Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Off to a Great Start

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom [off to a great start] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom ini.

Arti Off to a Great Start

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Kalau begitu mari kita mulai pembahasan mengenai arti dari [off to a great start] ini.

Arti Off to a Great Start

Kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Free Dictionary mengenai arti dari idiom ini. Di situ dituliskannya sebagai [off to a good start], berbeda [good] dengan [great] aja, tapi harusnya sih artinya sama, karena [great] itu kan lebih bagus daripada [good], jadi kita tetap bisa menggunakan penjelasan dari kamus Free Dictionary ini.

     Baca juga: Arti Eavesdropping

Mari kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Off to a Good Start

Penjelasan yang ada di dalam kotak merah itu kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Memulai sesuatu dari posisi yang bagus.
Di bawahnya diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom tersebut.

Kalimat yang pertama kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya kurang lebih,
Setelah dulu pernah putus kuliah, saya ingin memulai kesempatan yang kedua ini dengan awalan yang baik.
Kalimat yang kedua kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka artinya kurang lebih,
Proyek ini dimulai dengan awalan yang baik, tapi kita tetap perlu untuk terus mengawasinya.
Oh iya, ada penjelasan tambahan yang lain lagi, yang menurut saya juga bagus untuk kita simak. Yuk kita lihat pada screenshot di bawah ini, yang saya ambil dari Hi Native.

Penjelasan We're Off to a Great Start

Kalimat yang di dalam kotak tersebut kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
We're off to a great start = kita sudah membuat kemajuan yan bagus sejauh ini di perjalanan kita atau di proyek yang kita lakukan. Namun, kalau kalian mengatakan [we're off to a great start] dengan nada yang sarkastik, maka itu artinya adalah belum ada yang sudah dilakukan di dalam memulai sebuah proyek.
Nah, seperti itu, jadi memang kita perlu untuk melihat konteks dan situasinya serta melihat nada bicaranya itu nada bicaranya yang sarkastik atau tidak sehingga kita bisa menerjemahkannya dengan lebih tepat.

     Baca juga: Arti What Are You Doing

Sekarang, mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom off to a great start ini.

Off to a Great Start Di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan adegan dari film The Good Wife, Season 3 Episode 4.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Peter: Imani, I'd like you to meet Cary Agos. He'll be showing you the ropes. (Imani, saya ingin kamu bertemu dengan Cary Agos. Dia yang nantinya akan menunjukkan talinya.)

Imani: He already has. Maximum sentence to a black drug dealer. Discount to a white killer. (Dia sudah menunjukkannya. Vonis maksimum untuk orang kulit hitam pengedar narkoba. Pengurangan hukuman untuk orang kulit putih yang membunuh.)

Peter: Okay. We're off to a great start. (Oke. Kita sudah membuat progres yang luar biasa di awal nih kalau gitu.)

Sebenarnya kalau kita lihat dari konteksnya, dengan apa yang disampaikan oleh Imani, kita bisa melihat sebenarnya nada bicaranya Peter itu lebih ke nada sarkastik seperti yang dijelaskan di penjelasan di atas oleh seorang native English speaker dari Amerika.

Nah, kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari off to a great start ini. Nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan idiom ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sekian dulu, and I'll talk to you soon. Bye-bye now.

Comments