Skip to main content

Arti Dumb-ass

Hello everyone. What's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari frasa kata [dumb-ass] dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan yang saya ambil entah itu dari film atau dari youtube video atau dari yang lain di mana diucapkan frasa kata [dumb-ass] oleh para native English speakers. Oh iya, saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.       Baca juga:  Arti I'm Afraid So Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari dumb-ass ini. Arti Dumb-ass Dumb-ass itu artinya adalah seseorang yang bodoh, tolol, goblok. Kata ini merupakan kata informal, jadi sebaiknya tidak digunakan untuk situasi yang bersifat formal. Kalau diartikan secara kata per kata [dumb] itu artinya [bodoh] sementara [ass] itu artinya [pantat], dan di sini kata [ass] ini sebenarnya lebih mengacu kepada orang cuma dalam kata yang kasar. Nanti kita akan melihat bagaima

Cari Di sini

Bahasa Inggrisnya Mobil Mogok

Hello everyone, what's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas apa sih Bahasa Inggrisnya mobil saya mogok. Nah seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata ini di dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Inggrisnya Mobil Mogok

Oh iya, saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Patungan

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas apa sih Bahasa Inggrisnya mobil saya mogok.


Bahasa Inggrisnya Mobil Mogok

Mobil mogok itu kan biasanya karena mesinnya bermasalah dan lalu mesinnya mati. Bahasa Inggris untuk kondisi yang seperti ini disebut [to stall] atau [stalled out]. Kita lihat definisi dari kata [to stall] pada screenshot di bawah ini.

Pengertian to Stall

Di kata-kata yang saya tandain warna kuning itu ada penjelasan dari [to stall] yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah,

(Dari mesin) yang mendadak berhenti biasanya disebabkan karena ada masalah di mesinnya.

Di bawahnya diberikan contoh kalimatnya yaitu,

Her car stalled at the crossroads. (Mobilnya mogok di perempatan.)

Lalu kita juga bisa melihat contoh-contoh penggunaan kata-kata yang digunakan di artikel yang ada di online untuk lebih tahu penggunaannya. Biasanya saya suka browsing dan mencari apakah memang kata-kata ini digunakan oleh para native English speaker atau tidak.

Mari kita lihat pada screenshot yang pertama di bawah ini.

Contoh Kalimat to Stall

Di situ kalian lihat ada kata-kata yang saya garis bawahi dengan garis warna merah di bawahnya kan? Yang pertama kita lihat di kalimat ini,
Safety practices for car stalling. (Hal-hal yang perlu dilakukan saat mobil mogok.)
Sebenarnya terjemahan kasarnya dari kalimat ini adalah [praktek keamanan untuk mobil mogok] tapi kurang enak terjemahannya maka saya sesuaikan dengan gayanya orang Indonesia.

Di situ kita juga melihat ada kata [car quits] yang kalau diterjemahkan secara kata per kata artinya adalah [mobil berhenti] tapi di konteks ini bisa artikan juga sebagai [mobil mogok].

Terus di situ ada lagi kalimat,
If the car is stalled in a traffic lane. (Kalau mobilnya mogok di tengah jalan.)
Di sini kita lihat lagi yang digunakan adalah kata [stalled] untuk kata mogok.

Lalu kita bisa lihat lagi pada screenshot di bawah ini.

Contoh Kalimat to Stall

Di situ kalimat yang saya tandai dengan garis merah di bawahnya yaitu,
What causes a car to stall while driving? (Apa yang menyebabkan mobil mogok saat kita sedang berkendara?)
Lagi-lagi kita temukan kata [to stall] untuk Bahasa Inggrisnya mobil mogok. Lalu di bawahnya ada kalimat ini,
How to fix a stalling vehicle. (Bagaimana memperbaiki kendaraan yang mogok?)
Nah, dari sini kita bisa lihat bahwa Bahasa Inggrisnya mobil mogok adalah [to stall], dan nanti tinggal kalian sesuaikan saja bentuknya apakah tetap [to stall] seperti contoh kalimat yang ada di atas, atau menjadi [stalled] atau ditambahkan kata [out] menjadi phrasal verb [stalled out] atau [stalling vehicle] di mana [stalling] di sini menjadi adjective yang menjelaskan kata [vehicle].

Berikutnya, kita akan lihat contoh adegan film di mana ada kondisi mobil yang lagi dikendarai tiba-tiba mendadak mogok, sehingga kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahaminya.

Mobil Mogok Di Adegan Film

Cuplikan adegan pertama yang akan kita tonton ini, saya ambil dari film New Girl, Season 1 Episode 17. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Schmidt: What is that? Are you driving a lawn mower? (Itu apaan sih? Loe lagi bawa mobil apa lagi bawa mesin pemotong rumput sih?)

Jess: No, I just.. It's my car. (Ngga. Ya ini mobil gue.)

Nick: Look, this is a great opportunity. You need to ask yourself, where are you even going? (Eh, tahu ngga? Justru ini kesempatan yang bagus. Loe bisa tanya ke diri loe sendiri, gue ini lagi menuju ke mana sih?)

Schmidt: Buy a new car! (Beli mobil baru gih!)

Nick: You don't need a car. (Loe ngga butuh mobil.)

Jess: Oh, my car's stalled out. Can you guys come and help me push it? (Ah, mobil gue mogok nih. Kalian bisa ke sini dan bantu gue dorong ngga?)

Schmidt: Yeah, yeah, we'll be down in a few minutes. (Iya, iya, kita ke situ sebentar lagi.)

Jadi ceritanya itu, si Jess lagi naik mobil menuju ke kantornya, dan kemudian mendadak mesinnya bunyi-bunyi dan setelah itu mesinnya mati, mogok deh mobilnya.

Di situ si Jess ngomong gini,
Oh, my car's is stalled out.
Car's ini singkatan dari [car is], jadi kalau dituliskan secara penuh dan saya terjemahkan menggunakan terjemahan yang harfiah akan menjadi seperti ini.
Oh, my car is stalled out. (Oh, mobil saya mogok.)
Nah, jadi yang digunakan di sini untuk menyatakan bahwa mobilnya mogok adalah [stalled out].


Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai apa sih Bahasa Inggrisnya mobil mogok itu, dan nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain dari film yang lain, Insya Allah, akan saya update lagi artikel ini. 

Sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments