Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Get Off My Back

Hello everyone, what's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari idiom [get off my back], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana idiom [get off my back] ini diucapkan.

Arti Get Off My Back

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti Get Up

Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas arti dari idiom [get off my back] ini.

Arti Get Off My Back

Kita coba artikan secara kata per kata terlebih dahulu ya sebelum kita lihat arti idiom ini di kamus. [Get off] itu artinya adalah [lepasin, turun] dan [back] itu artinya [punggung], jadi [my back] artinya adalah [punggungku].

Kalau diartikan secara kata per kata atau terjemahan harfiahnya, maka [get off my back] artinya adalah [turun dari punggungku] atau menyuruh seseorang untuk turun dari punggung seseorang. Namun [get off my back] biasanya diartikan secara arti kiasannya yaitu jangan mengganggu saya.

Mari sekarang kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Free Dictionary by Farlex pada gambar screenshot di bawah ini.

Penjelasan Get Off My Back

Arti get off my back menurut kamus ini adalah,
Berhenti mengganggu saya; Jangan ngegerecokin gue.
Di bawahnya diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom ini. Contoh kalimat pertama, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

Tom: Loe sebaiknya mulai ngerjain paper loe.

Bill: Gue bakal ngerjain saat gue siap. Ngga usah ngurusin gue loe!

Contoh kalimat kedua, kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,

Alice: Gue cape dengar kritikan loe terus! Ngga usah ngegerecokin gue loe!

Jane: Gue cuma berusaha membantu aja sih.

Sebenarnya, [get off my back] itu bisa diartikan sebagai arti literalnya yaitu meminta seseorang untuk turun dari punggung seseorang, atau bisa juga diartikan sebagai arti kiasannya atau meminta seseorang untuk tidak mengurusi urusan orang lain.

Contoh Penggunaan Get Off My Back

Di bagian ini, nanti saya akan kumpulkan contoh-contoh dari adegan film atau apa pun di mana diucapkan idiom [get off my back] agar kalian bisa melihat sendiri situasinya seperti apa sehingga lebih untuk memahami dan tahu kapan menggunakannya pula.

Cuplikan adegan yang pertama, dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Spencer: Wait a second. (Tunggu bentar.)

Fridge: What the hell is hap..? Ow! Get off of my back! (Apa yang terjadi..? Auw! Turun loe dari punggung gue!)

Spencer: Are you okay? (Loe ngga papa?)

Martha: I think so. (Kayanya sih.)

Fridge: Goodness gracious, get off! (Ya ampun, turun dong!)

Martha: I'm getting off of you. (Iya, iya, gue turun.)

Fridge: Anybody care if I'm okay? What am I, a human landing pad? (Ngga ada yang peduli ya kalau gue kenapa-napa? Emangnya gue tempat mendarat apa?)

Di cuplikan adegan di atas, si Fridge ditiban dari atas. Si Martha tiba-tiba muncul di atasnya Fridge dan niban dia, kemudian si Fridge ngucapin,
Get off of my back!
[Get off of my back] dengan [get off my back] itu sebenarnya sama aja, dan kalau menurut aturan grammar sebenarnya yang lebih tepat itu yang [get off my back] dan ngga perlu ada [of] di situ, tapi karena ini bahasa percakapan, jadi seringkali terjadi hal seperti ini. Ngga butuh yang terlalu "proper" kalau untuk bahasa percakapan, mereka para native English speakers sering sekali melakukan hal yang seperti itu di dalam bahasa percakapan.

Kita lihat di sini arti dari [get off my back] bukanlah arti kiasan yaitu [jangan gangguin gue, jangan ngegerecokin gue, ngga usah ngurusin gue] namun lebih ke arti harfiahnya yaitu [meminta seseorang untuk turun dari punggung].

Nah, dengan adanya cuplikan adegan seperti ini kan kalian jadi bisa melihat sendiri, bahwa [get off my back] ngga selalu diartikan sebagai [ngga usah ngurusin gue] atau arti kiasan yang lain, tapi [get off my back] di sini benar-benar arti literalnya yang digunakan yaitu meminta seseorang untuk turun dari punggung seseorang.

Di sini kalian bisa melihat sendiri, si Martha tiba-tiba niban punggungnya Fridge, dan Fridge minta si Martha turun dari punggungnya.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari get off my back ini ya, dan nanti kalau saya menemukan lagi cuplikan adegan yang lain di mana diucapkan idiom get off my back ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di artikel saya yang lainnya, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments