Arti Help Each Other

Arti Shoot Some Hoops

Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari shoot some hoops. Idiom ini saya temukan ketika saya lagi nonton film dan nanti setelah saya jelaskan artinya, kita akan menonton cuplikan adegannya ya biar kalian bisa lebih mudah untuk mengerti dan memahami.

Idiom Shoot the Hoops

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Mari langsung aja yuk kita bahas arti dari [shoot some hoops] ini.

Arti Harfiah Shoot Some Hoops

Kalau kita artikan secara kata per kata, shoot itu artinya menembak, some itu artinya beberapa dan hoops itu artinya lingkaran. Atau kalau teman-teman ketikkan di Google Terjemahan maka hasilnya bisa kita lihat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Harfiah Shoot Some Hoops

Nah ini kira-kira teman-teman bisa menyimpulkan ngga atau bisa menebak artinya bermain bola basket dari melihat terjemahan secara kata per kata seperti ini? Saya sih jujur ngga! Buat orang Amerika, pasti mereka akan langsung tahu karena ini frasa kata yang biasa mereka gunakan di keseharian mereka.

Sekarang kita lihat yuk arti dari idiom shoot some hoops atau shoot the hoops ini menurut kamus.

Idiom Shoot Some Hoops Menurut Kamus

Kalau kita lihat di kamus Free Dictionary, maka arti dari idiom shoot some hoops ini bisa kita lihat pada gambar screenshot di bawah ini.

Arti Shoot Some Hoops Menurut Kamus

Dan kalau kita lihat artinya, langsung saja saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ya tulisan yang tertera pada gambar di atas.
Bermain bola basket, khususnya permainan santai saja dan tidak terlalu menjadi sebuah permainan yang serius.
Jadi permainan bola basket yang dimainkan secara santai, seperti misalnya kita ngajakin teman kita main bola basket, bukan permainan bola basket di sebuah pertandingan gitu. Eh, mau main bola basket ngga loe? Atau, eh kita biasanya setiap Senin pada main bola basket, kaya buat semacam liga siang gitu kita, buat seru-seruan aja. Bukan pertandingan bola basket yang serius kaya NBA misalnya.

Nah di 2 cuplikan adegan film yang saya ambil dari film The Amazing World of Gumbal dan di The Good Wife akan lebih jelas lagi.

Idiom Shoot Some Hoops di Adegan Film

Contoh yang pertama, mari kita lihat cuplikan adegan yang saya ambil dari film The Good Wife, Season 2, Episose 1, karena di situ ada bola basket. Jadi si William Gardner, aktor yang ada di film itu ngomong idiom ini sembari dia memegang bola basket. Jadi kita bisa lebih mudah untuk memahami arti dari frasa kata ini.

Yuk kita tonton videonya di bawah ini.


Tuh kelihatan kan dia memegang bola basket? Jadi dia ngajakin partnernya di situ untuk ikutan main bola basket bareng. Jadi, maksud kata-kata [shoot the hoops] di sini adalah [bermain bola basket].

Contoh adegan yang kedua adalah dari film The Amazing World of Gumball, Season 1, Episode 102, The Third; The Debt, di mana di adegan ini idiom yang diucapkan adalah shoot some hoops.

Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Kalau kita lihat pada percakapan di atas, si Darwin ngajakin Gumball main bola basket dengan melontarkan kata-kata [shoot some hoops?].

Jadi, dengan melihat cuplikan adegan seperti ini akan memudahkan kita untuk mengerti arti dari frasa kata yang digunakan, kalau pun kita tidak mengetahui, kita bisa lebih mudah untuk menebaknya karena konteksnya pun sudah ketahuan, jadi kalau pun kita menebak maka tebakan kita itu kemungkinan benarnya itu lebih besar ketimbang kalau kita menebak tanpa bisa melihat konteks atau situasinya.

Nah seperti itu teman-teman arti dari shoot some hoops atau shoot the hoops. Semoga sharing dari saya mengenai idiom shoot some hoops atau shoot the hoops ini bisa bermanfaat ya buat kita semua. I'll see you again very soon and bye now.

Comments