Arti Help Each Other

Arti I Got This

Halo semuanya, apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom [I got this]. Seperti biasa, nanti kita akan nonton adegan dari film di mana diucapkan idiom ini agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

Arti I Got This

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Yuk langsung saja kita bahas arti dari idiom [I got this] ini.

Arti I Got This

Kalau diartikan secara kata per kata I got this itu artinya adalah,
Saya mempunyai ini.
Tapi karena ini idiom, maka arti yang sesungguhnya bukan yang diartikan secara kata per kata seperti ini. Kalau kalian lihat ke situasinya kalian akan bingung sendiri kalau kalian mengartikannya secara kata per kata seperti ini. Itulah idiom, memang menyebalkan, tapi kita jadi tahu kalau kita mengartikan sesuatu secara kata per kata dan kemudian kita mendapatkan hasil terjemahannya ternyata aneh.

Nah kita bisa langsung curiga kalau itu adalah idiom. Sekarang kita lihat langsung aja ya penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge mengenai arti dari I got this ini pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan I Got This

Penjelasannya ada di kotak merah di atas yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah,
Digunakan untuk memberitahukan kepada orang lain bahwa kamu bisa mengatasi sesuatu atau kamu yang akan mengatasi sesuatu hal tersebut.
Di bawahnya diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom ini. Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, terjemahannya kurang lebih,
Tenang aja, ini saya yang tangani. Kamu kembali melakukan apa yang tadi kamu lakukan saja.
Jadi, bisa kita simpulkan bahwa arti dari idiom [I got this] ini bila diterjemahkan ke dalam kebiasaannya orang Indonesia maka terjemahannya adalah [saya bisa menanganinya] atau [tenang, saya bisa atasi.] 

     Baca juga: Arti I Got It

Oh iya, idiom [I got this] ini sama juga artinya dengan [I got it]. Saya pernah membuat artikelnya kalau tidak salah, ada native English speaker di situ yang menjelaskannya.

Contoh Penggunaan I Got This

Di bagian ini nanti kalian akan melihat contoh-contoh yang saya ambil dari adegan film di mana diucapkan idiom [I got this] ini agar kalian bisa melihat sendiri di situasi seperti apa diucapkan sehingga kalian bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Cuplikan adegan yang pertama, dari film Gotham, Season 1 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Penjahat: Where are my pills? I said give me my pills, bitch! (Di mana pil ane? Ane bilang ane minta pil ane, cuk!)

Jim Gordon: Hold your fire! Hold your fire. I got this. Hold your fire. Hold.. Easy, easy. Sir, look at me. (Tahan tembakan kalian! Tahan tembakan kalian. Ane yang tangani ini. Tahan tembakan kalian. Tahan.. Kalem, kalem. Gan, lihat ane gan.)

Jadi, ceritanya ada penjahat itu yang menyandera polisi wanita yang membawanya ke sel dan si penjahat itu menembakkan senjata yang dia ambil dari polisi wanita tersebut dan kemudian semua anggota polisi yang ada di situ bersiaga dan siap menembak.

Lalu ada Jim Gordon, yang juga polisi di situ yang selain memerintahkan agar para anggota polisi itu menahan tembakannya, dia juga berkata I got this yang kurang lebih artinya adalah bahwa dia mengatakan bahwa dia yang akan menangani si penjahat itu.

     Baca juga: Arti Nice Try

Cuplikan adegan yang kedua, dari film 21 Jump Street (2012). Mari kita simak cuplikannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Scott: Eric, Eric, Eric. Hey, man, what's up? (Eric, Eric, Eric. Apa kabar loe?)

Eric: Hey, why you here, Scott? What, Kennedy High isn't having any parties tonight? (Hei, loe ngapain di sini Scott? Di SMA Kennedy ngga ada pesta emangnya ya malam ini?)

Scott: No, I heard you guys were partying with some new stuff. Wanted to know your hookup so me and my boys can get in on it. (Ngga, gue dengar kalian pesta dengan barang baru. Gue pingin tahu loe ambil dari mana biar gue sama anak-anak bisa ikutan.)

Eric: Got other commitments on that front, so, you know.. (Kalau untuk itu mah butuh komitmen di depan, jadi, loe tahu lah..)

Scott: I wasn't asking. (Gue ngga nanya ini.)

Schmidt: Whoa, whoa, whoa, whoa, whoa, whoa, whoa. Take five, take five, man, let me get this. I got this. (Hei, hei, hei, hei, hei, hei. Santai, santai, bro, biar gue aja. Biar gue aja yang tanganin.)

Eric: Yeah? You sure? (Loe yakin?)

Schmidt: I got this one. (Iya, tenang aja, gue yang tanganin ini.)

Kalau ngelihat dari situasinya si Eric sama si Scott udah akan berakhir jadi berantem, tapi kemudian si Schmidt yang masuk dan bilang I got this yang mana maksudnya adalah dia aja yang menangani dengan si Scott ini. Karena kebetulan si Schmidt ini adalah seorang polisi yang lagi nyamar dan dia pingin bisa dekat sama si Eric yang merupakan pengedar narkoba di SMA itu.

Cuplikan adegan ketiga, dari film Brooklyn 99, Season 6 Episode 7. Di adegan yang ini, arti dari [I got this] ini bukanlah [aku bisa menanganinya] tapi lebih ke arti kata per katanya yaitu [saya mempunyai ini] seperti yang saya jelaskan di atas. 

Kita tonton dulu aja cuplikan adegannya di bawah ini baru kemudian saya jelaskan ya. Mari kita tonton cuplikan adegannya.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Amy Santiago: Okay, Marie Kondo came up with a system to unclutter your life. You look at an object and if it doesn't bring you joy, you throw it away. Try it, Sarge. (Oke, ada sistem yang dibuat oleh Marie Kondo yang bisa membuang hal-hal yang tidak diperlukan di kehidupan kita. Caranya adalah dengan melihat ke sebuah barang, dan kalau barang tersebut tidak membawa kebahagiaan, kalian buang barang tersebut. Coba kamu, Sersan.)

Sersan Terry: Hello, backup pair of suspenders. Do you bring me joy? Yes! Because you have tab endings and a sweet leather yoke. I'm so glad you're in my life. I guess I'm keeping them. (Halo sepasang suspender cadangan. Apakah kamu membawa kebahagiaan? Iya. Karena kamu mempunyai ujung yang terbuat dari kulit yang nyaman. Saya senang kamu ada di kehidupan saya. Kayanya saya akan menyimpannya.)

Boyle: Ooh, let me try. Hello, bag of old dried mushrooms. Do you bring me joy? Yes! You provide rich, earthy flavor to both soups and teas. I guess I'm keeping mine too. This is fun. (Oh, aku coba ya. Halo kantong jamur kering. Apakah kamu membawa kebahagiaan? Iya! Kamu memberikan aku rasa yang kaya ke sup dan teh yang aku buat. Kayanya aku juga akan menyimpan ini deh. Wah, ini asik sekali.)

Amy Santiago: Guys, you can't keep everything. That defeats the purpose. (Gaes, kalian tidak bisa menyimpan semuanya. Tujuannya bukan itu.)

Scully: I got this, Ames. Hello, unsolved case. Do you bring me joy? No, because you're boring and you're too hard. See ya. (Ames, aku ada nih. Halo kasus yang tidak terpecahkan. Apakah kamu membawa kebahagiaan? Tidak, karena kamu membosankan dan kamu terlalu sulit untuk dipecahkan. Dadah.)

Amy Santiago: Personal items only, Scully. Get that case out of the trash! (Ini cuma buat barang pribadi aja, Scully. Ambil lagi kasus itu dari tempat sampah!)

Scully: Oh, for Pete's sake. (Ampun deh.)

Nah, jadi ketika si Scully ngomong, "I got this, Ames." Itu NGGA BISA diterjemahkan sebagai,
Aku bisa menanganinya, Ames.
Ames itu nama panggilannya si Amy Santiago. Jadi, memang saat kita menerjemahkan sesuatu, perlu untuk melihat situasi dan konteksnya terlebih dahulu, ngga selalu artinya seperti itu, contohnya bisa kalian lihat pada kasus yang ini.

Nah, semoga kalian bisa memahami dan mengerti apa yang saya sampaikan di sini ya, dan sekian dulu untuk update kali ini untuk artikel arti I got this ini, dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments