Arti Help Each Other

Arti Up and Running

Kali ini kita akan membahas idiom bahasa Inggris yaitu up and running. Kebetulan saya menemukan idiom ini di salah satu komik yaitu komik Archie. Ini saya screenshotkan ya bagian dimana ada idiom ini diucapkan di komik tersebut.

Arti Up and Running

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Nanti kita akan bahas ya percakapan yang ada di gambar di atas. Sekarang mari kita bahas arti dari idiom up and running ini.

Arti Harfiah Up and Running

Kalau kita artikan secara kata per kata up itu artinya atas dan running itu artinya berlari. Jadi kalau diartikan secara kata per kata up and running adalah,
Atas dan berlari.
Agak aneh ya? Sekarang mari kita coba lihat ke kamus idiom arti sebenarnya dari up and running ini yuk.

Arti Up and Running Menurut Kamus

Kalau kita lihat di kamus Free Dictionary, di situ ada 2 arti dari idiom up and running ini.

Arti yang pertama yaitu,
Functioning properly, either after a malfunction or for the first time. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Berfungsi dengan normal, apakah setelah rusak terus diperbaiki dan kembali berjalan dengan baik atau berfungsi dengan normal untuk pertama kalinya.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
It only took me a few minutes to get the printer up and running after taking it out of the box.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membuat printer ini berjalan dengan normal setelah mengeluarkan dari dusnya.

Arti yang kedua yaitu,
Newly-launched, as of a business or product. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Peluncuran perdana, misalnya dari sebuah bisnis atau sebuah produk.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
We are so happy to announce that, after years of preparation, our design company is officially up and running!
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kami senang sekali mengumumkan hal itu, setelah melalui persiapan selama beberapa tahun, perusahaan desain kami akhirnya siap juga untuk beroperasi!

Nah sekarang kita akan lihat percakapan yang ada di komik di atas ya.

Idiom Up and Running Di Komik

Nah percakapan yang terjadi di komik tersebut saya tuliskan di bawah ini ya.
Archie: Open my present first, dad! (Buka hadiah saya dulu, yah!) 
Ayahnya: Well, if you insist! Archie! I'm speechless! How did you find this? Let alone afford it? (Okelah, kalau kamu inginnya seperti itu! Archie! Ayah ngga bisa berkata-kata ini! Kamu nemu ini dimana? Terus kok kamu bisa beli?) 
Archie: Never mind that! Let's set this baby up! The "Holiday Express" is on its way!! We'll have this up and running in no time! Hmm... Not sure why it's such a tight fit... (Ngga penting itu! Yuk kita pasang barang ini! Kereta “Holiday Express” akan mulai beroperasi nih! Kita pasang sebentar dan coba jalanin ini yuk! Hmm… Kok bisa pas banget ya?)

Saya jelaskan sedikit mengenai situasi yang terjadi di komik tersebut ya.

Jadi si Archie ini ayahnya berulang tahun dan ayahnya ini mempunyai satu set rel kereta namun ayahnya itu tidak bisa mendapatkan keretanya karena memang susah untuk dicarinya dan kalau pun ada harganya mahal sekali.

     Baca juga: Arti Run Of The Mill

Archie kemudian browsing di internet untuk mencari kereta sebagai hadiah untuk ayahnya dan ternyata dia melihat ada di internet dan harganya $3,000. Dia pikir mahal sekali harganya, lalu kemudian dia berpikir tidak mungkin juga bisa sanggup untuk membelinya. Dan kemudian dia main ke rumah temannya.

Ternyata di rumah temannya dia melihat ada kereta yang ayahnya inginkan tersebut dan menganggur tidak digunakan sama sekali. Lalu dia bertanya ke temannya tersebut apa kereta itu memang sudah tidak dibutuhkan lagi? Lalu temannya bilang kalau dia memang tidak membutuhkan lagi kereta itu dan kalau Archie mau dia bisa ambil kereta itu dengan gratis.

Lalu Archie bawa pulang kereta tersebut dan berikan kepada ayahnya. Saat dipasang dia cukup heran bisa pas banget dengan rel keretanya karena biasanya kan ada nomor-nomor kereta tertentu yang bisa ngepas dan ternyata ngepas banget (tight fit) dengan rel keretanya.

Nah seperti itu situasinya. Semoga sharing dari saya bisa bermanfaat ya buat kita semua mengenai arti dari up and running ini. I'll see you again very soon then. Bubye now.

Comments