Arti Help Each Other

Arti Cheating

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari kata [cheating], dan seperti biasa, kita akan melihat cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [cheating] ini agar kalian bisa melihat sendiri arti berdasarkan konteksnya, karena arti [cheating] ini luas sekali, artinya bisa banyak sekali.

Arti Cheating

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas.

Arti Cheating

Cheating itu bisa mempunyai banyak arti tergantung dari konteksnya. Jadi, kalau kita mau mengartikan kata [cheating] kita harus terlebih dahulu melihat konteks dan situasinya terlebih dahulu karena artinya bisa banyak.

Untuk arti dari [cheating] ini saya merujuk dan melihat ke kamus Collins. Di situ diberikan penjelasan mengenai arti [cheating] sebagai berikut.

Arti [cheating] yang pertama adalah berlaku curang. Ini seperti misalnya kalian curang dalam sebuah pertandingan atau main game misalnya.

Arti [cheating] yang kedua adalah selingkuh. Ini misalnya kalian menyelingkuhi pacar kalian, atau kalian diselingkuhi oleh pacar kalian.

Arti [cheating] yang ketiga adalah berlaku tidak jujur. Ini sebenarnya mirip dengan arti [cheating] yang pertama.

Arti [cheating] yang keempat adalah nyontek. Ini misalnya kalian lagi di dalam kelas dan kemudian ada ujian, lalu kalian nyontek ke sebelah kalian.

Saya tidak akan memberikan contoh kalimatnya ya, tapi saya akan memberikan contoh-contoh adegan dari film atau dari komik atau dari buku, di mana diucapkan kata-kata [cheating] ini. Dan yang bagus dari contoh-contoh ini, kalian bisa melihat konteksnya sehingga kalian akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Contoh Penggunaan Kata Cheating

Di bagian ini kita akan melihat contoh-contoh di mana kata [cheating] digunakan. Di bagian ini nanti akan saya update terus kalau saya menemukan tambahan lagi adegan, atau komik atau apa pun mana diucapkan kata [cheating].

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Ibu Guru: Anthony, I know how much you need to pass my class, but this is not how you gonna do it. I will not tolerate cheating. (Anthony, saya tahu betapa kamu butuh untuk bisa lulus dari kelas saya, tapi bukan begini caranya. Saya tidak suka dengan orang yang nyontek.)

Anthony: Cheating? I didn't.. I didn't.. I didn't cheat. (Nyontek? Saya ngga nyontek.)

Spencer: It was my fault. I made him do it. (Saya yang salah. Saya yang membuat dia melakukannya.)

Kepala Sekolah: You made him.. have you write his paper? (Kamu yang membuat dia melakukannya? Maksud kamu, kamu yang nulis papernya dia?)

Spencer: Yeah. (Iya.)

Kepala Sekolah: Mm-hm.

Jadi, situasinya adalah si Spencer dan si Anthony dipanggil ke ruangan Kepala Sekolah karena papernya si Anthony itu ternyata oleh ibu guru ditemukan bahwa kalimat-kalimat yang ada di situ sama dengan kalimat yang ada di papernya si Spencer tahun lalu.

Lalu si ibu guru tersebut menuduh kalau Anthony nyontek papernya Spencer. Jadi, di sini kita bisa melihat arti dari [cheating] untuk kasus ini adalah,
Nyontek.
Si Anthony kemudian membela diri, dia bilang kalau dia ngga nyontek, dan kemudian si Spencer ngaku, kalau dia yang ngebuatin papernya si Anthony. Jadi, ternyata memang benar si Anthony ngga nyontek seperti pembelaan dia, tapi lebih parahnya lagi, ternyata papernya dia itu dibuatin sama si Spencer dan bukan hasil karyanya dia sendiri.

Saya rasa sekian dulu kalau begitu ya mengenai arti cheating ini, dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kata [cheating] ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Pantengin terus blog saya, dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya. I'll talk to you soon, and bye-bye.

Comments