Arti Help Each Other

Arti You Alright

Halo teman-teman. Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [you alright], sering menemukan kata-kata ini diucapkan ketika kalian nonton film dan bingung artinya apa? Oh iya, seperti biasa, kita juga akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata ini, biar kalian bisa lebih paham dan mudah untuk mengertinya.

Arti You Alright

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas artikel ini. 


Arti You Alright

Sebenarnya you alright ini merupakan kalimat yang tidak utuh, dan biasanya ini diucapkan di percakapan. Kalimat utuhnya adalah [are you alright?] Mari kita artikan satu per satu yuk. [You] itu artinya [kamu] sementara [alright] itu [baik-baik] sementara [are] itu kata tanyanya.

     Baca juga: Arti For Real

Jadi, kalau diartikan are you alright atau yang [are]-nya dihilang yaitu you alright adalah,

Kamu baik-baik?

Merupakan hal yang biasa buat para penutur asli Bahasa Inggris untuk menghilangkan kata-kata seperti dalam hal ini [are]-nya dihilangkan. Kalau utuh [are you alright] artinya adalah,

Apakah kamu baik-baik aja?

Nah, kalian kalau di keseharian ngomong sama teman, masih pake kata [apakah] ngga? Biasanya ngga kan? Biasanya kita ngomongnya gini,

Kamu ngga papa?

Atau kalau kalian di Jakarta kalian ngomong pake [loe] [gue], jadinya,

Loe ngga papa?

Kita ngga pake kan kata tanya [apakah]-nya? Nah, mereka juga begitu, sama kaya kita, sering menghilangkan kata-kata kalau di percakapan keseharian, jadi ngga semua mereka ucapkan.


Beda All Right Dengan Alright

Lalu bedanya all right dengan alright itu apa? Pernah kan kalian melihat dua gaya penulisan ini. Ada yang menuliskannya sebagai [are you all right?] dan ada juga yang menuliskannya sebagai [are you alright?].

     Baca juga: Arti For Kicks

Bedanya apa sih antara all right dengan alright? Kalau kita ngomongin arti, keduanya memiliki arti yang sama. Bedanya [all right] itu bentuk baku sementara [alright] itu bentuk tidak bakunya. Itu aja bedanya, artinya sama persis. Pelafalannya juga sama persis antara all right dengan alright.


Pelafalan You Alright

Mari kita dengarkan pelafalan you alright pada video di bawah ini.

Berikutnya, mari kita tonton cuplikan adegan di mana diucapkan kata-kata you alright ini.


You Alright Di Adegan Film

Berikut ini adalah cuplikan adegan dari film Gotham, Season 1 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Jim: You all right? (Loe baik-baik aja?)

Harvey: Couple drinks, I'll be fine. (Gue cuma perlu minum beberapa teguk aja, dan gue bakalan oke lagi.)

Jim: Bullock.

Jim Gordon yang ngomong [you alright] itu merupakan seorang detektif polisi, dan orang yang dia sapa itu adalah juga seorang detektif polisi. Mereka berpartner berdua, dan si Jim melihat sepertinya si Harvey kondisinya kaya kurang sehat atau kurang fit, makanya kemudian dia ngeluarin kata-kata ini,

You alright? (Loe ngga papa? atau Loe baik-baik aja?)

Baru kemudian si detektif Harvey menjelaskan kalau dia hanya perlu minum beberapa teguk aja. Dan bentuk alright ini dipake karena situasinya bisa dilihat ngga formal, di jalanan seperti itu, dan bukan di dalam kantor.

Nah, kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari you alright ini, dan nanti kalau saya menemukan adegan yang lain di mana diucapkan kata-kata you alright ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments

  1. Penjelasannya simple, detail, jadi mudah dimengerti, makasih kak

    ReplyDelete

Post a Comment