Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Look

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti [look], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [look] ini agar kita bisa lebih mengerti dan memahami artinya.

Arti Look

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti Look Up

Mari langsung saja kita bahas arti dari look ini.


Arti Look

[Look] itu kalau terjemahan harfiahnya adalah [lihat]. Tapi sebenarnya banyak sekali arti dari [look] ini. Beda situasi dan kondisi maka arti dari [look] ini akan sangat berbeda sekali. Ngga bisa kita selalu mengartikan [look] ini dengan terjemahan [lihat] karena bisa jadi malah jadi salah menerjemahkan kita jadinya.

Arti dari look antara lain:

  1. Meminta seseorang untuk melihat ke sesuatu.
  2. Mencari sesuatu atau seseorang.
  3. Terlihat.
  4. Menghadap ke suatu arah tertentu.
  5. Digunakan untuk memberitahukan kepada seseorang agar mereka berhati-hati.
  6. Merencanakan untuk melakukan sesuatu.
  7. Tindakan melihat ke sesuatu atau ke seseorang.
  8. Ekspresi dari wajah seseorang.
  9. Gaya fashion.
  10. Penampakan dari seseorang atau sesuatu.
  11. Digunakan untuk mengekspresikan rasa marah.
  12. Dan lain-lain.

Kita akan langsung lihat ke contoh-contoh cuplikan adegan dari film yang saya sertakan ya dan kita bahas di situ aja sehingga kalian nanti bisa melihat betapa arti dari [look] ini bisa sangat beranekaragam sekali.


Contoh Penggunaan Kata Look

Di bagian ini, nanti saya akan mengumpulkan semua adegan dari film, atau komik, atau buku misalnya di mana diucapkan kata [look] sehingga kalian bisa melihat sendiri artinya seperti apa di konteks yang berbeda-beda, sehingga nanti kalian bisa mengartikannya sendiri menurut gaya kalian.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle. Di cuplikan adegan yang akan kita tonton ini ada dua kata [look] yang mana dua kata [look] ini mempunyai dua arti yang berbeda.

Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Spencer: Look. I'm sorry, okay? (Gini deh. Gue minta maaf, oke?)

Anthony: No, no, it's not okay. What the hell, man? You got me kicked off the team. (Ngga, ngga, ini masalah, bro. Kampret loe! Gara-gara loe, gue dikeluarin dari tim.)

Spencer: Yeah, well, you could've gotten me expelled. It's not like you're the only one who's living dangerously. (Ya, gara-gara loe juga gue kemungkinan dikeluarin dari sekolah ini. Kayanya bukan loe doang deh yang nyerempet bahaya.)

Anthony: Living dangerously? (Nyerempet bahaya?)

Spencer: Yes. This is the most dangerous thing I've ever done in my life. And now look at me. I'm paying the price. (Iye. Ini tuh hal paling berbahaya yang pernah gue lakuin seumur hidup gue, tahu ngga loe? Dan sekarang loe lihat nih. Jadi gue yang kena batunya.)

Ada dua kata [look] yang digunakan di situ. Mari kita analisa satu per satu arti dari dua kata [look] dari cuplikan adegan di atas.

Kata [look] yang pertama mempunyai arti kalau menurut kamus Cambridge adalah,
Kata yang digunakan untuk mendapatkan perhatian seseorang, seringkali untuk mengekspresikan rasa kemarahan atau rasa kekesalan.
Di sini, kata [look] yang pertama diucapkan Spencer ketika dia ingin ngomong ke Anthony. Saya ceritakan situasinya juga ya. Mereka berdua ini kena hukuman, karena si Anthony itu ketahuan oleh gurunya bahwa tugas papernya dikerjain sama si Spencer, dan si Spencer sebagai orang yang ngerjain tugasnya Anthony juga kena hukuman karena ngerjain tugasnya si Spencer. Akhirnya jadi dua-duanya yang dihukum.

Si Anthony kesal sama si Spencer karena ngerjain tugasnya sembarangan banget sampai guru bisa tahu kalau tugasnya dikerjain sama Spencer. Dia ngga ngerjain tugas tapi lebih nyontek tugasnya tahun lalu yang judulnya sama dengan papernya si Anthony. Itulah kenapa si ibu guru bisa tahu karena kata-katanya sama antara paper si Spencer tahun lalu dengan paper si Anthony yang sekarang.

Kemudian mereka di bawa ke ruang hukuman, dan di sini Spencer ngomong,
Look.
Saya tidak menerjemahkan kata [look] ini menjadi [lihat] karena seperti kalian lihat, si Anthony ngga ngelihat ke mukanya Spencer. Jadi, di sini kata [look] ini digunakan untuk memulai pembicaraan. Kalau di Bahasa Indonesia, untuk situasi yang seperti ini, biasanya kita ngomongnya seperti ini.
Gini deh.
Kata [look] yang kedua yang diucapkan oleh Spencer di cuplikan adegan di atas,
And now look at me.
Yang kalau diterjemahkan secara kata per kata maka terjemahannya adalah,
Dan sekarang lihat saya.
Tapi seperti yang kalian lihat juga, setelah Spencer ngomong kata-kata itu, si Anthony juga ngga ngelihat ke mukanya Spencer kan? Jadi, bukan itu sebenarnya maksudnya, bukan meminta untuk melihat ke arahnya si Spencer.

Kata [look] yang kedua di cuplikan adegan di atas mempunyai arti,
Untuk merenungkan dan memikirkan sesuatu.
Itulah mengapa kata-kata [and now look at me] saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi,
Dan sekarang loe lihat nih.
Maksudnya bukan untuk melihat ke si Spencer tapi untuk merenungkan, gara-gara si Anthony minta Spencer buat ngerjain tugasnya dia, jadinya sekarang si Spencer juga jadi kena batunya juga, kena hukuman juga. Coba kalau si Anthony ngerjain aja sendiri, dia ngga bakalan ikut kena dihukum juga. Lebih ke situ maksudnya kata-kata dari si Spencer saat mengatakan [and now look at me].

Jadi, kalian bisa lihat sendiri kan, dua kata [look] ini artinya bisa berbeda. Nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain, kita akan analisa lagi dan lihat arti dari [look] yang ada di situ artinya apa lagi.

Dari sini kita bisa lihat bahwa kita memang tahu dan mengerti konteks dan situasinya seperti apa sehingga nanti terjemahan kita juga pada akhirnya tidaklah ngaco.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti kata look ini. Pantengin terus blog saya ini, dan sampai ketemu lagi. Bye now.

Comments