Arti Help Each Other

Arti Thank Goodness

Hello everyone. What's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [thank goodness] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata [thank goodness] ini.

Arti Thank Goodness

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk mari kita bahas arti dari [thank goodness] ini. 


Arti Thank Goodness

Thank goodness itu mempunyai arti yang sama dengan [thank God] di mana dua frasa kata ini diucapkan saat kita benar-benar bersyukur akan sesuatu baik yang terjadi kepada kita. Kalau di Bahasa Indonesia kita biasanya mengucapkan kata-kata seperti [syukurlah], [untunglah], [alhamdulillah] dan [syukur deh].

Untuk lebih memahami di situasi seperti apa saja diucapkan frasa kata [thank goodness] ini saya akan mengumpulkan contoh-contoh adegan dari film sehingga kalian akan lebih mudah untuk mengerti dan memahami di saat seperti apa frasa kata [thank goodness] ini digunakan.


Contoh-Contoh Thank Goodness

Di bagian ini kita akan melihat contoh-contoh dari entah itu adegan film, video di youtube atau apa pun di mana frasa kata [thank goodness] ini diucapkan.

Contoh yang pertama, saya temukan di film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Anak Kecil: Dr. Bravestone. Thank goodness you're here. Jumanji needs you. (Dr. Bravestone. Syukurlah, Anda ada di sini. Jumanji membutuhkan Anda.)

Dr. Bravestone: Uh. Thanks. Good to be here. (Ee. Terima kasih. Saya senang ada di sini.)

Di adegan di atas, si anak kecil itu bersyukur karena si Dr. Bravestone ada di situ, dan diharapkan memang hanya si Dr. Bravestone yang bisa menyelamatkan Jumanji. Makanya si anak kecil itu bersyukur dengan mengucapkan frasa kata [thank goodness].

Contoh yang kedua, dari film Luca (2021). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Alberto: Boo. (Wee!)

Luca: Huh? (Ha?)

Alberto: It's fine. I'm not human. (Tenang aja. Gue bukan manusia kok.)

Luca: Oh! Thank goodness. (Oh! Syukurlah.)

Alberto: Here, hold this. (Pegang ini.) 

Si Luca itu di cerita ini merupakan seorang monster laut, yang biasanya diburu sama manusia. Makanya ketika dia lagi ngelihat sesuatu, tiba-tiba ada sosok yang terlihat seperti manusia, dia langsung kabur. Tapi ternyata sosok itu bukan manusia tapi sama-sama monster laut juga. Makanya kemudian dia ngomong [thank goodness] yang bisa diterjemahkan sebagai [syukurlah].

     Baca juga: Arti You Know What

Kalau begitu, sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari frasa kata [thank goodness] ini dan kalau nanti saya menemukan lagi contoh-contoh yang lain di mana diucapkan frasa kata [thank goodness] ini, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, and I'll see you soon. Bye now.

Comments