Arti Help Each Other

Arti Wait and See

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari frasa kata wait and see. Kalian pasti sering mendengar frasa kata ini diucapkan di film, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana frasa kata ini diucapkan.

Arti Wait and See

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas arti dari wait and see ini. 

Arti Wait and See

Mari kita terjemahkan kata per katanya yuk sebelum kita melihat artinya dari sebuah kamus. [Wait] itu artinya adalah [tunggu] sementara [and] itu artinya [dan] lalu [see] itu artinya [lihat]. Jadi, wait and see itu kalau diterjemahkan secara kata per kata maka terjemahannya adalah,
Tunggu dan lihat.
Sekarang, mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Collins pada gambar screenshot di bawah ini.

Penjelasan Wait and See

Penjelasannya ada di dalam kotak warna merah di atas, yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kalau kamu mengatakan kepada seseorang untuk wait and see, itu artinya bahwa kamu mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus bersabar atau mereka tidak perlu khawatir terhadap apa yang akan terjadi karena mereka tidak bisa mengontrolnya.
Nah, jadi seperti itu arti dari frasa kata wait and see menurut kamus Collins ini. Kalau di Indonesia itu kita sih biasanya ngomongnya kaya gini,
Tunggu aja.
Cukup dengan kata-kata [tunggu aja] kalau biasanya orang Indonesia, ngga perlu pake kata [tunggu dan lihat] karena setelah menunggu nanti kita pasti akan melihat seperti apa kan? Makanya mungkin itulah kenapa kita orang Indonesia biasanya cuma ngomong [tunggu aja] dan ngga pake kata [lihat] di situ.

     Baca juga: Arti Best Friend

Di bawahnya diberikan dua contoh kalimat yang menggunakan frasa kata wait and see ini. Contoh kalimat yang pertama kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya yaitu,
Kita tunggu aja apa yang akan terjadi.
Lalu contoh kalimat yang kedua kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, artinya yaitu,
Sebuah sikap menunggu apa yang akan terjadi.
Berikutnya, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana frasa kata wait and see ini diucapkan.


Wait and See Di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan adegan di bawah ini. Ini dari film Gotham, Season 1 Episode 1.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Fish: James, wait. You have a little danger in your eye. I wonder what you plan to do with that. (James, tunggu. Aku melihat sesuatu yang sepertinya berbahaya di mata kamu. Aku penasaran dengan apa yang mau kamu lakukan.)

James: You'll have to wait and see. (Ya, kamu tinggal tunggu aja.)

Si James minta si Fish Mooney untuk nunggu dan lihat sendiri aja nanti apa yang akan dia lakukan terhadap dirinya karena di situasi ini kebetulan si James ini merupakan seorang detektif polisi yang sedang membongkar sebuah kasus pembunuhan, dan ada tanda-tanda bahwa yang melakukan pembunuhan ini adalah orang-orang si Fish Mooney ini. Tapi karena bukti-bukti yang dia punyai juga belum cukup kuat, jadi dia belum bisa menangkap si Fish Mooney ini.

     Baca juga: Arti A While

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari frasa kata wait and see ini. Semoga bisa bermanfaat dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan frasa kata wait and see ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya ya, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments