Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Can't Help It

Hello everyone. What's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom [can't help it] dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata [can't help it] ini agar kalian mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Arti Can't Help It

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas.

Arti Harfiah Can't Help It

Kalau diartikan secara kata per kata [can't] itu artinya [tidak bisa] sementara [help] itu artinya adalah [menolong], dan [it] itu mengacu kepada sesuatu, bisa kita artikan sebagai [nya] atau [itu].

Jadi, kalau diartikan secara kata per kata, maka [can't help it] itu artinya adalah,
Tidak bisa menolong akan hal itu.
Agak aneh ya? Makanya memang kalau kita ketemu dengan yang namanya idiom, kita perlu untuk melihat kamus, karena biasanya artinya kalau kita terjemahkan secara kata per kata seperti ini dengan arti yang sebenarnya, seringkali berbeda jauh.

Arti Can't Help It Menurut Kamus

Yang pertama kita lihat di kamus Cambridge ya penjelasan dari idiom [can't help it] ini. Mari kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Can't Help It Cambridge

Penjelasannya itu yang ada di kotak merah di atas, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Tidak bisa mengontrol atau menyetop sesuatu.
Di bawahnya diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom ini yaitu,
A: Stop laughing! (Berhenti tertawa!) 
B: I can't help it! (Gue ngga tahan bro! (*maksudnya adalah dia tidak bisa menahan diri untuk ngga ketawa.))
Nah seperti itu artinya, tapi saya melihat ada juga arti yang lain yang diberikan oleh kamus yang lain. Saya rasa arti yang lain ini juga perlu untuk kita ketahui.

     Baca juga: Arti Gosh

Arti yang lain dari idiom [can't help it] ini berasal dari websitenya kamus Free Dictionary. Mari kita lihat pada screenshot di bawah ini.


Kita lihat pada kotak merah di tulisan yang berwarna hitam. Kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya yaitu,
Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki situasinya; Apa adanya seperti itu; Tidak ada yang bisa saya lakukan. (Biasanya frasa kata ini digunakan saat merespons sebuah kritik)
Lalu di bawahnya diberikan dua contoh kalimat.

     Baca juga: Arti Think On Your Feet

Contoh kalimat yang pertama, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia terjemahannya kurang lebih seperti berikut ini,
Mary: Rambut kamu berantakan. 
Sue: Ini lagi banyak angin soalnya. Mau gimana lagi? (*maksudnya di sini dia ngga bisa membuat anginnya berhenti, ngga ada yang bisa dia lakukan karena rambutnya berantakan itu kan gara-gara angin, bukan karena dia sengaja ngeberantakin rambutnya.)
Sementara di contoh kalimat yang kedua, di sini artinya itu sama dengan arti yang diberikan oleh kamus Cambridge yang kamus itu menjelaskan bahwa arti dari idiom [can't help it] itu adalah [tidak bisa mengontrol atau menyetop sesuatu.] Contoh kalimat yang keduanya kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka kurang lebih terjemahannya adalah sebagai berikut.
Fred: Saya berharap kamu bisa berhenti untuk tidak batuk-batuk terus seperti ini. 
Sally: Saya ngga bisa menyetopnya. Saya juga berharap seperti itu.
Nah, sekarang kita akan tonton cuplikan adegan dari film di mana idiom [can't help it] itu diucapkan.

Can't Help It Di Adegan Film

Cuplikan adegan yang pertama saya ambil dari film Jumanji 2019, The Next Level. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.
Alex: Hey, Mr. Walker. Why the long face? Dad joke. Sorry. Can't help it. (Hei, pak Walker. Kok mukanya ditekuk gitu? Becandaan saya norak ya? Maaf, saya tidak bisa menahan diri saya untuk ngga ngebecandain Anda.)
Jadi, yang di sini, si Alex itu tidak bisa menahan diri untuk ngga becanda, mungkin karena udah kebiasaan untuk becanda garing kaya gitu, makanya dia kemudian ngomong,
Sorry, can't help it.
Yang maksudnya adalah,
Maaf, saya tidak bisa menahan diri untuk ngga becanda.
Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari idiom can't help it ini. Nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain di mana idiom can't help it ini diucapkan, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments