIMBY itu dijelaskan di menit 01:10 sebagai,
NIMBY is the predictable psychological resistance to changing pretty much anything.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
NIMBY merupakan penentangan secara psikologis terhadap perubahan untuk apa pun.

Di artikel Wikipedia ini juga teman-teman akan menemukan penjelasan mengenai apa itu NIMBY.

Kalau saya di sini karena blog ini merupakan pembahasan mengenai bahasa, melihat dari segi bahasa, pembahasan mengenai arti nimbyism itu saya rasa cukup sampai di sini ya. Semoga sharing dari saya bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi. Bubye now.

Update Tanggal 29 Maret 2019
Saya menemukan artikel dari Fox News yang kebetulan judulnya mengenai NIMBY. Bisa dibaca DI SINI untuk artikelnya.

Comments

Popular posts from this blog

Arti Badass

Hello guys, meet me again Iman. Today I'm gonna be talking about the meaning of "badass". Halo teman-teman ketemu lagi dengan saya, kali ini kita akan membahas mengenai arti badass. Tentunya teman-teman pernah atau sering mendengar istilah ini, mungkin di film atau di video yang lagi teman-teman tonton di youtube. Dan kebetulan tadi saya saat lagi nonton video drum dia ngomong kata "badass", saya skrinsutkan ya di bawah ini.


Nah kemudian saya mulai browsing untuk mencari dari beberapa sumber di internet mengenai arti badass ini dan juga maksudnya apa sih kata "badass" ini.

Arti Badass Kata badass ini kalau diartikan satu per satu, karena ini sebenarnya ada dua kata yaitu bad dan ass. Bad itu artinya jelek atau buruk dan ass itu artinya pantat. Jadi "badass" artinya pantat yang jelek dong?? Nah ada banyak kata di dalam bahasa Inggris yang kita tidak mengartikannya dengan menerjemahkan kata per kata seperti itu karena bisa jadi artinya amat sa…

Perbedaan Good Night Dengan Good Nite

Halo teman-teman semuanya para English Learners, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa, nah pada sharing saya kali ini saya mau sharing mengenai perbedaan good night dengan good nite.

Ada beberapa teman-teman yang bertanya-tanya apa sih bedanya? Atau sama aja? Nah makanya saya mau membahasnya di tulisan ini.

Wajar sih kalau pertanyaan itu muncul karena bahasa Inggris itu kan bukan bahasa pertama kita tho? Wong bahasa pertama kita aja bahasa Indonesia masih banyak yang salah dalam menggunakannya, contohnya saya. Hihihi, berapa dari kalian yang kalau bertanya waktu itu menggunakan kata jam, saya beri contoh, "Sekarang jam berapa?"

Hayoo.. berapa dari teman-teman yang kalau bertanya seperti itu? Dan bukannya bertanya dengan kalimat seperti ini, "Sekarang pukul berapa?". Saya yakin sangat sedikit sekali yang bertanya menggunakan pertanyaan, "Sekarang pukul berapa?", kebanyakan pasti bertanyanya, "Sekarang jam berapa?".

Padahal yang benar itu ternyata…

Arti I Miss You So Bad

Hello everybody, how's it goin'? Apa kabar teman-teman? Kali ini kita akan belajar arti I miss you so bad. Di tulisan yang sebelumnya kita sudah membahas mengenai arti I miss you, nah sekarang cuma ada tambahan "so bad" di belakangnya aja. Apa ya artinya? Mari kita bahas.

Arti I Miss You So Bad Kemarin kita sudah belajar kalau arti dari I miss you adalah
Saya rindu kamu. Nah kalau ditambahkan "so bad" di belakangnya artinya maka akan menjadi.
Saya rindu kamu banget! Nah itu saya tambahkan tanda seru (!) untuk menekankan bahwa artinya menjadi amat sangat banget abis deh. Gitu kira-kiranya.. Atau kalau kita di bahasa Indonesia itu suka ngomongnya, "Gue itu kangen loe banget tahu ngga sih!" atau "Aku itu kangen kamu banget lho!"

Tapi hati-hati ya bahwa "so bad" itu bisa berarti lain kalau bentuk kalimatnya juga lain, karena bahasa Inggris itu sering banget seperti itu. Saya beri satu kalimat contoh ya, misalnya pada contoh kalimat i…