Arti the Hell

Arti On My Way

Halo everyone, whas poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [on my way], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata [on my way] ini.

Arti On My Way

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Kalau begitu, yuk langsung saja kita bahas arti dari idiom [on my way] ini. 


Arti On My Way

Ini kalau diartikan secara kata per kata artinya aneh, tapi kita coba dulu yuk. [On] itu artinya adalah [di] sementara [my way] artinya adalah [jalan saya]. Jadi, kalau diartikan secara kata per kata, on my way artinya adalah,

Di jalan saya.

Kalian mungkin akan mengartikan ini sebagai seseorang yang menghalangi kalian misalnya. Contohnya, misalnya di kalimat seperti ini,

You're on my way.

Kalian mungkin mengartikan kalimat di atas sebagai,

Kamu di jalan saya (*maksudnya adalah kamu menghalangi jalan saya.)

Dan ternyata ini SALAH, karena kalau kamu menghalangi jalan saya maka kalimat yang benar adalah,

You're in my way. (Kamu menghalangi jalan saya.)

Ada penjelasan dari Guruku Mr. D mengenai hal ini. Saya embedkan saja ya videonya Guruku Mr. D di bawah ini, biar kalian bisa langsung dapat penjelasannya dari orang Amerika asli.


Jadi, di situ Mr. D menjelaskan bahwa kalau kita ngomong, I'm on my way, itu artinya bahwa kita sedang menuju ke orang tersebut. Misalnya ada teman kita yang nelpon nanya,
Eh, loe ada di mana?
Kalau kita memang maksudnya ke tempat orang yang nelpon kita tersebut, maka kita bisa bilang,
I'm on my way.
Atau 
I'm on the way.
Maksudnya adalah,
Saya sedang dalam perjalanan ke tempat kamu.
Itu maksudnya. Nanti kita akan lihat contoh adegannya ya dari film biar kalian bisa lebih mengerti dah paham lagi.


Pelafalan On My Way

Mari kita dengarkan pelafalan dari on the way pada video berikut ini.


Berikutnya, mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata on my way ini.

On My Way Di Adegan Film

Cuplikan adegan yang pertama ini dari film Gotham, Season 1 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Harvey: I've got a lead. Meet me at Fourth and Grundy in an hour. (Gue dapat petunjuk nih soal pembunuhan itu. Temuin gue di Fourth and Grundy sejam lagi ya.)

Jim Gordon: On my way. (Gue menuju ke sana.)

Nah, di cuplikan itu dua orang ini merupakan detektif polisi yang sedang berusaha mencari tahu siapa pembunuh untuk kasus yang sedang mereka tangani, dan si Harvey tiba-tiba mendadak mendapatkan petunjuk untuk kasus pembunuhan tersebut dan kemudian dia menelpon rekannya yang kebetulan lagi tidur, dan minta untuk ketemu sejam lagi.

Lalu si Jim Gordon mengiyakan dan lalu mengatakan,
On my way.
Maksudnya dia saat itu dia langsung berangkat menuju ke tempat orang yang nelpon dia saat itu yaitu ke tempatnya di mana detektif Harvey berada.

     Baca juga: Arti For Kicks

Adegan yang berikutnya dari film Back to the Future (1985). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Untuk percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya kalian bisa membacanya di artikel saya yang berjudul Arti You Made It.

     Baca juga: Arti You Made It

Dan di artikel itu juga cuplikan adegannya jauh lebih panjang sehingga kalian bisa lebih mengerti lagi kalau melihat situasinya.

Di cuplikan adegan tersebut si Doc minta tolong ke si Marty pas nanti dia ke tempat yang mereka janjikan untuk bertemu, tolong dia juga bawain kamera video karena dia kelupaan membawa kamera videonya.

Baru kemudian si Marty berkata,
Yeah. I'm on my way, Doc!
Yang maksudnya adalah dia setelah itu langsung berangkat dan menuju ke tempat di mana si Doc itu berada. Di artikel arti you made itu cuplikan adegan filmnya lebih lama dan kalian bisa melihat kemudian si Marty ketemu dengan si Doc di tempat yang mereka sudah janjikan.

Saya rasa sekian dulu kalau begitu sharing dari saya mengenai arti dari idiom on my way ini. Semoga bisa bermanfaat dan nanti kalau saya menemukan lagi adegan di mana diucapkan idiom on my way ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and bye now.

Comments