Arti Help Each Other

Arti Breakfast For Dinner

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari breakfast for dinner yang saya temukan di salah satu adegan di film Modern Family. Nanti adegan filmnya akan saya embedkan di sini agar teman-teman bisa nonton gimana frasa kata ini diucapkan.

Ini saya screenshotkan ya di bawah ini tapi nanti kita akan juga nonton cuplikan film dimana frasa kata tersebut diucapkan ya biar lebih jelas lagi.

Arti Breakfast For Dinner

Ini waktu saya nonton dan kemudian membuat artikel arti over the top, ketika menerjemahkan percakapan yang terjadi di situ saya cukup bingung, breakfast itu kan makan pagi ya?

     Baca juga: Arti Over the Top

Kok bisa dicampur sama dinner? Dinner itu kan makan malam. Itu kan beda waktunya, kok bisa?

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [breakfast for dinner] ini.

Breakfast For Dinner di Modern Family

Kita tonton dulu aja yuk cuplikan film dari Modern Family di bawah ini sebelum saya jelaskan artinya.


Nah kemudian saya browsing lah mencari maksudnya apaan sih ini "breakfast for dinner" dan ternyata ada juga yang menanyakan hal tersebut. Mungkin buat para native English speakers hal ini biasa aja, tapi buat kita yang bukan native kan bingung. Ya ngga?

Arti Breakfast For Dinner

Dan saya menemukan jawabannya di salah satu forum yaitu di forum Word Reference. Saya screenshotkan di bawah ini ya penjelasannya,

Penjelasan Breakfast For Dinner

Di situ bisa kita lihat "hubocfcool" bertanya mengenai apa sih artinya "breakfast for dinner", dia berasal dari negara Cina. Nah benar kan? Hal ini pastinya akan membuat orang yang bukan native English speaker bingung tapi buat para native mah ini hal yang biasa aja.

Kemudian dijawab oleh JamesM, seorang native speaker asal Amerika. Langsung saja saya terjemahkan kata-kata dia di situ ya.

Jadi arti breakfast for dinner di film Modern Family itu adalah,
Ini cuma mengganti rutinitas saja. Anak-anak biasanya suka dengan hal ini (Orang dewasa juga.) Kalian menyajikan makanan yang biasanya kalian sajikan pada saat sarapan (seperti misalnya pancakes, sausage, bacon atau makanan lain yang biasanya kalian makan saat sarapan) kemudian menyajikannya pada saat makan malam. Ini hanyalah seperti kaya pergantian suasana aja.
Jadi menu yang biasanya dimakan di pagi hari dirubah jadi dimakan pada saat malam hari. Seperti itu jadi arti dari breakfast for dinner ini yaitu makanan yang biasanya dimakan di pagi hari, dirubah jadi disajikan pada malam hari.

Kalau kita lihat di adegan tersebut si Mitchell yang ngomong seperti ini,
Remember, breakfast for dinner last week?
Dia itu di situ mengingatkan bahwa idenya dia untuk mengganti menu makan malam dengan menu makanan yang biasanya mereka makan di pagi hari. Penggantian menu ini biasanya untuk mengganti suasana.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai breakfast for dinner ini. I'll see you again very soon. Bubye now.

Update: 31 July 2019
Waktu saya lagi membaca komik ternyata saya menemukan breakfast for dinner ini diucapkan di komik Veronica and Betty.

Breakfast For Dinner Di Komik

Ini saya screenshotkan di bawah ini ya bagian di komik tersebut dimana diucapkan breakfast for dinner ini.

Breakfast For Dinner Di Komik

Percakapan yang terjadi di situ sekalian juga saya terjemahkan ya.
Later that afternoon. (Siang itu.) 
Betty: Mom? Dad? I'm home! Breakfast for dinner? Yum. (Ibu? Ayah? Aku pulang. Menu makan pagi untuk makan malam ya? Wah, asik.) 
Ibunya Betty: Oh, hi sweetie. Didn't hear you come in. (Oh, halo sayang. Ngga dengar kamu datang.)

Nah kurang lebih seperti itu update dari artikel breakfast for dinner ini. Kalau nanti ada update lagi, Insya Allah akan saya update lagi ya. I'll see you again.

Comments