Arti Help Each Other

Arti What's Good

Hello everyone, how are you? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Di artikel ini saya akan membahas arti dari frasa kata [what's good] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan, entah itu dari film atau dari video youtube di mana diucapkan frasa kata [what's good] oleh para native English speakers.

Arti What's Good

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu mari kita bahas yuk arti dari frasa kata [what's good] ini.

Arti What's Good

Ini merupakan istilah slang yang kalau kita artikan secara kata per kata akan aneh terdengarnya. What's good atau singkatan dari what is good kalau diartikan secara kata per kata artinya adalah,
Apa yang bagus?
Aneh kan ya? Nah, makanya yuk kita melihat ke kamus Urban Dictionary, karena di situ ada penjelasan mengenai arti dari what's good ini. Sudah saya screenshotkan apa yang ada di kamus tersebut dan mari kita lihat pada gambar di bawah ini.

Arti What's Good Kamus Urban

Kalian lihat yang terdapat di kotak merah tersebut yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
What's good artinya adalah what's up (apa kabar).
Dan kemudian saya juga menemukan penjelasan di Quora yang langsung saja saya terjemahkan ya, tulisan yang berasal dari Quora ini yang menjelaskan mengenai apa arti "what's good" ini. Terjemahannya kurang lebih seperti berikut ini.

Di sini ada yang bertanya, apa respons saya kalau saya disapa dengan sapaan, "What's good?" maka kemudian dia menjawab dengan jawaban seperti berikut ini.

Ada banyak respons dan jawaban untuk hal ini. Kamu bisa mengartikan "what's good" sebagai "what's up (apa kabar)". Ini merupakan kata sapaan bentuk informal dan hanya diucapkan kepada orang yang memang sudah dekat.


Jadi berikut adalah ucapan dan reaksinya. Yang pertama,
A: Ayyy homie! What's good?! (Hai sob, pa kabar ente?!) 
B: Nothin' much man, how bout you?!! (Gini-gini aja bro, loe gimana?)
Yang kedua,
A: Ayy man, what's good?! (Eh, bro, pa kabar?) 
B: Yoo! What's up?! (Yo bro, pa kabar?)
Yang ketiga,
A: YO YO YO, what's good my man!! (YO YO YO, pa kabar sob!) 
B: S'all good dude! Whaddabout you? (Ane baik banget sob, ente pa kabar sob?)
Keterangan: Saya tidak akan menggunakan kata sapaan what's good ini ke atasan saya atau ke orang yang saya tidak dekat.

Nah, jadi kata sapaan ini memang sebaiknya jangan digunakan untuk orang-orang yang kita ngga dekat, dan nanti di cuplikan adegan yang akan kita tonton kalian akan lebih bisa melihat situasi di mana kata sapaan ini diucapkan.

What's Good di Adegan Film

Di bagian ini saya mengumpulkan contoh-contoh dari cuplikan adegan film atau yang lainnya di mana diucapkan frasa kata [what's good] ini agar kalian bisa melihat sendiri di situasi yang seperti apa sih para native English speakers menggunakan frasa kata [what's good] ini.

Cuplikan adegan yang pertama, dari film Modern Family. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di situ berikut dengan terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.
Temannya Luke: What's good, L.D.? (Pa kabar Luke?) 
Luke: Yo, Will. (Yo, Will.) 
Phil Dunphy: Luke, um, there's no easy way to ask this. Are you in a boy band? (Luke, ayah agak canggung nanya hal ini. Kamu itu gabung di boy band ya?) 
Temannya Luke: So, we're gonna go hang at the pier. You in? (Eh, kita itu mau pada nongkrong di dermaga. Loe mau ikut?) 
Luke: Sounds cool, but I don't know if I can. (Wah seru tuh, tapi ngga tahu deh gue bisa ikut apa ngga.) 
Phil Dunphy: That's right. We got a big day planned. He's coming to work with the old man. (Iya, betul. Kita udah ada rencana. Dia ini mau kerja sama ayahnya ini.) 
Luke: Sorry. (Maaf ya.) 
Temannya Luke: Next time. Deuces. (Lain kali deh kalau gitu. Dah.) 
Luke: Deuces. (Dah.) 
Phil Dunphy: Word to your mothers. Seriously, David. Tell your mom I say hi. (Salam buat ibu. Seriusan David, sampein salam dari saya ya.)
L.D yang diucapkan di situ adalah singkatan untuk Luke Dunphy, yaitu nama orang yang dia panggil itu. Dan seperti yang kita lihat, what's good itu diucapkan temannya Luke ke si Luke karena mereka memang sudah dekat, dan si temannya itu ngga ngucapin What's good ke bapaknya si Luke.

Jadi di sini kita bisa melihat, memang kata sapaan "what's good" ini diucapkan ke orang yang memang sudah dekat. Kalau belum dekat sebaiknya tidak menggunakan kata sapaan ini.

Cuplikan adegan yang kedua, dari film Graceland, Season 1 Episode 4 (2012). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Paul: So, what's good here? (Jadi, apa kabar nih?)

Bello: Don't sit. Today I want to speak to your friend. Is that a problem? (Jangan duduk. Hari ini saya mau bicara dengan teman kamu. Ngga masalah?)

Paul: Not at all. (Sama sekali ngga.)

Nah, saya rasa sekian dulu update kali ini untuk artikel arti what's good. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan di film di mana diucapkan frasa kata what's good ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Penjelasan What's Good Dalam Bentuk Video

Kebetulan saya sudah membuat videonya di mana saya menjelaskan mengenai arti what's good ini. Buat kalian yang lebih suka menonton video, bisa menonton penjelasan saya di video di bawah ini.


Nah saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti what's good ini. Kalau nanti saya menemukan adegan lain di mana kata sapaan what's good ini diucapkan, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini agar kalian bisa lebih mengerti dan memahami penggunaannya di beberapa situasi.


Comments