Arti Help Each Other

Arti Make Ends Meet

Halo semuanya, apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari sebuah idiom Bahasa Inggris yaitu [make ends meet], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom ini.

Arti Make Ends Meet

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu, mari langsung saja kita bahas idiom make ends meet ini. 

Arti Make Ends Meet

Kita coba terjemahin kata per kata dulu ya sebelum kita lihat artinya di kamus idiom make ends meet ini. [Make] itu artinya [membuat], sementara [ends meet] itu artinya bisa kita lihat pada hasil terjemahan dari Google Translate pada gambar di bawah ini.

Arti Ends Meet

Nah, jadi kalau kita satukan maka terjemahan dari make ends meet secara harfiah adalah,
Membuat akhir pertemuan.
Maksudnya apa ya? Bingung kan? Nah, memang kalau kita bertemu dengan yang namanya idiom, sebaiknya kita tidak mengartikannya secara kata per kata seperti ini karena artinya biasanya akan sangat berbeda sekali dengan arti yang sebenarnya.

     Baca juga: Arti Chick

Sekarang, mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Cambridge mengenai arti dari idiom make ends meet ini pada gambar di bawah ini.

Penjelasan Make Ends Meet

Kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Mempunyai cukup uang untuk bisa membayar apa yang dibutuhkan.
Kalau kita orang Indonesia biasanya ngomongnya gini,
Kerja cuma buat makan.
Misalnya orang nanya, "Loe kerja di mana?" terus teman kita jawab, "Gue kerja ngajar, ya cuma biar gue bisa makan aja." Dalam artian penghasilan dari kerjanya itu ngga terlalu besar, hanya cukup buat makan sehari-hari aja. Biasanya sih orang Indonesia ngomongnya seperti itu.


Penjelasan Dalam Bentuk Video

Kebetulan saya sudah membuat video di mana saya menjelaskan mengenai idiom make ends meet ini. Mari kita tonton videonya di bawah ini, dan jangan lupa subscribe ya di youtube channel saya ini.


Berikutnya, mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom make ends meet ini.


Make Ends Meet Di Adegan Film

Berikut ini adalah cuplikan adegan dari film Graceland, Season 1 Episode 3. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Mike: I'm trying to make it on the PGA tour. Right now, I'm teaching privately to make ends meet. (Aku berusaha untuk bisa ikutan di kejuaraan PGA. Saat ini, aku ngajar privat hanya untuk bisa makan.)

Cewe: That's so great. So you play at Spyglass, right? (Wah, bagus banget tuh. Jadi, kamu biasanya main di Spyglass ya?)

Mike: Spyglass, many times. Old Spyglass, right? (Iya, aku beberapa kali main di Spyglass. Spyglass lama kan?)

Cewe: Yes. My dad is a huge golfer. (Iya. Ayahku seorang pegolf besar.)

Di situ agen Mike Warren yang menyamar menjadi orang biasa, kenalan sama cewe dan kemudian mereka ngobrol. Di situ dia cerita kalau dia itu pemain golf dan saat ini dia ngajar golf secara privat hanya agar dia bisa makan aja. 

     Baca juga: Arti Talk Into

Kalau orang Indonesia kalau ngomong "hanya bisa makan" aja kan ngga artinya benar-benar cuma untuk bisa makan, tapi untuk bisa mencukupi kebutuhan mendasar setiap bulannya kaya buat makan, bayar listrik, beli pulsa, bayar kontrakan misalnya.

Nah, jadi itulah arti dari idiom make ends meet. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana idiom make ends meet ini diucapkan, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Kalau begitu sampai ketemu lagi ya. Bye now.

Comments