Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Roll Up Your Sleeves

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya akan membahas arti dari idiom Bahasa Inggris [roll up your sleeves] dan seperti biasa kita akan menonton contoh-contoh video di mana diucapkan idiom [roll up your sleeves] ini.

Arti Roll Up Your Sleeves

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.

Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.  

Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas arti dari idiom [roll up your sleeves] ini.


Arti Roll Up Your Sleeves

Roll up your sleeves merupakan sebuah idiom yang biasanya kalau kita terjemahkan secara kata per kata artinya seringkali beda dengan arti yang sebenarnya. Tapi mari kita coba artikan satu per satu dulu.

[Roll up] artinya adalah menggulung, sementara [your sleeves] artinya adalah lengan bajumu. Jadi, [roll up your sleeves] kalau diterjemahkan secara kata per kata, terjemahannya adalah [menggulung lengan bajumu].

Arti dari idiom [roll up your sleeves] yang sesungguhnya adalah bersiap untuk melakukan kerja keras.

Kalau di Bahasa Indonesia kita punya istilah, "Mari singsingkan lengan bajumu." Jadi, kita juga punya istilah nih di Bahasa Indonesia untuk bersiap melakukan kerja keras.


Contoh-contoh Roll Up Your Sleeves

Contoh yang pertama, saya ambil dari youtube channelnya Olly Richards. Mari kita tonton cuplikan videonya di bawah ini.


Yang diucapkan Olly Richards di potongan video di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Olly Richards: Why, exactly, is it so bad to learn all this theory first without playing the piano itself? After all, this stuff is important, isn't it? You do need to learn the theory. Well, there are two reasons. Firstly, a lot of stuff is best learned by doing. Not everything is best learned theoretically. Sometimes, the best way to learn something is to roll up your sleeves and work it out by yourself. When you do something, all your different senses come together to create an experience. And things that you learn from experience are infinitely more powerful than learning those same things from the pages of a book. (Kenapa mempelajari semua teori di awal itu jauh lebih buruk ketimbang langsung bermain piano saja? Padahal, hal-hal ini merupakan hal yang penting, kan? Kita kan perlu untuk mempelajari teori-teorinya. Ada dua alasan untuk hal ini. Yang pertama, banyak hal yang lebih baik dipelajari dengan cara langsung melakukannya. Tidak semua hal bagus dipelajari secara teori. Kadang, cara terbaik di dalam mempelajari sesuatu adalah dengan kita langsung bekerja keras dan mencari tahu sendiri. Karena saat kita melakukan sesuatu, semua panca indera kita itu bekerja dan menghasilkan sebuah pengalaman. Dan hal-hal yang kita pelajari melalui pengalaman itu biasanya jauh lebih kita ingat dan lebih berdampak ke kita ketimbang belajar dari buku.)

Di cuplikan video di atas, Olly Richards mengucapkan idiom [roll up your sleeves] dan yang dia bahas dalam hal ini adalah dia sedang menganalogikan belajar piano dengan menggunakan teori dan di situ dia mengatakan bahwa banyak hal yang lebih baik jika dipelajari dengan langsung terjun dan bekerja keras dan mencari tahu di situ. Jadi, [roll up your sleeves] di situ saya terjemahkan sebagai bekerja keras.

     Baca juga: Arti Bummer

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari idiom [roll up your sleeves] ini dan kalau nanti saya menemukan lagi contoh-contoh yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments