Arti Help Each Other

Arti Screw Over

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Di artikel ini kita akan membahas mengenai arti dari frasa kata [screw over] dan nanti di bagian bawah, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana frasa kata [screw over] ini diucapkan oleh native English speakers.

Arti Screw Over

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [screw over] ini.

Arti Screw Over Menurut Kamus

Screw over kalau menurut kamus MacMillan merupakan sebuah phrasal verb. Apa itu phrasal verb? Phrasal verb adalah gabungan antara verb dan preposisi yang ketika mereka bergabung mempunyai arti yang lain dengan jika mereka diartikan sendiri-sendiri.

     Baca juga: Arti Positive Light

Di kamus MacMillan itu dinyatakan arti dari screw over yaitu,
To deliberately put someone in an unfavorable situation.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dengan sengaja menempatkan seseorang berada di posisi yang tidak menguntungkan.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
I decided to screw him over by stealing his test and changing all the answers.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya memutuskan untuk ngerjain dia dengan mencuri tesnya dia lalu merubah semua jawabannya.

Lalu kalau kita melihat ke kamus Free Dictionary, di situ screw over masuk ke dalam kategori idiom. Dan di kamus Free Dictionary disebutkan arti dari idiom screw over ini sebagai berikut,
To con, swindle, cheat, or unfairly deprive one; to put someone at a disadvantage or in a difficult position, especially in an unfair or selfish manner. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Menipu atau mencurangi seseorang dengan cara yang tidak adil; menempatkan seseorang ke dalam suatu posisi yang sulit atau posisi yang tidak menguntungkan, khususnya dengan cara yang curang.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
You should have won that game, but the referee really screwed you over!
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kamu seharusnya bisa menang di pertandingan itu, tapi wasitnya mencurangi kamu!

Selanjutnya kita akan melihat contoh-contoh dari adegan film di mana frasa kata [screw over] ini diucapkan.

Idiom Screw Over Dalam Adegan Film

Contoh yang pertama saya ambil dari film Ugly Betty. Yuk mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di dalam cuplikan adegan film Ugly Betty di atas yaitu,
Amanda: What is this? (Ini apaan?) 
Marc: In the next few days, something big is going to happen at Mode, and when it does, Wilhelmina is going to be in charge. And when she is, these are the people who are staying and these are the people who get the Jimmy Choo. (Dalam beberapa hari ke depan, ada hal besar yang akan terjadi di Mode ini, dan kalau hal tersebut terjadi, Wilhelmina yang akan memimpin majalah ini. Dan kalau dia yang memimpin, orang-orang ini adalah orang-orang yang akan tetap di sini dan orang-orang yang ini adalah orang-orang yang akan mendapatkan Jimmy Choo (*istilah di film ini untuk seseorang yang dipecat. Jimmy Choo adalah merek sepatu dari desainer terkenal dan sepatu ini diberikan untuk orang-orang yang dipecat di film ini) 
Amanda: The what? (Ha? Apaan?) 
Marc: The boot. (Sepatu.) 
Amanda: What? (Apa?) 
Marc: Gone. (Hilang deh.) 
Amanda: Huh? (Ha?) 
Marc: Later skater. (Dadah.) 
Amanda: I'm on the out list. I've never been out. (Aku ada di daftar yang akan dipecat. Aku ngga pernah seumur-umur dikeluarin!) 
Marc: That's what I'm saying. You have to screw over Daniel in order to stay. (Nah makanya. Kamu itu harus ngerjain si Daniel biar kamu tetap di sini.) 
Amanda: I can't do that. Daniel gave me this opportunity. (Wah aku ngga bisa. Daniel udah memberikan aku kesempatan ini.)
Jadi ceritanya itu akan terjadi pemecatan atas orang-orang tertentu bila nanti si Wilhelmina memimpin majalah Mode dan si Marc memberitahukan ke Amanda agar dia screw over (ngerjain) Daniel agar dia tetap bisa ada di majalah Mode dan tidak dipecat.

Nah saya rasa sekian dulu ya sharing dari saya mengenai idiom atau phrasal verb screw over ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua and I'll see you again very soon. Bubye everyone.

Comments