Skip to main content

Arti I Knew It

I knew it artinya adalah,Sudah kuduga! Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom I knew it, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom I knew it ini.     Baca juga: Arti What's WrongKalau begitu yuk mari kita langsung saja bahas. Oh iya, saya juga punya youtube channel. Support saya dengan subscribe di youtube channel saya dong dengan mengklik DI SINI ya.
Arti I Knew ItKalau diartikan secara kata per kata I knew it artinya adalah,Saya sudah tahu itu.Knew itu kan bentuk lampau dari know yang artinya [tahu], karena bentuk lampau maka saya terjemahkan sebagai [sudah tahu]. Ini merupakan sebuah idiom dan biasanya kalau untuk idiom, kita tidak bisa menerjemahkan secara kata per kata seperti yang barusan kita lakukan ini.Baca juga: Arti Here You AreSelanjutnya, kita coba lihat arti yang sebenarnya dari idiom I knew it ini di kamus yuk. Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus M…

Arti Hardly

Hardly itu artinya adalah,
Hampir atau nyaris tidak atau sama sekali tidak.
                                               ---

Kali ini kita akan membahas arti hardly. Kebetulan saya menemukan juga kata ini saat saya lagi membaca komik Betty and Veronica seperti yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Hardly

Kita sebenarnya bisa lho belajar bahasa Inggris melalui komik dan keuntungannya adalah kita bisa lebih memahaminya karena ada gambarnya, jadi kita bisa tahu konteks dan situasinya seperti apa saat kalima tersebut diucapkan, sehingga ketika kita akan menggunakannya kita bisa tahu kapan penggunaan yang tepat.

Support saya juga dengan SUBSCRIBE di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.

Penjelasan Hardly Menurut Kamus

Kalau kita lihat di kamus Cambridge arti hardly itu ada 2 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Hardly

Di situ bisa kita lihat ada 2 artinya.

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Jangan Manja

Arti yang pertama yaitu,
Only just atau almost not.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Hampir atau nyaris tidak.
Dan di situ ada 5 kalimat contoh yang diberikan. Saya terjemahkan lima-limanya ya. Langsung aja ke terjemahannya.

Terjemahan kalimat yang pertama,
Hampir tidak ada satu hari pun terlewatkan dimana saya tidak memikirkannya.

Terjemahan kalimat yang kedua,
Kamu itu (nyaris)belum makan apa-apa.
Kalau di bahasa Indonesia itu kita lebih menggunakan kalimat seperti yang, "Kamu tuh belum makan apa-apa" walau dia sudah makan sedikit. Jadi maksudnya adalah dia makannya sedikit sekali sehingga bisa dibilang dia itu belum makan.

Terjemahan kalimat yang ketiga,
Ada yang ngga beres dengan telepon ini - Saya hampir tidak mendengarmu.
Kalau di Indonesia kita lebih sering ngomongnya gini, "Saya ngga bisa mendengarmu" atau "Saya susah mendengar suara kamu." Mungkin masalah karena teleponnya atau karena jaringannya sehingga kita kesulitan mendengar suara dari orang yang menelpon kita.

Terjemahan kalimat yang keempat,
Saya tidak sabar menunggu kedatanganmu.
Can hardly wait itu arti secara kata per katanya adalah "hampir tidak bisa menunggu", jadi kalau di Indonesia kita lebih mengatakannya sebagai, "ngga sabar" atau "gue udah ngga sabar nih".

Terjemahan kalimat yang kelimat,
Kita sudah nyaris tidak bertemu dengan mereka lagi.  
Kalau di bahasa Indonesia ini kita lebih mengatakannya sebagai, "Kita udah jarang banget ketemu sama mereka."

     Baca juga: Arti Shut Up

Arti yang kedua yaitu,
Certainly not.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Tentunya tidak.

Dan di situ ada contoh kalimat yang diberikan, yang langsung saja saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia terjemahannya yaitu,
Tentunya tidak mengherankan bahwa dia marah.
Kalau orang Indonesia kita akan lebih ngomongnya begini, "Ngga heran sih kalau dia marah." Jadi adalah sesuatu yang tidak aneh dan merupakan sesuatu yang sudah nyaris pasti kalau seseorang bakalan marah kalau hal itu terjadi kepada dia.

Kalimat di Komik

Nah sekarang kita akan melihat kalimat yang ada di komik tersebut. Kalimatnya adalah sebagai berikut,
Ronnie, I hardly think college is beyond our control.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ronnie, aku sama sekali tidak berpikir kalau kuliah itu di luar kontrol kita.
Maksudnya dengan di luar kontrol itu nanti akan saya jelaskan di artikel saya yang lainnya ya, karena ini merupakan idiom yang perlu dijelaskan lagi.

Jadi tongkrongin terus blog ini ya untuk mendapatkan sharing-sharing yang berikutnya dari saya mengenai bahasa Inggris., kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti hardly ini ya. Semoga bisa bermanfaat


Referensi:
1. "HARDLY | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-18.

Comments