Skip to main content

Arti Bastard

Bastard artinya adalah,Bajingan.
Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari kata bastard, dan seperti  biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana kata bastard ini diucapkan.Baca juga: Arti Just Like ThatKalau begitu yuk mari kita bahas. Oh iya, saya juga punya youtube channel. Support saya dengan subscribe di youtube channel saya dong dengan mengklik DI SINI ya.
Arti BastardKita langsung lihat saja yuk ke penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge pada gambar di bawah ini.
Menurut kamus Cambridge, bastard itu artinya adalah,Orang yang tidak menyenangkan.Jadi, bastard itu adalah sebutan bagi orang yang tidak menyenangkan, kalau di Bahasa Indonesia kita suka menyebut dengan istilah,Bajingan, kampret, ngehe.Hati-hati menggunakannya ya, karena kata bastard ini termasuk ke dalam kata-kata kotor. Kalian bisa lihat aja terjemahannya aja kaya gitu jadi ya kalian bisa tahu seberapa kotornya kata tersebut.Baca juga: Arti Old …

Arti Where Were You

Where were you artinya adalah,
Tadi kamu di mana?

Arti Where Were You

Hello everyone, what's poppin? Kali ini kita akan membahas arti dari kalimat tanya where were you, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan yang saya ambil dari film di mana diucapkan kalimat tanya ini.

     Baca juga: Arti What's Your Name

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas mengenai arti dari where were you ini. Support saya juga dengan SUBSCRIBE di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI.

Arti Where Were You

Kalau kalian ketikkan kata-kata ini di Google Translate, maka kalian akan mendapatkan terjemahan yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Where Were You Terjemahan Google Translate

Di situ ada tanda centangnya yang berarti bahwa hasil terjemahan ini sudah diverifikasi oleh komunitas terjemahan dari Google. Tapi masalahnya kalau diterjemahkan sebagai [di mana kamu?] lalu bedanya dengan kalimat [where are you?] apa dong?

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Muka Jutek

Kalau kita lihat antara kalimat [where were you?] dengan [where are you?] yang beda cuma [were] sama [are], ya ngga? Dan itu menjadi penentu waktunya, atau kita sering mendengar istilah tenses ya?

[Were] itu bentuk tenses lampau atau masa lampau, sementara [are] itu bentuk tenses sekarang atau present tense. Terus bedanya apaan? Nah, ini karena di Bahasa Indonesia tenses itu tidak ada, kita lebih memberi tanda dengan memberitahukan waktunya kalau kita ingin memberitahu kapan suatu tindakan itu telah terjadi, maka itulah where were you saya terjemahkan menjadi,
Tadi kamu di mana?
Tadi itu menandakan bahwa pertanyaan itu ditanyakan untuk mengetahui di mana posisi seseorang di waktu tertentu di masa lampau, dan bukannya bertanya posisi seseorang saat ini kan? Kalau kita ingin bertanya posisi seseorang saat ini, maka kita akan bertanyanya seperti ini,
Sekarang kamu di mana?
Kita memberi tambahan kata [tadi] dan [sekarang] untuk membedakan waktunya. Biasanya, kalimat tanya [where were you?] ini ditambahkan dengan waktu tertentu, yang tentunya waktunya itu di masa lampau seperti yang nanti kita akan tonton contohnya di cuplikan adegan yang saya sertakan di artikel ini.

     Baca juga: Arti My Apologies

Waktunya harus waktu lampau ya kalau kita pake [were] seperti misalnya kemarin. Kita bertanya [kemarin kamu di mana?] yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris artinya adalah,
Where were you yesterday?
Atau misalnya kita mau nanya [kemarin malam kamu di mana?] maka Bahasa Inggrisnya adalah,
Where were you last night?
Nah, seperti itu kurang lebih kalau disebutkan waktunya, dan kalau tidak disebutkan waktunya, maka terjemahannya adalah dengan menambahkan kata [tadi], persis seperti terjemahan yang sudah saya berikan di atas.

Bedanya Sama Where Have You Been?

Kalian mungkin akan bertanya, lalu bedanya sama kalimat where have you been apa? Kalau where have you been itu artinya adalah,
Kamu dari mana aja sih?
Biasanya ini diucapkan saat kita lagi nyari teman kita, terus kita ngga nemu, dan habis itu kita ketemu sama dia, kita ngucapin,
Where have you been?
Sementara kalau where were you itu lebih kaya, kita lagi bareng sama teman terus teman kita itu pergi atau menghilang, terus kita nanya [tadi kamu di mana?] maka kita nanyanya,
Where were you?
Penting untuk dicatat! Kalau kalian ingin nerjemahin, kalian perlu melihat konteks dan situasinya terlebih dahulu, karena nanti kalimatnya bisa jadi berbeda tergantung dari situasi dan kondisinya.

Pelafalan Where Were You

Mari kita simak pelafalan dari where were you pada video berikut ini.


Berikutnya, mari kita simak cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat tanya where were you ini.

Where Were You Di Adegan Film

Berikut ini adalah cuplikan adegan dari film Gotham, Season 1 Episode 1. Mari kita simak adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Jim Gordon: Where were you last Saturday night around 9:30? (Sabtu malam kemarin sekitar jam 9.30, kamu berada di mana?)

Mario Pepper: I was here at home with my family. (Saya ada di rumah dengan keluarga saya.)

Istrinya Mario Pepper: That's right. He was here. (Iya, benar. Dia ada di sini.)

Harvey: Pearl necklace sound familiar? (Kalung mutiara terdengar familiar di telinga kamu?)

Mario Pepper: No. (Ngga.)

Harvey: Then I guess you don't mind we, uh, take a look around the place. (Kalau gitu kamu ngga keberatan dong, kalau kita melihat-lihat tempat kamu ini.)

Mario Pepper: You need a warrant. (Kamu butuh surat perintah penggeledahan.)

Di situ bisa kita lihat detektif Gordon menambahkan keterangan waktunya yaitu [last Saturday night around 9.30]. Bisa kalian lihat waktu yang ditambahkan di situ adalah waktu lampau kan. Ngga mungkin menggunakan bentuk [where were you] tapi keterangan waktunya adalah keterangan waktu yang akan datang seperti misalnya besok atau minggu depan. Misalnya,
Where were you tomorrow? (Ini bentuk yang SALAH!)
Juga salah kalau kita menggunakan bentuk sekarang yaitu [are] misalnya,
Where are you tomorrow? (Ini juga SALAH!)
Gunakan bentuk future tense kalau ingin menggunakan keterangan waktu yang akan datang, maka menjadi,
Where will you be tomorrow?
Nah, jadi kita memang perlu berhati-hati dan melihat bentuk tenses ini karena di bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia itu tidak ada tenses. Bentuk kata kerjanya tetap sama dan kita hanya menambahkan tambahan keterangan waktu saja kalau di Bahasa Indonesia. Bingung ya? Sama! Kalau kalian ngga bingung justru malah saya yang akan bingung. Lho? Makin bingung kan?

Pokoknya kurang lebih seperti itu. Jadi, sekian dulu sharing dari saya mengenai arti where were you ini, dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kalimat tanya where were you ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments