Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti What Happened to You

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [what happened to you], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata [what happened to you] ini.

Arti What Happened to You

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti Get Out

Kalau begitu mari kita langsung saja bahas yuk.


Arti What Happened to You

Kita artikan satu per satu kata-katanya ya baru kemudian kita artikan keseluruhannya supaya kita juga bisa menambah kosakata Bahasa Inggris kita.

[What] itu artinya [apa] lalu [happened] itu artinya adalah [yang telah terjadi], dan [happened] ini merupakan bentuk lampau dari [happen]. Sementara [to you] itu artinya adalah [kepada kamu].

Jadi, [what happened to you] itu artinya adalah [apa yang telah terjadi kepadamu?]. Biasanya, kata-kata [what happened to you] ini ditanyakan saat kita melihat teman kita atau siapa pun seperti telah terjadi sesuatu kepadanya dan kita penasaran apa yang telah terjadi. Kita bertanyanya dengan menggunakan kalimat tanya ini.


Beda Antara What Happened to You Dengan What Did Happen to You?

Mungkin kalian ada melihat di film kadang dituliskan sebagai [what happened to you] tapi kadang ada juga yang bertanyanya [what did happen to you?] Bedanya apa sih?

Sebenarnya kalau dilihat dari artinya, keduanya sama, dan keduanya secara grammar juga betul. Lalu bedanya apa? Ini bedanya sama dengan kalimat [I love you] dengan kalimat [I do love you].

Kata [do] di dalam [I do love you] itu hanya untuk menekankan bahwa dia beneran cinta. Fungsinya hanya untuk menekankan aja.

Kalau di Bahasa Indonesia sama kaya kita menambahkan kata [sih] seperti misalnya contoh kalimat ini,

Kamu kenapa, bro?

Dengan,

Kamu kenapa sih, bro?

Hayo, bedanya apa antara kalimat yang diberi kata [sih] dengan kalimat yang tidak diberi kata [sih]? Bedanya adalah yang diberi kata [sih] lebih menekankan, si penanya itu jauh ingin lebih tahu kalau dia pake kata [sih].

Begitu juga dengan [what happened to you?] dengan [what did happen to you?]. Yang [what did happen to you?], si penanya lebih penasaran dan lebih ingin tahu apa yang telah terjadi. Hanya itu doang sih bedanya, artinya ya sama aja.


What Happened to You Di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata [what happened to you] ini. Berikut ini adalah cuplikan adegan dari film Gotham, Season 1 Episode 1. 

Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Barbara: My God, James. I feel so worried. What happened to you? (Ya Tuhan, James. Aku khawatir sekali sama kamu. Apa yang telah terjadi?)

Di cuplikan adegan di atas, Barbara yang merupakan pacar dari James mengucapkan [what happened to you] karena di situ dia khawatir sekali dengan keadaannya pacarnya itu.

Dia buka pintu dan terlihat pacarnya itu terlihat lesu dan di pelipis kanannya berdarah, makanya si Barbara kemudian bertanya apa yang telah terjadi, kenapa bisa sampai kaya gitu. Si James ini merupakan seorang detektif polisi yang lagi berusaha mengungkap pembunuh dari keluarga Wayne di cerita itu.


Kalau begitu, sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari what happened to you ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kata-kata what happened to you ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments