Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Arti Head Start

Head start adalah idiom bahasa Inggris yang mempunyai arti,
Mencuri start atau mempunyai keuntungan di awal waktu.
                                                   -------------

Hello everyone, kali ini kita akan membahas mengenai arti idiom bahasa Inggris head start. Kebetulan saya menemukan idiom ini diucapkan di film yang lagi saya tonton. Judul filmnya adalah Nikita.

Ini saya screenshotkan di bawah ini.

Arti Head Start

Nanti di bawah kita akan nonton sedikit cuplikan dari adegan film Nikita tersebut yang kebetulan sudah saya potong dan saya embedkan di bagian bawah dari artikel ini agar teman-teman bisa lebih memahami idiom ini.

Arti Harfiah Head Start

Kalau kita artikan secara kata per kata, head itu artinya kepala, dan start itu artinya adalah mulai. Dan kalau teman-teman ketikkan head start di Google Terjemahan teman-teman akan dapatkan seperti yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Head Start

Jadi kalau kita artikan secara kata per kata maka kita akan dapat artinya yaitu,
Kepala mulai.
Bingung ya? Memang kalau kita ketemu yang namanya idiom, kita tidak bisa mengartikannya secara kata per kata seperti ini karena artinya jadinya lain.

     Baca juga: Arti Call It A Day

Sekarang kita coba lihat penjelasan dari kamus mengenai idiom head start ini yuk.

Arti Kamus Head Start

Kalau kita melihat ke kamus Free Dictionary, bisa kita lihat artinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Start awal sebelum waktu yang sebenarnya untuk memulai sesuatu.
Kalau di bahasa Indonesia kita mengenal istilah,
Mencuri start.
Jadi kita memulai lebih dulu ketimbang orang lain sehingga hal ini akan memberikan kita keuntungan dibandingkan orang lain tersebut.

Contoh kalimat yang diberikan di situ saya ambil satu ya lalu kita terjemahkan.
Billy liked to get a head start on his homework before leaving school so he had more time to play with his friends when he got home.
Kalau saya terjemahkan kalimatnya artinya yaitu,
Billy senang untuk memulai mengerjakan PR-nya lebih awalsebelum dia pulang dari sekolah, agar nanti dia mempunyai waktu yang banyak untuk bermain dengan teman-temannya sepulangnya dia dari sekolah.

Kalau kita lihat ke kamus Cambridge di situ penjelasannya bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.


Kalau saya terjemahkan penjelasan di kamus Cambridge tersebut kurang lebih seperti ini,
Keuntungan atau keunggulan yang dipunyai seseorang dari orang yang lainnya di dalam sesuatu seperti misalnya kompetisi atau pertandingan.

Asal Usul Idiom Head Start

Asal usul atau sejarah dari munculnya idiom head start ini saya ambil dari website the idioms yang linknya saya cantumkan di bagian referensi di bagian bawah dari artikel ini. Langsung saja saya terjemahkan dari sana sebagai berikut ini.

Penggunaan pertama dari frasa kata ini diketahui berasal dari tahun 1859 sementara dokumen yang tercatat menggunakan frasa kata ini adalah dari tahun 1885-1890.

Frasa kata ini mempunyai latar belakang yang menarik. Pacuan kuda merupakan hal yang populer di abad ke-19 dan aturan yang berlaku di pacuan kuda tersebut adalah menyamakan start awal dari setiap kuda yang akan bertanding dengan cara meluruskan kepala mereka sejajar dengan satu garis lurus.

Kemudian diketahui bahwa kuda-kuda yang kepalanya berada sedikit di depan dari garis tersebut biasanya merupakan kuda-kuda yang menjadi pemenang di balapan kuda tersebut. Dari sinilah awal mula frasa kata head start ini muncul.

Nah sekarang kita tonton yuk adegan film Nikita dimana idiom head start ini diucapkan.

Idiom Head Start Di Adegan Film

Nikita melarikan diri dari tempatnya bekerja dan kemudian dia dikejar oleh partner di tempatnya bekerja dan terjadilah percakapan seperti terlihat pada cuplikan adegan film di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan film tersebut adalah sebagai berikut.
Michael: I can't protect you anymore. (Aku tidak bisa melindungimu lagi.) 
Nikita: Then let me go or stop me now. (Kalau begitu biarkan aku pergi atau hentikan aku sekarang.) 
Michael: I'll give you a head start. If we meet again, I can't promise what will happen. (Aku kasih kamu satu keuntungan awal di depan. Kalau kita bertemu lagi, aku ngga bisa janji apa yang akan terjadi selanjutnya.) 
Nikita: I can. It's a good wound. They'll think you tried to stop me. I'm just trying to protect you. (Aku bisa. Itu luka yang baik. Mereka akan berpikir kalau kamu itu berusaha untuk menghentikan aku.
Si Michael akhirnya karena dia ada perasaan dengan si Nikita berusaha melepaskan si Nikita pergi.

Kurang lebih seperti itu ya arti dari idiom head start ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semua and I'll see you again very soon. Bubye now.


Referensi:
1. a head start. (n.d.) Farlex Dictionary of Idioms. (2015). Retrieved June 10 2019 from https://idioms.thefreedictionary.com/a+head+start
2. "HEAD START | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-10.
3. "head start". www.theidioms.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-12.

Comments