Arti Help Each Other

Arti Have a Seat

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari idiom [have a seat], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom [have a seat] ini.

Arti Have a Seat

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk mari kita bahas arti dari [have a seat] ini.


Arti Have a Seat

Kalau diartikan secara kata per kata [have] itu artinya adalah [memiliki] dan [a seat] artinya adalah [sebuah tempat duduk]. Jadi, kalau diartikan secara kata per kata, maka [have a seat] itu artinya adalah,

Memiliki sebuah tempat duduk.

Tapi sebenarnya arti yang sesungguhnya itu bukanlah terjemahan yang di atas ini. Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Free Dictionary by Farlex mengenai arti dari idiom [have a seat] pada gambar di bawah ini.

Penjelasan Have a Seat

Arti dari have a seat menurut kamus ini adalah,

Duduk. Dapat juga digunakan sebagai kata perintah, meminta pendengarnya untuk duduk.

Kalau diartikan ke dalam kebiasaan kita berbicara di dalam Bahasa Indonesia, maka [have a seat] artinya adalah [silakan duduk].

Kita lihat dua contoh kalimat yang diberikan oleh kamus ini yang menggunakan idiom [have a seat] ini.

Contoh kalimat yang pertama, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

Saya duduk dan menunggu resepsionis memanggil nama saya.

Contoh kalimat yang kedua, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

A: Silakan duduk, saya akan panggilkan Bill.

B: Terima kasih.

Selanjutnya, kita akan menonton cuplikan adegan yang saya ambil dari film di mana diucapkan idiom [have a seat] ini agar kalian bisa melihat sendiri situasi di mana diucapkan idiom ini.


Contoh Penggunaan Idiom Have a Seat

Kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom [have a seat] ini agar kalian bisa melihat sendiri di situasi seperti apa saja diucapkan idiom [have a seat] ini.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Ini situasinya adalah di sekolah, di mana Spencer Gilpin yang merupakan murid dari sekolah tersebut dipanggil oleh Kepala Sekolahnya, dan ketika si Spencer masuk ke ruangan Kepala Sekolah, sang Kepala Sekolah berkata,

Have a seat, Spencer.

Dan kemudian seperti yang kalian lihat, Spencer Gilpin pun lalu duduk. Di sini bisa kita lihat bahwa sang Kepala Sekolah meminta Spencer untuk duduk, atau biasanya kita di dalam Bahasa Indonesia mengatakan kata-kata berikut ini,

Silakan duduk, Spencer.

Nah, seperti itu kondisinya. Ada kata-kata lain juga yang bisa kalian ucapkan untuk meminta seseorang untuk duduk, dan kalian bisa melihat kata-kata itu di artikel saya yang judulnya Bahasa Inggrisnya Silakan Duduk.

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Silakan Duduk

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari have a seat ini, dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain dari film di mana diucapkan kata-kata have a seat ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now. 

Comments