Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Belajar Bahasa Inggris Darimana Dulu?

Belajar Bahasa Inggris darimana dulu sih? Itu mungkin merupakan pertanyaan dari kalian yang lagi ingin belajar bahasa Inggris.

Jawaban dari pertanyaan ini adalah kita perlu tahu dulu level kita ada dimana. Beda level tentunya beda juga apa yang harus kita latih. Apakah kita ada di level beginner? Intermediate? Advanced? Kita perlu tahu terlebih dahulu. Gimana cara mengetahuinya?

Tapi mungkin kalian akan menyanggah, "Tapi kalau mulai itu bukannya dari pemula banget ya atau bahasa Inggrisnya beginner?". Bisa jadi tapi masalahnya adalah banyak yang merasa dirinya beginner tapi sebenarnya ngga pemula-pemula amat.

Itulah mengapa penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu kita berada di level mana. Gimana cara mengetahui kita ada di level mana?

Nah ini kebetulan ada video dari Engvid yang membahas mengenai hal ini dan kebetulan saya dari kemarin, selama beberapa hari sudah berusaha untuk menerjemahkan video ini dan memberikan subtitle bahasa Indonesia.

Jadi buat teman-teman yang nonton video yang akan saya embedkan di bawah ini dan tidak mengerti berarti teman-teman levelnya ada di level beginner. Tapi kalau teman-teman sudah bisa memahami sedikit apa yang dia bicarakan tanpa melihat terjemahannya, mungkin teman-teman berada di level intermediate.

Saya baru saja mengupload terjemahan saya ke sana dan semoga bisa segera diapprove sama mereka sehingga teman-teman yang ketika mencoba nonton video ini ngga ngerti bisa terbantu dengan adanya terjemahan bahasa Indonesia dari saya.

Ini saya screenshotkan ya kalau saya sudah upload file .srt hasil terjemahan saya untuk video yang nanti di bawah saya embedkan videonya.

Belajar Bahasa Inggris Darimana Dulu?

Semoga diapprovenya tidak lama ya sehingga teman-teman bisa langsung ikutan belajar. Untuk videonya teman-teman bisa tonton langsung di youtube aja, silakan KLIK DI SINI.

Dan di bagian bawah saya rangkumkan ya apa yang dia sharingkan di video tersebut.

Kita Perlu Tahu Ada Dimana Level Kita

Nah yang pertama itu kan kita perlu mengetahui terlebih dahulu kita itu ada dimana sih level bahasa Inggris kita yang sekarang. Tapi bagaimana cara mengetahuinya? James menjelaskan kalau kalian memang nol banget, maksudnya nol itu kalau teman-teman nonton videonya dia dan sama sekali ngga ngerti dia ngomong apaan, berarti teman-teman termasuk berada di level beginner.

Latihan Untuk Level Beginner

Kata James di video tersebut kalau kalian levelnya masih beginner, yang perlu kalian lakukan adalah banyak-banyak menghafal kosakata. 

Lalu gimana dengan grammar? Untuk di level ini kalau kata James, lupakan dulu grammar! Jangan masuk ke grammar dulu karena kita masih nol banget. Coba saja dulu menghafal banyak kosakata-kosakata dasar yang sehari-hari kita gunakan.

Misalnya bahasa Inggrisnya tidur = sleep, bahasa Inggrisnya makan = eat. Nih kebetulan saya sudah pernah membuat artikel mengenai kosakata sehari-hari dan di situ saya berikan link dimana teman-teman bisa belajar mengenai kosakata sehari-hari terlebih dahulu.

     Baca juga: Kosakata Bahasa Inggris Kegiatan Sehari-hari

Dibaca dulu ya artikelnya. Lalu saya juga membuat video-video dimana saya memberikan terjemahan untuk audio bahasa Inggris yang bisa kalian dengarkan dan kemudian pelajari kosakatanya. Ini saya embedkan salah satu contoh videonya ya.


Memang belum terlalu banyak sih tapi doakan saja ke depannya saya bisa membuat yang model seperti ini lebih banyak lagi agar kalian bisa belajar dengan mudah.

Kalau menurut James ada 3 cara kita bisa menghafal kosakata bahasa Inggris kita yaitu:

  1. Bermain game
    Kalau teman-teman suka bermain game, maka ini bisa menjadi satu hal yang bisa mulai teman-teman perlahan-lahan mempelajari kosakata-kosakata bahasa Inggris.
  2. Dengar musik
    Satu yang bagus dari mendengarkan musik adalah bahwa musik itu kita dengarnya kan berulang-ulang tho? Kalian ngga mendengar satu lagu terus ganti kan? Ngga kaya film kan? Ada yang dengar lagu cuma satu kali saja seumur hidup? Atau 3 kali doang seumur hidup? Ngga tho? Bisa jadi kalian dengarin satu harian itu satu lagu. Nah tanpa terasa itu akan membuat kalian hafal dengan kata-kata yang ada di musik tersebut. Dan mulailah kalian coba buka kamus dan cari tahu artinya apa. Dengan begitu kalian akan mulai menghafal kosakata dengan cara yang kalian sukai dan tentunya akan jauh lebih hafal karena lagunya kan kalian suka tho? Jadi setidak-tidaknya kalian pasti penasaran ini lagu bercerita tentang apaan sih?
  3. Nonton film
    Kalau menurut James ini juga bisa jadi salah satu cara. Dengan nonton film, mungkin ada beberapa kata yang akan nempel di ingatan kalian dan kemudian kalian penasaran artinya apa. Kata-kata itu mungkin di satu film tersebut termasuk sering diucapkan, sehingga kalian akan ingat dan karena kalian nonton filmnya yang ada subtitle bahasa Indonesianya maka kalian akan mulai nambah tuh kosakata kalian. Mungkin tidak banyak tapi lumayan kan kosakata kalian jadi bertambah?


Latihan Untuk Level Intermediate

Nah di level intermediate inilah titik dimana kalian mulai mempelajari grammar, jadi bukan di level beginner. Mabok yang ada ntar kalian kalau di level beginner sudah belajar grammar.

Mulailah mempelajari grammar dan mulai gunakan kosakata-kosakata yang teman-teman sudah hafalkan di level beginner.

Kalau kata James grammar itu dia ibaratkan seperti kerangka di tubuh kita, yang menyatukan semua bagian tubuh kita. Kalau kita tidak mempunyai kerangka kita tidak akan bisa berdiri kan? Jadi itulah fungsinya grammar, menyatukan semuanya dan membuatnya menjadi sebuah kalimat yang bisa dimengerti sehingga ketika kita berbicara, pembicaraan kita juga bisa dimengerti oleh orang bule.

Di sini kalian mulai belajar membuat kalimat dengan cara merangkaikan kata-kata yang sudah kalian ketahui dan cobalah membuat kalimat. Banyak-banyak latihan merangkaikan kosakata yang kalian tahu menjadi sebuah kalimat yang bisa dimengerti.

Latihan Untuk Level Advanced

Di level advanced ini latihan yang perlu dilakukan adalah banyak membaca dan menulis. Lho? Ini kalau menurut James membaca itu perlu untuk kita bisa mengerti cara berpikir orang bule sehingga nantinya penggunaan kata kita tidak terdengar aneh oleh mereka.

Contohnya seperti masalah Thanks God. Kita di Indonesia sering kan ngomong thanks God, dan bahkan di youtube ada bule bernama Sacha Stevenson yang membuat video mengenai hal ini. Menurut dia itu SALAH! Dan yang benar itu adalah Thank God ngga pake "s" ya!

Tapi sebenarnya kalau secara grammar, penyebutan Thanks God itu ngga salah! Cuma aneh buat orang bule! Kenapa aneh? Karena mereka ngga biasa ngomong seperti itu. Saya membuat artikel mengenai Thanks God atau Thank God di blog saya.

     Baca juga: Thanks God atau Thank God Yang Benar?

Dan juga ada lagi yaitu "have a nice dream". Ini merupakan kata-kata yang secara grammar ngga salah, tapi orang bule ngga pernah ngucapin. Nah lho! Untuk detail mengenai hal ini teman-teman bisa baca di artikel saya aja, di situ saya jelaskan mengenai hal ini.

     Baca juga: Arti Have a Nice Dream

Nah jadi mengapa kita perlu membaca? Kalau kata James untuk masalah-masalah yang seperti ini. Kita mulai belajar memahami cara berpikirnya orang bule sehingga ketika kita membuat kalimat kita bisa menggunakan pilihan kata seperti yang biasa digunakan oleh orang bule. Karena kalau tidak walau grammar kita betul, kalimat kita akan terasa aneh di telinga orang-orang bule tersebut. Kenapa? Karena mereka ngga pernah menggunakan pilihan kata tersebut.

Dengan banyak membaca kalau kata James kita jadi belajar cara berpikir yang logis. Di level advanced ini kita membicarakan mengenai Sintaksis. Bagaimana kata-kata saling berhubungan, bagaimana sesuatu itu mengalir, bagaimana cara seseorang berpikir. Setiap bahasa berbeda dan sintaksisnya juga berbeda.

Ini akan membuat kita berpikir seperti para native speakers. Kita perlu meletakkan kata-katanya, bahkan membuat kalimat-kalimat dalam gaya yang bisa orang-orang bule pahami.

Membaca juga memberikan kita waktu untuk memikirkan mengenai bahasanya sehingga hal itu membuat kita berpikir mengenai cara menyampaikannya kepada orang bule. Banyak orang yang melewatkan hal ini karena mereka ingin bisa berbicara dan tidak menyadari bahwa ini merupakan bagian yang sangat penting.

Membaca itu memberikan pemahaman kepada kita mengenai bagaimana cara orang bule berpikir.

Cara Melatih Pronunciation

Nah seperti itu kira-kira teman-teman tahapan dalam belajar bahasa Inggris. Lalu kalau saya ingin melatih pronunciation saya agar kalau saya ngomong ngga ketara dari Indonesia gimana? Saya ingin ketika saya ngomong itu orang ngga bakalan nebak saya itu berasal dari Indonesia.

Sebenarnya kalau masalah ini dari penampilan kita juga orang akan langsung tahu sih kita berasal dari negara Asia. Tapi memang menjadi nilai tambah kalauu pronunciation kita juga bagus dan orang bule akan menjadi lebih respek dengan kita ketika mereka berbicara dengan kita dan juga mereka akan lebih mudah untuk memahami kita ketika kita berbicara.

Mereka ngga bingung sesaat dan mencoba mikir, "Dia ngomong apa sih barusan?" karena pronunciation kita ngga jelas di telinga mereka. Yang paling parah mereka ngomong gini, "What did you just say?" yang artinya, "Kamu barusan ngomong apa?" lalu kita mengulang apa yang kita ucapkan dan dia masih juga nanya hal yang sama sampai 3 kali.

Gawat kalau itu sampai terjadi ya? Untuk melatih pronunciation ada artikel yang sudah saya buat. Silakan dibaca saja.

     Baca juga: Cara Melatih Aksen Amerika

Di situ sebenarnya bisa teman-teman terapkan ngga hanya untuk aksen Amerika saja ya. Tapi nanti mungkin saya akan membuat artikel dan video juga menjelaskan mengenai gimana kita bisa belajar pronunciation aksen British misalnya.

Di video itu sudah cukup jelas gimana cara melatihnya dan bisa teman-teman terapkan juga untuk aksen British tinggal kemudian teman-teman mencari materinya saja yang berasal dari Inggris dan orang-orang England yang mengucapkannya.

Saya rasa sekian dulu ya sharing dari saya mengenai tahapan belajar bahasa Inggris ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat teman-teman semuanya. Dengan menulis lagi sebenarnya saya juga bisa belajar lagi, kita saling belajar lah intinya di sini ya.

Kalau begitu I'll see you again very soon. Bubye for now.

Comments