Arti Help Each Other

Arti Beyond Our Control

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas idiom bahasa Inggris yaitu beyond one's control dan saya menemukan idiom ini ketika saya membaca komik Betty and Veronica. Kita lihat pada screenshot di bawah ini ya.

Beyond Our Control Di Komik

Seru lho kalau belajar bahasa Inggris lewat komik, karena kita bisa melihat dan tahu konteks dan situasinya seperti apa sehingga nantinya kita bisa menggunakannya juga lebih tepat karena konteks dan situasinya kita tahu dan mengerti.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [beyond our control] ini.

Beyond Our Control Menurut Kamus

Kalau kita lihat ke kamus Merriam-Webster, di situ tertera penjelasan dari idiom ini yaitu seperti yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Beyond Our Control

Langsung saja saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ya arti dari beyond one's control. Oh iya, kalau di judul artikel ini beyond "our" control sementara ini adalah "one's" dimana kata "one's" ini bisa kita ganti dengan pronoun-pronoun yang ada dan "our" itu merupakan prononun.

Jadi, kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Untuk menunjukkan bahwa intervensi tidak akan membantu.
Jadi maksudnya adalah kita ngga bisa ngapa-ngapain lagi karena ngapa-ngapain juga ngga akan bisa merubah keadaannya. Sesuatu yang sama sekali di luar kontrol kita, misalnya seperti kita mengerjakan tes dan kemudian setelah selesai mengerjakan tes kita tinggal menunggu hasilnya dan kita ngga bisa ngapa-ngapain lagi, mau belajar lebih giat lagi juga ngga akan ngaruh karena ya hasilnya sudah tinggal kita tunggu saja. Nah kurang lebih seperti itu misalnya.

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Jangan Manja

Sekarang kita lihat ke komik tersebut dan kita coba tangkap artinya dari apa yang dibicarakan di komik tersebut.

Beyond Our Control Di Komik

Di komik Betty and Veronica tersebut ada kalimat seperti ini,
Ronnie, I hardly think college is beyond our control.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ronnie, aku tidak berpikir kalau kuliah itu di luar kekuasaan kita lho.
Maksud dia ngomong kaya gitu, si Ronnie berpikir kalau di kuliahan itu nanti dia ngga akan bisa ngapa-ngapain karena mungkin di otaknya dia bahwa kuliah itu nanti dia akan terbatas ngga bisa ngapa-ngapain dan hanya belajar dan belajar saja.

     Baca juga: Arti Hardly

Dan kemudian si Ronnie ngomong seperti ini,
Mother wants me to attend Hitchens U.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ibu itu ingin aku masuk ke Hitchens U.
Terus temannya nanya apa itu Hitchens U, lalu di gambar berikutnya yang ngga ada di screenshot si Ronnie itu menjelaskan bahwa Hitchens U itu adalah kampus dimana dulu ibunya kuliah, yang menurut dia sangat teratur sekali sehingga dia berpikir nanti di kuliah dia ngga bisa ngapa-ngapain.

Nah saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai idiom beyond our control ini ya. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua and I'll see you again soon. Bubye now.


Referensi:
1. "Definition of BEYOND ONE'S CONTROL". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-18.

Comments