Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Say Hi

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [say hi], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [say hi] ini.

Arti Say Hi

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti What Do You Do

Kalau begitu, yuk mari kita langsung saja bahas arti dari say hi ini.


Arti Say Hi

[Say] itu artinya adalah [ucapkan] atau [katakan] sementara [hi] itu artinya adalah [hai] atau [halo]. Jadi, [say hi] itu terjemahan secara kata per katanya adalah [ucapkan hai].

Tapi nanti kita akan melihat bahwa [say hi] ini bisa diterjemahkan lain tergantung dari situasinya, maka dari itu sebelum kita menerjemahkan kata-kata Bahasa Inggris, penting sekali untuk kita mengetahui situasi dan konteksnya terlebih dahulu, karena kata-katanya bisa berubah arti di situasi yang berbeda.

Seperti misalnya [say hi] ini juga bisa berarti [titip salam] di situasi yang berbeda. Kalian bisa baca artikel saya yang berjudul Bahasa Inggrisnya Titip Salam, dan di situ kalian akan melihat cuplikan adegan dari film di mana kata-kata [say hi] ini diterjemahkan sebagai [titip salam] atau [kirim salam].

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Titip Salam

Di cuplikan adegan yang akan kita tonton sebentar lagi, kalian juga akan melihat perbedaan terjemahannya.


Say Hi Di Adegan Film

Cuplikan adegan berikut ini yang akan kita tonton, saya ambil dari film How I Met Your Mother, Season 1 Episode 1.

Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Ted: Hey, Barney, see that girl? (Eh, Barney, loe lihat cewe itu deh.)

Barney: Oh, yeah. You just know she likes it dirty. Go say hi. (Iya, gue lihat. Loe tahu aja kalau dia suka hal-hal yang nakal. Ajakin kenalan gih.)

Ted: I can't just go say hi. I need a plan. I'm gonna wait until she goes to the bathroom. I'll strategically place myself by the jukebox.. (Gue ngga bisa gitu aja ajakin kenalan. Gue butuh rencana. Gue bakalan nunggu sampai dia masuk ke toilet. Gue bakalan berdiri di kotak musik yang ada di situ..)

Barney: Hi, have you met Ted? (Halo, udah pernah ketemu sama Ted?)

Ted: Hi. (Hai.)

Robin: Let me guess, Ted? (Coba aku tebak, Ted kan?)

Di cuplikan adegan di atas, Ted lagi nongkrong sama temannya Barney di sebuah bar, dan kemudian dia melihat ada cewe yang baru masuk ke bar, dan Ted sepertinya tertarik dengan cewe itu karena cantik, kemudian dia ngomong sama si Barney.
Hey, Barney, see that girl? (Eh, Barney, loe lihat cewe itu deh.)
Lalu si Barney nyadar kalau si Ted suka sama itu cewe. Makanya kemudian dia ngomong,
Go say hi. 
Kata-kata ini kalau diartikan secara kata per kata [go] itu artinya [pergi], dan [say] itu artinya [ucapkan] dan [hi] itu artinya [hai]. Jadi, kalau diterjemahkan secara kata per kata, maka terjemahannya adalah,
Pergi ucapkan hai.
Tapi kita biasanya kalau di situasi seperti ini di Indonesia, biasanya sih kita akan ngomong,
Ajakin kenalan gih.

Benar ngga? Itulah mengapa saya terjemahkan [go say hi] menjadi [ajakin kenalan gih] karena melihat situasinya seperti itu dan saya berpikir biasanya orang Indonesia kalau di situasi yang seperti ini ngomongnya seperti apa sih. Itulah mengapa saya menerjemahkannya seperti itu.

Jadi, seperti yang tadi saya bilang, kita harus lihat terlebih dahulu situasinya seperti apa, konteksnya itu gimana, sehingga nanti terjemahannya bisa lebih akurat dan ngga cuma menerjemahkan secara kata per kata seperti yang saya contohkan di atas juga.

     Baca juga: Arti Attaboy

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti say hi ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan say hi, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments