Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Throw the Baby Out With the Bathwater

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa, dan kali ini kita akan membahas arti dari idiom [throw the baby out with the bathwater]. Ini merupakan idiom yang saya temukan saat saya lagi menonton film Suits, dan nanti kita akan tonton cuplikan adegannya di bawah agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

Arti Throw the Baby Out With the Bathwater

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Kalau begitu mari kita mulai.

Arti Harfiah Throw the Baby Out With the Bathwater

Kita terjemahkan secara kata per kata terlebih dahulu ya, dan kemudian nanti kita akan bandingkan dengan arti yang sebenarnya yang tertera di kamus.

Biasanya sih kalau yang namanya idiom itu, hasil terjemahan secara kata per katanya akan aneh dan biasanya sering tidak masuk akal sama sekali. Memang sih kalau kita sudah ketemu dengan idiom sebaiknya kita tidak menerjemahkan secara kata per kata seperti ini.

     Baca juga: Arti Pull Some Strings

[Throw the baby out] itu artinya adalah [membuang bayinya keluar] dan [with the bathwater] artinya adalah [dengan air bak mandi]. Jadi throw the baby out with bathwater kalau diartikan secara kata per kata maka arti harfiahnya adalah,
Membuang bayi keluar dengan menggunakan air bak mandi.
Aneh ya? Maksudnya apaan coba? Saya sendiri jujur ngga ngerti. Sekarang mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus mengenai arti dari idiom throw the baby out with bathwater.

Arti Throw the Baby Out With the Bathwater

Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Throw the Baby Out With the Bathwater

Kalimat yang ada di dalam kotak merah di atas merupakan penjelasan dari idiom throw the baby out with the bathwater, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kehilangan ide atau hal-hal yang berharga dalam rangka menyingkirkan hal yang tidak diinginkan.
Nah, beda kan ya artinya dengan kalau kita terjemahkan secara kata per kata seperti yang barusan kita lakukan? Sekarang kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom ini.

Throw the Baby Out With the Bathwater Di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan adegan yang saya ambil dari film Suits, Season 1 Episode 8 di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas berikut terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.
Jessica: Financial crime is that man's forte. Yes, he overstepped his rank, but I'm not about to throw the baby out with the bathwater. (Kejahatan finansial merupakan kekuatannya dia. Iya, dia melangkahi kapasitasnya, tapi saya tidak akan membuang sesuatu yang berharga untuk menyingkirkan hal yang tidak kita inginkan.) 
Harvey: Louis is the bathwater. (Louis itu sesuatu yang ngga berharganya.) 
Jessica: Believe it or not, Harvey, you can be a real pain in the ass to work with too. (Tahu ngga Harvey, bekerja bareng kamu itu juga bisa sangat menyebalkan lho.) 
Harvey: Oh, I get along with me just fine. (Ah, saya baik-baik aja tuh dengan saya.) 
Jessica: Yes, well, I'm not about to tell Lucille Jackson that we didn't win because we couldn't work together. You need to figure out how to collaborate with Louis. (Oke, saya tidak akan memberitahu kepada Lucille Jackson kalau kita tidak menang karena kita tidak bisa bekerja sama. Kamu harus belajar untuk bekerjasama dengan Louis.)
Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari idiom throw the baby out with the bathwater. Semoga bisa bermanfaat dan nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan idiom ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye-bye now.

Comments