Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Break the Record

Hello everyone, kali ini kita akan membahas mengenai arti dari break the record ini. Kita bahas arti harfiah atau arti kata per katanya terlebih dahulu yuk sebelum kita lihat artinya di kamus.

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Arti Harfiah Break the Record

Break itu artinya memecahkan, sementara record itu artinya adalah catatan. Jadi break the record kalau diartikan secara kata per kata artinya adalah,
Memecahkan catatan.
Catatan itu bisa catatan kecepatan yang dicapai oleh seseorang, misalnya dalam bidang olahraga, jadi kita bisa mengartikannya menjadi memecahkan catatan dari kecepatan terdahulu yang ditorehkan oleh pelari tercepat.

Gampangnya adalah memecahkan rekor yang lama.

     Baca juga: Arti Break the News

Nah sekarang kita lihat yuk artinya menurut kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms.

Arti Kamus Break the Record
Kalau kita lihat ke kamus The American Heritage Dictionary of Idioms yang sudah saya screenshot di bawah ini. Mari kita lihat penjelasan yang diberikan.

Arti Break the Record

Kita bisa lihat artinya ternyata 2 kalau menurut kamus tersebut.

Arti yang pertama yaitu,
Surpass a previous achievement.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Melewati pencapaian yang sebelumnya.
Di situ contoh kalimat yang diberikan yaitu,
He was determined to break the record for the high jump.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dia sangat berusaha dan berupaya dengan gigih untuk bisa mematahkan rekor untuk cabang olahraga lompat tinggi.
Di situ ada penjelasannya yang kalau langsung saja saya terjemahkan yaitu,
Penggunaan idiom ini biasanya digunakan di bidang olahraga.

Arti yang kedua yaitu,
Move very fast.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Bergerak sangat cepat.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu
The lecture was so dull that we broke the record getting to the door.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kuliahnya membuat bosan kami sehingga kami dengan cepat bergerak menuju ke pintu.

Asal Usul Break the Record

Ini saya dapatkan dari websitenya Writing Explained yang linknya saya cantumkan di bagian referensi. Terjemahan dari website itu saya terjemahkan sebagai berikut di bawah ini.

Asal mula frasa kata ini seperti berasal dari pergantian abad ke-20. Ada banyak contoh mengenai hal ini yang terdapat di dalam novel atau surat kabar dari periode waktu ini, termasuk kutipan yang berasal dari edisi Mei tahun 1895 dari majalah Harper’s Round Table:
If a man knows he has got to break the record even to get to third place, there will be good work done. (Kalau seseorang pria mengetahui bahwa dia harus memecahkan rekor bahkan bila hanya sampai ke tempat ketiga, akan banyak sekali pekerjaan baik yang berhasil diselesaikan.)
Contoh dari tahun-tahun yang berikutnya dapat kita temukan di novel berjudul The Romance of Aircraft karya Lawrence Yard Smith, yang isinya:
Even in 1911 the Nieuport monoplane was breaking all records for speed. (Bahkan pada tahun 1911, pesawat bermesin tunggal Nieuport berhasil memecahkan semua rekor untuk kecepatan.)
Istilah ini berasal dari gagasan bahwa agar sebuah rekor tidak lagi ada maka rekor tersebut harus dipatahkan. Di zaman modern, dengan kata baru yaitu "smash" yang artinya sama dengan kata "break", arti yang sama bisa digantikan dengan frasa kata "smash a record".

Nah saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti idiom break the record ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua and I'll see you again soon. Bubye.



Referensi:
1. Ammer, Christine. (2013). The American Heritage dictionary of idioms (edisi ke-2nd ed). Boston: Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 9780547676586OCLC 798809885
2. "What Does Break A Record Mean?". Writing Explained (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-11.

Comments