Arti Help Each Other

Arti How Long

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau membahas arti dari [how long] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana frasa kata [how long] ini diucapkan.

Arti How Long

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari [how long] ini.


Arti How Long

Kalau diartikan secara kata per kata [how] itu artinya [bagaimana/berapa] dan [long] itu artinya adalah [panjang]. Jadi, kalau diartikan secara kata per kata maka [how long] artinya adalah,

Berapa panjang?

Tapi kita harus melihat konteksnya dulu, karena nanti artinya bisa beda lagi. Kalau misalnya kalimatnya itu adalah [how long is this thing?] maka terjemahannya bisa kita gunakan [berapa panjang].

How long is this thing? (Berapa panjang benda ini?)

Tapi kalau kalimatnya misalnya,

How long will you be staying in this city? (Berapa lama kamu akan tinggal di kota ini?)

Maka kita ngga bisa terjemahin sebagai [berapa panjang] dan terjemahan yang tepat untuk [how long] pada kalimat di atas adalah [berapa lama].

Makanya saya akan memberikan contoh-contoh yang saya temukan di adegan film di mana diucapkan frasa kata [how long] agar kalian bisa melihat sendiri artinya yang pastinya akan berbeda-beda tergantung dari konteks dan situasinya.


Contoh-contoh How Long

Contoh yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Bethany: So, Alex, tell me. How long have you been in the game? (Jadi, Alex. Kamu udah berapa lama ada di game ini?)

Alex: Oh, it's tough to say. Time is kind of funny here. But a few months, at least. (Agak susah sih ngejelasinnya. Soalnya waktu di dalam sini itu agak aneh. Tapi kayanya sih, beberapa bulan lah kurang lebih.)

Martha: A few months? (Beberapa bulan?)

Spencer: What? (Apa?)

Di adegan ini, arti dari [how long]-nya adalah [berapa lama] karena seperti yang kalian lihat pada cuplikan adegan di atas, si Bethany bertanya berapa lama si Alex udah ada di dalam game ini.

Film Jumanji ini bercerita mengenai orang-orang yang tersedot ke dalam game yang dia mainkan dan masuk ke dalam game tersebut dan menjadi karakter yang mereka pilih. Filmnya seru dan lucu. Kalau kalian belum nonton, kalian bisa nonton film ini.

     Baca juga: Arti Bummer

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari frasa kata [how long] dan kalau nanti saya menemukan lagi contoh yang lain, Insya Allah, akan saya update lagi artikel ini.

Sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments